Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Buku Tema 2 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tematik Kelas 5 Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan, Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih, Pembelajaran 1

apologiku - Berikut ini sajian kunci jawaban dan pembahasan dari Buku Siswa Tematik Kelas 5 Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan, Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih. Fokus pembahasan  materi pada pembelajaran 1.


Dayu dan Ikan Hias

Dayu memelihara banyak ikan hias berjenis ikan mas koki. Ikan-ikan hias itu dipelihara dalam sebuah akuarium. Setiap hari Dayu memberi makan  ikan-ikannya. Dayu juga rutin membersihkan akuarium, lalu mengganti airnya dengan air bersih. Kegiatan itu ia lakukan seminggu sekali.

Dayu senang melihat ikan-ikan di dalam akuarium berenang ke sana ke mari. Dayu memperhatikan saat mulut ikan-ikan itu terbuka dan menutup. Seolaholah ikan-ikan itu selalu menelan air. Dayu bertanya-tanya, apa yang dilakukan ikan-ikan itu?

Kamu telah membaca bacaan “Dayu dan Ikan Hias”. Perhatikan peta pikiran (mind map) di bawah ini, lalu jawablah pertanyaan dalam setiap kotak.

Ayo Menulis

Menurutmu, apa yang dilakukan ikan-ikan dengan selalu membuka dan menutup mulutnya? Tuliskan pendapatmu dalam kotak berikut.

Kamu telah menuliskan pendapatmu. Bacakan pendapatmu secara bergiliran dengan teman-temanmu. Apakah pendapat kalian sama? Adakah pendapat yang berbeda? Bagaimana kalian menanggapi persamaan/perbedaan itu? Kini, bacalah bacaan di bawah ini untuk mengetahui pendapat kalian benar atau salah.

Ayo Berkarya

Bagilah seluruh siswa dalam kelas menjadi tujuh kelompok. Setiap kelompok membuat salah satu bagan cara kerja organ pernapasan pada setiap jenis hewan.

1. Kelompok 1 membuat bagan cara kerja organ pernapasan pada cacing tanah.
Cacing tanah memiliki alat pernapasan khusus berupa kulitnya sendiri. Kita ketahui bersama bahwa kulit cacing yang selalu basah dan berlendir. Hal tersebut karena dengan kondisi kulit yang seperti itu, maka akan meudahkan cacing tanah untuk menyerap oksigendari udara.

2. Kelompok 2 membuat bagan cara kerja organ pernapasan pada ikan.

Ikan bernapas melalui mulutnya yang selalu membuka dan menutup. Ketika proses tersebut, air akan dimasukkan kedalam mulut, dan kemudian disaring oleh insang untuk memperoleh oksigen. Berikut ini alur air dalam mulut ikan.

3. Kelompok 3 membuat bagan cara kerja organ pernapasan pada serangga.
Udara memasuki trakea melalui pori-pori kecil di permukaan tubuh serangga yang disebut spirakel. Selanjutnya udara beredar melalui pembuluh udara kecil. Sel-sel tubuh mengambil oksigen langsung dari pembuluh udara kecil itu. Karbon dioksida dari sel akan mengalir ke trakeola, lalu dibuang melalui lubang spirakel.

4. Kelompok 4 membuat bagan cara kerja organ pernapasan pada amfibi.
Di dalam paru-paru terdapat banyak gelembung udara yang sangat kecil, berselaput, dan penuh dengan kapiler darah. Di dalam gelembung udara, oksigen diserap dan karbon dioksida dikeluarkan. Selain dengan paru-paru, katak juga bernapas melalui kulit. Permukaan kulit katak selalu basah agar memudahkan penyerapan oksigen dari udara.

5. Kelompok 5 membuat bagan cara kerja organ pernapasan pada reptil.
Reptil bernapas melalui hidung yang kemudian udara yang dihirup diteruskan ke paru-paru. Paru-paru reptil terletak di dalam rongga dada dan dilindungi oleh tulang rusuk. Paru-paru reptil sederhana dengan beberapa lipatan dinding yang dapat memperbesar permukaan paru-paru. Namun, paru-paru kadal dan buaya lebih kompleks dengan beberapa belahan dan bertekstur seperti spons.

6. Kelompok 6 membuat bagan cara kerja organ pernapasan pada burung.
Burung bernapas dengan sepasang paru-paru. Paru-paru burung terletak di dalam rongga dada. Udara yang mengandung oksigen masuk melalui lubang hidung pada pangkal paruh sebelah atas. Selanjutnya udara masuk ke pembuluh udara yang disebut trakea. Dari trakea, udara sebagian masuk ke paru-paru dan sebagian lagi masuk ke kantong udara. Burung menghirup udara sebanyak banyaknya saat tidak terbang. Sebaliknya, saat terbang, burung tidak menghirup udara. Udara diembuskan dari kantong udara ke paru-paru.

7. Kelompok 7 membuat bagan cara kerja organ pernapasan pada mamalia.
Alat pernapasan mamalia darat terdiri atas hidung, pangkal tenggorok, batang tenggorok, dan paru-paru. Perhatikan gambar organ pernapasan kuda berikut.

Demikianlah pembahasan soal-soal latihan pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1. Semoga bermanfaat yah sobat pembelajar, tetap semangat dan rajin belajar.

Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Tema 2 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 1"