Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Buku Tema 2 Kelas 5 Sub Tema 1 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Buku Siswa Tematik Kelas 5 Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Sub Tema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Pembelajaran 4

Apologiku - Berikut ini sajian kunci jawaban dan pembahasan dari buku siswa tematik kelas 5 tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih. Fokus pembahasan materi pada pembelajaran 4.

Ayo Membaca

Melihat Jejak Merapi di Kaliadem

     Kaliadem terletak di lereng Gunung Merapi di Yogyakarta. Dahulu tempat ini terkenal sebagai lokasi perkemahan yang asri. Fasilitas di areal wisata Kaliadem dahulu cukup komplit. Ada pendopo, gedung pertemuan, kios-kios, warung, gardu pandang, lapangan untuk perkemahan, toilet, dan sebagainya. Akan tetapi, setelah Merapi meletus pada bulan Juni 2006, sebagian besar fasilitas itu lenyap terkubur lahar.

     Saat ini, wisata Kaliadem sudah berubah nama menjadi Lava Tour Kaliadem. Sebagian besar pemandangan Kaliadem berupa hamparan pasir dan batuan bekas lahar. Di sana, ada bunker atau rulinda (ruang lindung darurat). Bunker ini dibangun untuk tempat berlindung jika tiba-tiba Gunung Merapi menyemburkan awan panas. Di dalam bunker ini ada kamar mandi, tabung oksigen, masker, listrik, dan perlengkapan lainnya. Pintunya dua lapis terbuat dari lempengan besi setebal 3 cm.

Ayo Menulis

Dari bacaan “Melihat Jejak Merapi di Kaliadem” kamu mengetahui salah satu lagi jenis usaha, yaitu usaha pariwisata.
•• Di mana kamu tinggal?
•• Apakah di daerah tempat tinggalmu ada jenis usaha pariwisata?
•• Bagaimana pengaruh adanya usaha pariwisata bagi kehidupan masyarakat?

PETUNJUK PENGERJAAN

Untuk mengerjakan "Ayo Menulis", Siswa diharapkan untuk menuliskan asal daerah tempat tinggalnya, kemudian menyebutkan jenis usaha yang apa yang ada di daerah tempat tinggalnya. Serta pengaruh usaha pariwisata daerah dengan kondisi masyarakat disekitar!

Jenis Usaha Bidang Jasa

Jenis usaha pariwisata merupakan usaha di bidang jasa. Bidang jasa berkaitan dengan pemberian layanan kepada konsumen. Contoh usaha jasa selain pariwisata antara lain perbankan, keuangan, asuransi, kesehatan, dan hukum. Sektor jasa di Indonesia, terutama pariwisata berkembang pesat. Pesatnya jasa pariwisata didukung potensi panorama alam Indonesia yang elok. Sektor pariwisata di Indonesia juga menonjolkan aspek budaya. Contoh objek wisata alam adalah danau, pantai, bukit, pegunungan, gunung, suaka alam, serta flora fauna. Contoh objek wisata budaya adalah kesenian daerah, upacara adat, keraton, dan candi.

Berkembangnya sektor pariwisata menumbuhkan usaha-usaha penunjang jasa pariwisata.
Usaha-usaha di bidang jasa pariwisata antara lain sebagai berikut.
1. Pengelola jasa penginapan, misalnya hotel, motel, wisma, dan losmen. 
2. Usaha penjualan barang cendera mata atau suvenir.
3. Penyedia jasa pemandu wisata (tour guide).
4. Penyedia jasa pariwisata dan transportasi (tour and travel).

Salah satu jenis usaha yang banyak kita lihat adalah berjualan. Mulai dari penjual buah, makanan, barang-barang keperluan sehari-hari hingga para penjual kendaraan bermotor. Dari jenis usaha itu, para pedagang dapat memperoleh penghasilan untuk kehidupan sehari-hari.

Ayo Bercerita

  1. Pada Pembelajaran 3 kamu telah melakukan kegiatan wawancara untuk mengetahui tentang jenis usaha di lingkungan sekitarmu. Kamu juga telah membuat salah satu produk dari jenis usaha di lingkungan sekitarmu. Kini presentasikan hasil wawancara kalian. Presentasikan juga produk yang telah kalian buat beserta catatan-catatan saat melakukan kegiatan tersebut. Mintalah pendapat dari kelompok lain. Lakukan bergantian.
  2. Menjalankan usaha dengan sebaik-baiknya merupakan salah satu tanggung jawab warga masyarakat. Pada Pembelajaran 3 kamu melakukan kegiatan mengamati pelaksanaan pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa di lingkungan tempat tinggalmu. Laporkan hasil pengamatanmu, lalu bacakan di depan teman-teman dan gurumu. Mintalah tanggapan dari temantemanmu.

Ayo Renungkan

Menurutmu, mengapa ada berbagai jenis usaha?
Mengapa orang melakukan suatu usaha tertentu dan orang lain melakukan jenis usaha lain yang berbeda?

PETUNJUK PENGERJAAN

Peserta didik diharapkan dapat terbuka wawasannya untuk berpendapat mengenai berbagai jenis usaha yang ada dalam lingkungan masyarakat didaerah tempat tinggalnya. 

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bicarakan dengan orang tuamu, cita-citamu saat dewasa nanti. Jenis usaha apa yang kira-kira ingin kamu lakukan? Ceritakan kepada teman-temanmu.

PETUNJUK PENGERJAAN

Peserta didik diharapkan dapat berkegiatan dirumah bersama orang tua, dengan berfikir mengenai jenis usaha yang dapat dilakukan bersama keluarga.

Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Tema 2 Kelas 5 Sub Tema 1 Pembelajaran 4"