4 Klasifikasi Tujuan Olahraga

Tujuan Olahraga Untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh Manusia

apologiku.com - Olahraga adalah kegiatan yang wajib dilakukan untuk memperolehtubuh sehat dan bugar. Selain itu, olaharaga juga dimaksudkan agar dapat menambah imun tubuh suoaya tidak mudah terserang penyakit. 

Bukan hanya sebatas itu, olahraga memiliki tujuan tergantung dari apa yang ingin dicapai oleh orang yang melakukannya. Olahraga yang dikenal sebagai aktivitas keseharian yang dapat menyehatkan dan menjaga stamina tubuh merupakan suatu kebutuhan bagi semua orang yang mendambakan tubuh yang sehat dan bugar. Dengan berolahraga, maka fungsi metabolisme tubuh tetap terjaga dan berjalan dengan lancar, sehingga bukan tidak mungkin kamu akan terbebas dari berbagai macam penyakit.

Olahraga bertujuan untuk menyehatkan badan dengan meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Olahraga juga memberikan kebugaran jasmani, selama cara-cara melakukannya sudah dalam kondisi yang benar.

Sebagaimana yang tertuang dalam pengertian olahraga bahwa tujuan olahraga sendiri ada berbagai persepsi sesuai dengan apa yang di inginkan oleh pegiat olahraga itu sendiri. Setiap orang yang berolahraga tentunya memiliki tujuan ada yang berolahraga karena menginkan tubuh yang sehat, ada yang karena ingin tampil stylist dengan badan yang terbentuk dan gagah, ada juga yang berolahraga untuk menjadi seorang atlet dan masih banyak lagi.

Dengan demikian, maka olahraga dapat dikelompokkan menjadi 4 macam yaitu:

1. Olahraga Sebagai Pendidikan

olahraga tenis
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan atau yang lazim dikenal dengan sebutan PJOK, dimasukkan kedalam kelompok mata pelajaran di sekolah-sekolah dengan maksud untuk dapat mendorong siswa mengembangkan keterampilan motorik, kemampuan fisik, sikap sportifitas dan belajar menjaga dan membiasakan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

2. Olahraga Sebagai Rekreasi

olahraga sky ice
Selain berguna untuk kesehatan, olahraga juga banyak dilakukan atas dasar untuk bersenang-senang dan bergemberi. Salah satu contoh yang biasanya dilakukan oleh orang-orang yang senang bersepeda. Selain mendapatkan manfaat yang luar biasa dari bersepeda, orang yang melakukan ini juga sebenarnya sedang bersenang-senang dengan tour sepeda yang dilakukan secara berkelompok sambil menikmati suasana pemandangan alam yang indah.

3. Olahraga Untuk Berprestasi

Lari maraton
Aktivitas olahraga adalah hal yang paling menarik untuk di perlombakan. Tentunya akan banyak orang yang senang untuk mengikuti lomba pada cabang olahraga. Betapa tidak, fikir orang-orang yang ikut lomba adalah selain dapat manfaat sehatnya, ia pula dapat berpeluang memperoleh hadiah atas prestasi yang ditorehkannya.

4. Olahraga Sebagai Rehabilitasi

olahraga
Kegiatan olahraga dilakukan oleh sebagian orang untuk memperbaiki bagian-bagian tubuh yang kurang sempurna. Selain itu ada juga yang melakukan olahraga karena profesi sebagai binaragawan yang senantiasa membentuk tubuh dengan otot-otot yang kekar.

Pentingnya olahraga seperti yang sudah disebutkan diatas membuat seseorang melakukan olahraga dengan tujuan untuk mendapatkan kebugaran jasmani, kesehatan maupun kesenangan bahkan ada yang sekedar hobi, sedangkan atlit baik amatir dan profesional selalu berusaha mencapai prestasi sekurang-kurangnya untuk menjadi juara.

Dalam berolahraga, ada kalanya seseorang akan mengalami cidera jika gerakan tubuh yang dilakukannya tidak sesuai prosedur. Cedera yang mungkin dapat dialami tergantung dari macamnya olahraga yang dilakukan, misalnya olahraga sepak bola, tenis meja, balapan tentu memberikan resiko cedera yang berbeda-beda.

Olehnya itu, dalam berolahraga maka harus paham betul mengenai hal-hal yang mungkin akan menimbulkan efek yang merugikan bagi tubuh. Perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa faktor yang mempunyai peran perlu diperhatikan saat melakukan aktivitas olahraga, antara lain :

a. Usia Kesehatan Kebugaran

Penelitian menyebutkan bahwa apa yang disebut proses degenerasi mulai berlangsung pada usia 30 tahun, dan fungsi tubuh akan berkurang 1% pertahun. Hal ini berarti bahwa kekuatan dan kelentukan jaringan akan mulai berkurang akibat proses degenerasi, selain itu jaringan menjadi rentan terhadap trauma. Untuk mempertahankan kondisi agar tidak terjadi pengurangan fungsi tubuh akibat degenerasi, maka latihan sangat diperlukan guna mencegah timbulnya Atrofi, dengan demikian bahwa usia memegang peranan.

b. Jenis Kelamin

Sistem hormon antara pria dan wanita itu berbeda. Dengan demikian, tidak semua jenis olahraga cocok untuk semua golongan usia atau jenis kelamin. Hal ini apabila dipaksakan, maka akan timbul cedera yang sifatnya pun juga tertentu untuk jenis olahraga tertentu

c. Jenis Olahraga

Setiap aktivitas olahraga memiliki aturan tertentu yang berlaku pada masing-masing jenis. Sehingga dengan mematuhi aturan yang ada maka kemungkinan cidera dapat diminimalisir.

d. Pengalaman Teknik Olahraga

Untuk melaksanakan olahraga yang baik agar tujuan tercapai perlu persiapan dan latihan mengenai metode atau cara berlatih, dan juga tekniknya, agar tidak terjadi “over use”.

e. Sarana atau Fasilitas

Walaupun telah diusahakan dengan baik kemungkinan cedera masih timbul akibat sarana yang kurang memadai

f. Gizi

Gizi yang baik akan menopang hasil yang memuaskan bagi semua aktivitas olahraga yang dilakukan. Berolahraga dan mengonsumsi gizi yang baik akan memberikan kesehatan dan kebugaran tubuh.

0 Response to "4 Klasifikasi Tujuan Olahraga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel