Sandi Dan Morse Gerakan Pramuka

Sandi dan Morse Gerakan Pramuka Yang Wajib diketahui Oleh Para Anggota Pramuka

apologiku - Dalam Gerakan Pramuka Indonesia, dikenal media komunikasi rahasia antar anggota pramuka berupa Sandi dan Morse. Sandi dan Morse pada gerakan pramuka digunakan sebagai media komunikasi antar anggota gerakan pramuka. Berdasarkan dengan kaidah rumus sandi dan morse yang ada, setiap anggota gerakan pramuka dapat merangkai sandi dan morse untuk membentuk kode atau hal apa saja yang ingin disampaikan.

Sandi Pramuka

Sandi dalam pramuka adalah salah satu media pembelajaran yang baik bagi pramuka siaga, penggalang, penegak maupun pandega karena dapat melatih ketelitian, daya ingat, kecerdasan dan konsentrasi.

Sandi Pramuka adalah kode rahasia yang disajikan dalam bentuk tulisan untuk melakukan komunikasi rahasia antar anggota gerakan pramuka. Sandi ini hanya dapat dimengerti oleh mereka yang memahami kunci dari setiap sandi yang ada.

Pemakaian sandi harus disesuaikan dengan golongan pramuka itu sendiri sehingga dapat diterima dengan mudah namun tujuan dari pembelajaran itu tetap tercapai. Ada banyak macam-macam sandi dalam kepramukaan dan kedudukannya pun tidak harus baku,sehingga nama,jenis dan cara untuk menjawabnya pun dapat berbeda menyesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah.

Berikut ini macam- macam sandi yang dikenal dalam gerakan pramuka :

1. Sandi Angka

Sandi angka adalah sandi yang dibuat berdasarkan urutan angka 1 sampai 26 sesuai dengan jumlah abjad bahasa Indonesia. Untuk memahami rumus sandi angka silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

Nah untuk cara penggunaannya sendiri dapat dilakukan sesuai kebutuhan, misalnya:
M   I   N    U    M    K    O    P    I
13  9  14   21   13    11   15  16    9

2. Sandi AN

Sandi AN ini tersusun dari abjad yang dibagi menjadi dua bagian dimana bagian pertama dimulai dari huruf A sampai M sedangkan bagian kedua dimulai dari huruf N sampai Z. Berikut ini gambar rumus untuk sandi AN.


3. Sandi Balik

Sandi balik hampir sama dengan sandi AN yang mebedakan adalah jika pada sandi AN ada bagian yang tersusun dari huruf N sampai Z, Pada sandi balik bagian tersebut terbalik dari huruf Z ke huruf N. Berikut ini gambar rumus sandi balik.

Morse 

Menurut wikipedia, kode morse adalah sistem reprentasi huruf, angka,dan tanda dengan menggunakan sinyal kode.Kode morse diciptakan oleh samuel F.B. morse dan Alfred vail pada tahun 1835. kode morse adalah contoh bentuk komunikasi digital awal.

Kode morse adalah salah satu kecakapan yang digunakan dan dipelajari di dunia kepramukaan atau kepanduan. Dalam dunia kepramukaan,kode morse disampaikan menggunakan senter atau peluit pramuka.Kode morse disampaikan dengan cara meniup peluit dengan durasi pendek untuk mewakili titik dan meniup peluit dengan durasi panjang untuk mewakili garis.

Untuk menghafalkan kode ini digunakan metode yang mengelompokkan huruf-huruf berdasarkan bagaimana huruf ini diwakili oleh kode morsenya. Pengelompokan tersebut antara lain alfabet dengan kode Morse yang berkebalikan antara titik dan garis, misalnya : huruf "K" yang diwakili oleh "-.-" dan huruf "R" yang diwakili oleh ".-."

Kemampuan menerima dan mengirimkan kode Morse merupakan salah satu dari kecakapan untuk mendapatkan Tanda Kecakapan Khusus. Kode Morse juga digunakan sebagai kunci dalam memecahkan Sandi Rumput.

Kode representasi Morse untuk alfabet adalah sebagai berikut :

Kode representasi Morse untuk tanda baca adalah sebagai berikut :

Kode representasi Morse untuk angka adalah sebagai berikut :


Kode Morse yang paling terkenal adalah SOS (...---...) yaitu kode yang biasanya digunkaan pelaut untuk memanggil bantuan jika kapal mereka terjebak dalam bahaya. Kode Morse juga digunakan oleh para radio amatir untuk berkomunikasi.

Keuntungan penggunaan Kode Morse pada komunikasi radio adalah alat yang digunakan sangat sederhana, dan pancaran gelombang radio akan lebih jauh jika menggunakan kode Morse dibandingkan dengan gelombang radio yang ditumpangi suara (audio).

Kode Morse Dalam Kepramukaan

Kode morse juga digunakan dan dipelajari di dunia kepramukaan atau kepanduan. Dalam dunia kepramukaan kode Morse disampaikan dengan menggunakan senter atau peluit pramuka. Kode Morse disampaikan dengan cara meniup peluit dengan durasi pendek untuk mewakili titik dan meniup peluit dengan durasi panjang untuk mewakili garis.

Untuk menghafalkan kode ini digunakan metode yang mengelompokkan huruf-huruf berdasarkan bagaimana huruf ini diwakili oleh kode Morsenya. Pengelompokan tersebut antara lain alfabet dengan kode Morse yang berkebalikan antara titik dan garis.

Jika logo pramuka adalah identitas anggota gerakan pramuka yang dapat terlihat, maka sandi dan morse dapat juga disebut sebagai identitas anggota gerakan pramuka yang tidak terlihat oleh mata namun dapat dilihat dari cara komunikasi para anggota pramuka.

0 Response to "Sandi Dan Morse Gerakan Pramuka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel