Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembelajaran Terpadu : Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, Kelemahan, Model-Model Pembelajaran Terpadu


Apologiku - Pada kalangan pendidik, tentunya sudah tidak asing dengan Pembelajaran Terpadu. Nah, alangkah lebih baiknya jika anda tidak hanya sekedar tahu namun juga dapat lebih memahami tentang apa sih pembelajaran terpadu itu serta kelebihan dan kelemahannya. Pada artikel kali ini, semua itu akan dibahas secara singkat dan jelas. Langsung disimak yah sobat pembelajar.

Pengertian Pembelajaran Terpadu
Pembelajaran terpadu merupakan suatu konsep yang dapat dikatakan sebagai pendekatan belajar mengajar yang melibatkan beberapa bidang studi untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada anak. Mengapa demikian ? Karena dalam pembelajaran terpadu, anak akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami.

Jika dibandingkan dengan pendekatan konvensional, pembelajaran terpadu tampaknya lebih menekankan keterlibatan anak dalam belajar, membuat anak lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan pembuatan keputusan.

Pembelajaran terpadu dapat pula diartikan sebagai pembelajaran yang beranjak dari suatu tema tertentu sebagai pusat perhatian yang digunakan untuk memahami gejala-gejala dan konsep lain, baik yang berasal dari bidang studi yang bersangkutan maupun dari bidang studi lainnya.

Karakteristik Pembelajaran Terpadu
Sebagai suatu proses pendekatan pembelajaran, tentunya pembelajaran terpadu ini memiliki karakteristik tersendiri, yaitu :

  1. Berpusat pada anak
  2. Memberikan pengalaman langsung pada anak
  3. Pemisahan antar bidang studi tidak begitu jelas
  4. Menyajikan konsep dari berbagai bidang studi dalam suatu proses pembelajaran
  5. Bersifat luwes
  6. Hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan anak 
Kelebihan Pembelajaran Terpadu
Kelebihan dari Pembelajaran terpadu diantaranya adalah :
  1. Pengalaman dan kegiatan belajar anak akan selalu relevan dengan tingkat perkembangan anak
  2. Kegiatan yang dipilih sesuai dengan dan bertolak dari minat dan kebutuhan anak
  3. Seluruh kegiatan belajar lebih bermakna bagi anak sehingga hasil belajar akan dapat bertahan lebih lama.
  4. Pembelajaran Terpadu menumbuh kembangkan keterampilan berpikir anak
  5. Menyajikan kegiatan yang bersifat pragmatis sesuai dengan permasalahan yang sering ditemui dalam lingkungan anak.
  6. Menumbuh kembangkan keterampilan sosial anak seperti kerja sama, toleransi, komunikasi dan respek terhadap gagasan orang lain.
Kelemahan Pembelajaran Terpadu
Selain memiliki kelebihan pembelajaran terpadu ini juga memiliki kelemahan/keterbatasan dalam pelaksanaannya. Keterbatasan tersebut terletak pada pelaksanaannya yakni dalam aspek evaluasi yang lebih banyak menuntut guru untuk melakukan evaluasi tidak hanya terhadap hasil tapi juga terhadap proses. Dengan kelemahan yang ada pada pembelajaran terpadu ini tentunya lebih banyak kelebuhannya yang mungkin bisa lebih menguntungkan jika diterapkan dalam proses pembelajaran.

Model-Model Pembelajaran Terpadu
Pembelajaran terpadu memiliki tiga model pembelajaran yaitu;
  • Model Keterhubungan, model ini adalah model pembelajaran terpadu yang secara sengaja diusahakan untuk menghubungkan suatu konsep dengan konsep lain, satu topik dengan topik lain bahkan tugas-tugas yang dikerjakan dalam satu hari dengan tugas-tugas dihari hari berikutnya
  • Model Jaring Laba-laba, model ini merupakan model pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan tematik, seperti yang dicanangkan pemerintah sekarang ini dengan nama kurikulum 2013. Pendekatan ini dimulai dengan penentuan tema tertentu kemudian dikembangkan sub temanya dengan tetap memperhatikan keterkaitannya dengan bidang-bidang studi yang ada.
  • Model Keterpaduan,  model ini merupakan pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan antar bidang studi. Model ini diusahakan dengan cara menggabungkan bidang studi dan menetapkan prioritas kurikuler dan menemukan keterampilan, konsep dan sikap yang saling tumpang tindih di dalam beberapa bidang studi. 

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran terpadu memiliki ciri khas, kelebihan dan kekurangannya sendiri yang membedakannya dengan pendekatan-pendekatan pembelajaran yang lainnya. Bahkan jika dibandingkan antara kekurangan dan kelebihannya, maka dapat dilihat bahwa pembelajaran terpadu ini memiliki lebih banyak kelebihan. sehingga cocok digunakan dalam proses pembelajaran.

1 comment for "Pembelajaran Terpadu : Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, Kelemahan, Model-Model Pembelajaran Terpadu"


  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq**
    add pin black.berry 58ab14f5 || ditunggu ya**

    ReplyDelete