Cara Cek Username dan Password Login Akun SIMPKB Guru Pembelajar

Solusi Jitu Menemukan Kembali Username dan Password Akun SIMPKB Guru Pembelajar Bagi Yang Lupa

apologiku - Uji Kompetensi Guru atau yang sering disebut sebagai UKG adalah penilaian yang dilakukan melalui kegiatan ujian untuk mengukur kompetensi yang dimiliki oleh guru, baik itu kemampuan tentang bidang studi yang di ampuh dan juga kemampuan pedagogik yang dimiliki guru.

Untuk mengikuti UKG setiap guru tentunya memiliki nomor peserta UKG yang digunakan untuk login pada link tes online UKG. Setelah mengikuti tes UKG, nomor UKG tersebut kemudian dapat digunakan juga untuk login pada account GTK di SIM PKB.

Beberapa guru mungkin ada yang lupa berapa nomro UKG dan Password miliknya. Hal tersebut dapat berdampak pada info-info yang mereka butuhkan sebagai tenaga pendidik yang hanya dapat di akses pada laman SIM PKB.

Berikut ini, apologiku.com akan membeberkan bagaimana cara Mencari Nomor UKG yang Lupa dan Yang Belum UKG Agar Terdaftar di SIM PKB. Cara ini diharapkan dapat membantu memudahkan bapak/ibu guru untuk mendapatkan kembali nomor UKG milik bapak/ibu guru. Sehingga bapak/ibu guru dapat segera bergabung dengan komunitas mata pelajaran masing-masing.

Ada 2 cara yang dapat bapak/ibu lakukan yang pertama adalah dengan menghubungi operator sekolah bapak/ibu dan menanyakan mengenai nomor UKG dan bahkan passwordnya. Selain itu, ada juga cara yang dapat bapak/ibu lakukan dengan mengikuti petunjuk berikut ini

A. Cara Cek Username Akun SIM PKB Guru Pembelajar Bagi Yang Lupa Username Akun

Perlu bapak/ibu guru ketahui bahwa Username login pada laman SIMPKB Guru Pembelajar adalah tidak lain dan tidak bukan di ambil dari Nomor UKG bapak/ibu sendiri. Namun beberapa di antara bapak/ibu mungkin ada yang lupa Nomor UKG masing-masing. Sehingga bukan tidak mungkin akan kesulitan untuk login pada laman SIM PKB Guru Pembelajar.

Nah, Berikut ini apologiku.com  akan memberikan tips cara cek username akun SIM PKB Guru Pembelajar bagi yang lupa username akun. Simak langkah-langkahnya berikut ini :

1. Silahkan login melalui laman https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id

2. Kemudian pilih menu Registrasi Akun

3. Jika telah muncul laman seperti di bawah ini, silahkan pilih menu Cek No. UKG 

4. Selanjutnya akan muncul kotak dialog pencarian data GTK seperti di bawah ini. Silahkan di isi dengan memasukkan nama lengkap bapak/ibu beserta nama provinsi dan nama kota tempat bapak/ibu mengabdi.

5. Setelah mengisi data pada laman pencarian data seperti pada poin empat di atas, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini !

6. Nah, pada gambar poin nomor 5, bapak/ibu dapat melihat nomor UKG yang tertera langsung dengan tanda merah.

Demikianlah Cara Mencari Nomor UKG yang Lupa dan Yang Belum UKG Agar Terdaftar di SIM PKB. semoga panduan mengetahui kembali nomor UKG tersebut dapat bermanfaat untuk bapak/ibu sobat pembelajar dimanapun berada.

B. Cara Mengetahui Password Login Akun SIMPKB Guru Pembelajar Bagi Yang Lupa Password

Selain Username, nyatanya password login juga kadang bisa dilupakan. Sehingga meski bapak/ibu hafal nomor UKG tapi lupa dengan passwordnya, tentunya akan menjadikan bapak/ibu kesulitan untuk login pada akun SIMPKB Guru Pembelajar.

Baiklah, tanpa berlama-lama lagi silahkan bapak/ibu dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

1. Silahkan login pada laman SIMPKB Guru Pembelajar melalui link https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id

2. Setelah itu pilih menu lupa password seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini

3. Selanjutnya bapak/ibu akan diarahkan ke laman Lupa Kata Sandi silahkan di isi sesuai petunjuk. Jangan lupa untuk memberi centang pada kotak yang bertuliskan "I'am not a robot". Kemudian klik Submit

4. Setelah klik submit maka tunggulah beberapa saat maka password baru akan dikirimkan melalui alamat email yang bapak/ibu masukkan pada laman seperti pada poin ke 3.

5. Perlu bapak/ibu ketahui bahwa alamat email yang dimasukkan kedalam laman lupa kata sandi adalah alamat email alternatif yang sebelumnya sudah pernah bapak/ibu masukkan pada akun guru pembelajar. Namun jika belum pernah, atau bahkan juga lupa alamat email bapak/ibu maka tidak ada jalan lain kecuali menghubungi atau datang langsung ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota tempat bapak/ibu bertugas untuk melakukan reset password dengan menunjukkan nomor UKG yang bapak/ibu miliki.

Demikianlah Solusi Jitu Menemukan Kembali Username dan Password Akun SIMPKB Guru Pembelajar Bagi Yang Lupa yang dapat bapak/ibu terapkan untuk dapat Cek Username dan Password Login Akun SIMPKB Guru Pembelajar milik bapak/ibu sobat pembelajar.

0 Response to "Cara Cek Username dan Password Login Akun SIMPKB Guru Pembelajar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel