google-site-verification=gfATDse62JAhcF5Mf93Vb4QKJgJO_Q1MtOQMoS7768Y Arti Logo Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 - Contoh RPP SD dan Soal SD
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Logo Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021

Arti dari Logo Hardiknas 2 Mei 2021

apilogiku.com - Logo Hardiknas tahun 2021 ini tidak berbeda dengan logo yang pernah dirilis pada tahun sebelumnya. Meski begitu, alangkah baiknya jika kita sebagai insan pendidikan mengetahui arti dan maksud logo hardiknas tersebut.

Perlu diketahui bahwa sebuah logo tidak serta merta dibuat asal jadi tanpa adanya maksud dan tujuan yang tersirat. Olehnya itu artikel kali ini akan mengupas lebih jauh mengenai arti dan maksud dari logo hardiknas tahun 2021.

Makna Logo Hardiknas Tahun 2021

Logo Hari Pendidikan Nasional
Logo Hardiknas di atas, berwarna gradasi biru, hijau dan kuning yang memancarkan semangat yang begitu nyata. Konsep pewarnaan pada logo hardiknas tersebut  merujuk pada semangat kreativitas dan inovasi geberasi muda dalam memaksimalkan potensinya. Selain itu, Logo hardiknas 2021 ini juga mencakup tiga elemen yaitu bintang, keceriaan dan pena. Adapun makna dari ketiga elemen tersebut adalah:

1. Bintang, 
Bintang menggambarkan semangat Hardiknas untuk melahirkan generasi Indonesia yang unggul, cerdas, dan berkarakter. Dengan garis luwes menggambarkan semangat adaptif dan tangguh menghadapi perubahan zaman yang kian dinamis.

2. Kecerian
Keceriaan, menggambarkan suasana pendidikan Indonesia yang menggembirakan, gotong royong, serta partisipasi publik.

3. Pena
Pena, menggambarkan proses pendidikan sebagai proses penciptaan karya yang memerlukan perpaduan holistik antara kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual.

Logo ini juga selaras dengan cita-cita Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara yang berupa semboyan yang pernah diungkapkan olehnya, yang kini masih membekas dibenak kalangan insan pendidikan nasional. Semboyan tersebut berbunyi:
  • Ing Ngarsa Sung Tulodo artinya di depan memberi contoh
  • Ing Madya Mangun Karso artinya di tengah memberi semangat
  • Tut Wuri Handayani artinya di belakang memberi dorongan
Demi mengenang jasa pahlawan pendidikan nasional tersebut maka Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei juga diperingati sebagai hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara.

Post a Comment for "Arti Logo Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021"