Apa Sih Pengertian Olahraga ?

Pengertian Olahraga Secara Umum, Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli, Manfaat dan Tujuan Olahraga

apologiku.com - Olahraga adalah kunci utama kesehatan manusia, dengan berolahraga maka tubuh akan terasa lebih segar tidak kaku sehingga dalam menjalani aktivitas keseharian akan terasa lebih enteng.

Survei membuktikan bahwa sembilan dari sepuluh orang sangat suka berolahraga demi menjaga kebugaran tubuh. Aktifitas ini dapat dilakukan dimana saja, baik itu dirumah, di sekolah-sekolah apalagai di lapangan masyarakat.

Terlepas dari manfaat olahraga yang begitu besar, adakah kamu tahu apa sih pengertian olahraga itu ? kenapa bisa kegiatan itu dapat di sebut sebagai olahraga ? Simak jawabannya pada ulasan di bawah ini.

Pengertian Olahraga

Kata Olahraga sangat sering kita dengar. Bukan hanya didengar tetapi setiap orang pernah melaksanakan olahraga. Olahraga merupakan suatu aktivitas. Dan disetiap aktivitas sehari-hari merupakan aktivitas olahraga.

Setiap orang yang melakukan gerakan baik itu berjalan, berlari, berdiri, jongkok, melompat, meloncat, melempar, menggenggam dan sebagainya adalah orang yang melakukan olahraga. Jadi olahraga dapat pula di artikan sebagai suatu aktivitas gerak tubuh yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

“Olahraga” datang dari bhs Perancis Kuno 'desport' yang bermakna “kesenangan”, serta pengertian berbahasa Inggris tertua ditemukan seputar th. 1300 yakni “segala hal yang mengasyikkan serta menghibur untuk manusia”. Olahraga adalah satu diantara sumber utama dari hiburan karenanya ada pendukung olahraga yang umumnya terbagi dalam beberapa besar orang dan bisa disiarkan lebih luas lagi lewat tayangan olahraga.

Dari apa yang disebutkan diatas maka dapat diketahui bahwa Olahraga adalah kegiatan fisik yang rutin dilakukan secara terstruktur dengan melibatkan gerakan-gerakan tubuh secara berulang-ulang dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh.

Mengingat olahraga merupakan aktivitas yang memiliki tujuan tertentu, maka kegiatan ini sangat dianjurkan untuk membantu melancarkan sistem metabolisme dalam tubuh agar penyerapan dan distribusi nutrisi dalam tubuh dapat bekerja dengan efektif sesuai fungsinya masing-masing.

Kegiatan olahraga ini adalah aktivitas keseharian yang banyak digemari mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia sekalipun. Bukan hanya karena menginginkan kesehatan tubuh, namun penelitian menyebutkan bahwa dengan berolahraga maka stress seseorang dapat teratasi dan memunculkan kebahagiaan dalam diri orang yang berolahraga.

Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli

Setelah mengenal apa itu olahraga dan pengertiannya secara umum, maka ada baiknya kamu juga mengetahui apa yang dikatakan para ahli tentang olahraga itu sendiri.

1. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia

Pengertian Olahraga menurut kamus lengkap bahasa Indonesia adalah kata olahraga merupakan kata kerja yang diartikan gerak badan agar sehat.

2. Ir. Soekarno

Pengertian Olahraga adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk melaksanakan 3 tujuan revolusi Indonesia, yaitu: Negara Kesatuan RI yang kuat, Masyarakat adil dan makmur dan Tata dunia baru.

3. Suryanto Rukmono

Pengertian Olahraga ialah suatu aktifitas atau kegiatan bagi tubuh yang diperuntukkan agar badan terasa sehat dan juga kuat secara rohani maupun jasmani..

4. Dewan Olahraga Eropa

Pengertian Olahraga adalah Aktivitas spontan yang dilakukan secara bebas. Dengan mencari waktu luang untuk pergerakan tubuh demi menjaga kesehatan jasmani dan rohani tiap manusia. Yang nantinya tubuh akan terasa ringan dan fresh. Dengan bantuan suplai oksigen menuju otak tidak terhambat.

5. Hans Tandra

Hans Tandra mengatakan bahwa olahraga merupakan sebuah gerakan dari tubuh yang berirama atau mempunyai irama dan teratur guna memperbaiki serta meningkatkan kebugaran tubuh.

6. Cholik Mutoir

Pengertian Olahraga adalah sebagai proses sistematik yang terdiri atas setiap kegiatan  yang dapat membantu perkembangan yang membina potensi jasmaniah dan rohaniah. Olahraga juga memiliki idiologi yang utuh dan berkualitas untuk mengembangkan prestasi manusia berupa permainan dan pertandingan yang didasarkan pada dasar negara dan pancasila.

6. Seno Gumira Ajidarma

Pengertian Olahraga adalah sarana atau ajang kompetisi untuk menjadikan seseorang nomer satu. Selain menyehatkan tubuh, olahraga juga bertujuan sebagai pencarian bakat disetiap cabangnya.

7. Wikipedia

Pengertian Olahraga adalah suatu kegiatan yang digunakan untuk melatih tubuh seseorang Secara jasmani maupun rohani. Agar terlihat segar ketika menjalankan aktivitas kerja berhari-hari. Dan juga bisa melatih sistem kejiwaan seperti fokusnya konsentrasi seperti yang dilakukan saat bermain catur.

8. Edward

Pengertian Olahraga adalah kegiatan yang dilakukan dengan spontan melalui konsep bermain, games atau permainan dan juga sport.

9. Jessica Dolland

Pengertian Olahraga ialah suatu pereda stress atau tekanan yang sangat baik.

10. Kathryn Marsden

Penegertian Olahraga ialah tindakan pengusir stress atau tekanan terbaik yang pernah ditemukan.

Dari sejumlah pengertian para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa olahraga adalah kegiatan yang dilakukan dengan pola tertentu dengan menggerakkan tubuh sesuai irama dan tujuan tertentu agar memberikan manfaat seperti menyehatkan tubuh hingga sebagai pengusir stress.

Manfaat Olahraga

Di zaman sekarang ini sudah banyak penyakit yang berdatangan, hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran sebahagian orang untuk tetap menjaga kesehatannya. Padahal untuk menjaga kesehatan itu tidak lah mahal, kamu cukup olahraga dengan teratur dan memperhatikan pola makan, maka kamu akan bisa selalu merasa sehat dan bugar.

Olahraga yang senantiasa rutin dilakukan akan memberikan efek yang sangat baik bagi tubuh manusia, sebab dapat membantu melancarkan peredaran darah, meningkatkan kinerja otak secara maksimal bahkan juga menambah rasa percaya diri karena memiliki tubuh yang sehat dan bugar.

Tujuan Olahraga

Tujuan olahraga sendiri ada berbagai persepsi sesuai dengan apa yang di inginkan oleh pegiat olahraga itu sendiri. Setiap orang yang berolahraga tentunya memiliki tujuan ada yang berolahraga karena menginkan tubuh yang sehat, ada yang karena ingin tampil stylist dengan badan yang terbentuk dan gagah, ada juga yang berolahraga untuk menjadi seorang atlet dan masih banyak lagi.


0 Response to "Apa Sih Pengertian Olahraga ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel