google-site-verification=gfATDse62JAhcF5Mf93Vb4QKJgJO_Q1MtOQMoS7768Y Tips Menjadi Pemimpin Yang Di segani Oleh Bawahan - Contoh RPP SD dan Soal SD
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menjadi Pemimpin Yang Di segani Oleh Bawahan

Tips Menjadi Pemimpin Yang Di segani Oleh Bawahan

apologiku - Menjadi seorang leader atau pemimpin nyatanya bukanlah perkara mudah, perlu ada keseimbangan antara pemikiran dan tingkah laku. Pada dasarnya setiap orang adalah pemimpin, terutama untuk memimpin diri sendiri.
Memimpin diri sendiri tentunya berbeda dengan memimpin orang banyak dalam hal ini kita ambil contoh sebuah organisasi. Dalam memimpin organisasi yang memiliki banyak anggota yang berbeda-beda pemikiran, merupakan hal yang tidak mudah perlu ada kontrol diri oleh sang pemimpin.

Berikut ini Tips menjadi pemimpin yang di segani oleh bawahan dalam sebuah organisasi antara lain sebagai berikut.

a. Orang yang jujur

Jujur artinya tidak melakukan kebohongan. Seorang pemimpin sudah seharusnya memiliki sifat jujur. apa jadinya apabila memiliki pemimpin yang tidak jujur. Tentulah akan menimbulkan ketimpangan akan jalannya visi dan misi organisasi

b. Orang yang berpengetahuan luas.

Berpengetahuan luas sama artinya dengan orang yang memiliki kecerdasan atau orang yang pintar. Seorang pemimpin seharusnya memiliki pengetahuan yang luas agar mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam organisasi itu.

Seorang pemimpin harus memiliki pengetahuan luas agar dapat memunculkan ide-ide yang brillian untuk memajukan organisasi dengan pemikiran-pemikiran menuju terobosan yang baru dan segar.

c. Orang yang bisa memberikan penjelasan atau pengarahan.

Salah satu tugas pemimpin adalah memberikan pengarahan kepada anggotanya. Untuk itulah seorang pemimpin harus memiliki bekal untuk memberikan penjelasan kepada anggota. Informasi yang jelas akan mudah diterima oleh anggotanya.

Penjelasan atau pengarahan begitu penting untuk mengarahkan jalannya suatu organisasi. Para anggota atau bawahan tentunya juga senantiasa menantikan arahan dari seorang pemimpin mengenai tugas yang harus dikerjakan.

d. Orang yang kreatif.

Pemimpin yang kreatif sangat dibutuhkan dalam organisasi. Hal ini untuk menumbuhkan motivasi bagi anggota lainnya. Selain itu untuk menghindari kejenuhan dalam sebuah kelompok. Pemimpin yang kreatif ini juga tentu akan membawa perubahan besar bagi orang yang dipimpinnya karena akan memberikan pengetahuan dan pengalaman yang lebih baik.

e. Orang yang mempunyai inisiatif.

Inisiatif merupakan keinginan untuk melakukan sesuatu. Seorang pemimpin seharusnya mampu mengambil inisiatif. Sebagai orang yang sering mengambil keputusan, maka dibutuhkan inisiatif. Insiatif yang dimaksud tentunya berkaitan dengan bagaimana menyukseskan Visi Misi yang telah dibuat.

f. Orang yang lapang dada.

Dalam organisasi selalu menghadapi masalah. Untuk itu dalam menyelesaikan masalah, seorang pemimpin seharusnya berlapang dada. Seorang pemimpin tidak boleh mudah emosi. Lapang dada atau bersabar adalah kunci sukses seorang pemimpin. Pemimpin yang dapat mengontrol emosinya, sudah pasti disenangi oleh bawahan karena hampir tidak pernah marah-marah. Jika ada masalah, maka dibicarakan baik-baik dengan bawahan sambil mencari solusi atas permaslahan yang dihadapi.

g. Orang yang adil.

Adil artinya tidak berat sebelah atau bisa juga diartikan dapat menempatkan diri pada tempatnya. Seorang pemimpin harus bersikap adil, bersikap bijaksana dalam mengambil keputusan.

h. Orang yang bertanggung jawab.

Pemimpin adalah orang yang paling bertanggung jawab dalam sebuah organisasi. Untuk itulah seorang pemimpin harus rela berkorban dan mau bertanggung jawab terhadap segala yang dihadapi dalam organisasi. Walaupun sesungguhnya di dalam sebuah organisasi, misalnya belajar. dan lain sebagainya, semua ikut bertanggung jawab.

i. Orang yang suka bermusyawarah.

Salah satu cara untuk mengambil keputusan adalah dengan musyawarah. Dalam bermusyawarah itulah segala persoalan bisa diputuskan bersama. Untuk itu seorang pemimpin dalam mengambil keputusan seharusnya dilakukan dengan bermusyawarah.

j. Orang yang tegas.

Dalam mengambil sebuah kebijaksanaan, seorang pemimpin harus tegas. Ketegasan seorang pemimpin akan membawa kewibawaan. Seorang pemimpin tidak boleh berubah-ubah pikiran.

k. Orang yang senang berbuat baik.

Pada dasarnya berorganisasi adalah suatu kelompok untuk melakukan kebaikan. Untuk itu dalam organisasi dibutuhkan pemimpin yang senang berbuat baik.

l. Orang yang disiplin.

Kedisiplinan sangat diperlukan dalam segala kegiatan, lebih-lebih dalam berorganisasi. Untuk itulah dibutuhkan pemimpin yang disiplin, pemimpin yang mampu mengatur waktu dengan sebaik-baiknya.

Post a Comment for "Tips Menjadi Pemimpin Yang Di segani Oleh Bawahan"