google-site-verification=gfATDse62JAhcF5Mf93Vb4QKJgJO_Q1MtOQMoS7768Y Cara Mudah Mendaftar BPJS Kesehatan Dengan Online & Offline - Contoh RPP SD dan Soal SD
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mendaftar BPJS Kesehatan Dengan Online & Offline

Apologiku - Artikel kali ini mimin akan berbagi mengenai cara mudah mendaftar BPJS Kesehatan Mandiri. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kesehatan adalah hal terpenting dalam hidup ini. Di Indonesia, pemerintah memberikan kemudahan pelayanan kesehatan bagi masyarakat melalui layanan BPJS Kesehatan.

Pendaftaran anggota baru untuk BPJS Kesehatan Mandiri sudah tidak bisa dilakukan secara individu, melainkan harus dilakukan dengan cara mendaftarkan seluruh anggota keluarga sesuai yang tercantum dalam Kartu Keluarga (KK). Berikut ini mimin akan menjelaskan tata cara pendaftarannya.

Pendaftaran Melalui Aplikasi Mobile JKN (Online)
  1. Untuk mendaftar melalui aplikasi ini, terlebih dahulu anda harus mendownload aplikasinya melalui playstore nama aplikasinya mobile JKN.
  2. Buka aplikasi mobile JKN yang sudah anda download, kemudian pilih menu pendaftaran peserta baru
  3. Anda harus menyetujui syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan pihak BPJS Kesehatan.
  4. Masukkan informasi/identitas anda, seperti; NIK/E-KTP, Nomor Handphone dan alamat E-mail, Fasilitas kesehatan tingkat pertama yang dipilih, kelas perawatan yang di inginkan, alamat pengiriman kartu JKN-KIS, Serta nomor rekening dan nama bank yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.
  5. Setelah mengisi data informasi yang diperlukan, maka anda akan memperoleh Virtual Account (VA) yang akan dikirim melalui E-Mail yang digunakan saat mendaftar.
  6. Setelah memiliki Virtual Account (VA), anda harus melakukan pembayaran iuran ke Bank yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan (BRI/Mandiri/BNI/BTN) pada waktu yang ditentukan, biasanya 14 hari setelah mendaftar.
  7. Selanjutnya setelah anda melakukan pembayaran, anda akan memperoleh kartu E-ID yang akan dikirimkan melalui alamat E-Mail.
  8. Selamat anda sudah tercatat sebagai penerima layanan BPJS Kesehatan Mandiri.
Pendaftaran Melalui Kantor Cabang Sesuai Alamat Domisili (Offline)
  1. Anda harus datang ke kantor cabang sesuai alamat domisili dan mendaftarkan seluruh anggota keluarga anda dengan membawa; foto copy KK, foto copy KTP perorangan, foto copy buku tabungan salah satu anggota keluarga dan Pasfoto ukuran 3x4  masing-masing sebanyak 1 lembar.
  2. Ambil nomor antrian untuk mendapatkan pelayanan pada custumer service (CS) yang ada
  3. Sampaikan tujuan anda pada CS bahwa anda akan mendaftar sebagai pengguna baru dengan memperlihatkan berkas yang sudah anda sediakan seperti pada poin 1.
  4. Setelah itu, anda akan memperoleh Virtual Account (VA) untuk melakukan pembayaran iuran pada Bank yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan (BRI/Mandiri/BNI/BTN)
  5. Bukti pembayaran kemudian dibawa kembali ke CS untuk dicetakkan kartu ID JKN
  6. Selamat anda sudah tercatat sebagai penerima layanan BPJS Kesehatan Mandiri.

7 comments for "Cara Mudah Mendaftar BPJS Kesehatan Dengan Online & Offline"

  1. Bgus dan informatif.ohya gan klo puya aplikasibya, tp g bw kartunya g pp y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sudah punya aplikasinya, nanti berobat ke puskesmas kalo lupa bawa kartu, bisa langsung tunjukin E-ID dari aplikasi gan...

      Delete
  2. Sangat bermanfaat...jadi tak perlu datang ke kantor nya

    ReplyDelete
  3. ohh bisa juga ya via online, pasti bermanfaat bagi yg jauh dr kantor nih 😁

    ReplyDelete