Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menuju Sekolah Adiwiyata : Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup

Menuju Sekolah Adiwiyata : Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup

apologiku -  Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya tentang pengertian adiwiyata, dapat dibedakan antara sekolah adiwiyata dan program adiwiyata. Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Sedangkan Program Adiwiyata adalah program untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Beberapa sasaran program Adiwiyata yang dicanangkan oleh pemerintah adalah :
  1. Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI);
  2. Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTs);
  3. Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasah Aliyah (MA); dan
  4. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK). 
  5. Sekolah atau madrasah berstatus negeri atau swasta yang telah terakreditasi.
Dari sasaran program tersebut, ditetapkan tujuan Program Adiwiyata yaitu untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran. Selain itu juga dapat menjadi sarana penyadaran warga sekolah (guru, murid & pekerja lainnya), sehingga dapat turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan & pembangunan  berkelanjutan.

Program Adiwiyata ini dikemas dalam bentuk lomba yang di bawahi oleh Dinas Lingkungan Hidup. Olehnya itu, terdapat jenjang penilaian pada sekolah Adiwiyata yang meliputi :
  1. Adiwiyata Kab/Kota
  2. Adiwiyata Provinsi
  3. Pemberian Penghargaan Adiwiyata Provinsi dan Adiwiyata Mandiri
  4. Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri
  5. Pemberian penghargaan Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri
Nah, untuk menaiki jenjang-jenjang adiwiyata, maka berikut ini cara menuju Sekolah Adiwiyata yang dapat sobat pembelajar terapkan di sekolah masing-masing.

1. Komitmen Semua Warga Sekolah

Segala hal yang dikerjakan tidak akan pernah sukses jika tidak ada komitmen. Sama halnya dengan usaha untuk mewujudkan sekolah adiwiyata ini. Tentu untuk menyukseskannya perlu ada komitmen antar seluruh warga sekolah untuk dapat bekerja sama, bahu membahu untuk menjadikan sekolah menjadi tempat yang nyaman dan tenang dalam menuntut ilmu.

2. Ada Tim Adiwiyata Di Sekolah

Untuk dapat komitmen dalam menuju sekolah adiwiyata, maka harus dibentuk tim adiwiyata sekolah. Tim ini dibentuk dengan pemerataan pembagian tugas masing-masing. Agar dalam melakukan pembenahan sekolah adiwiyata, tidak ada lagi yang saling mengharap pada orang lain. Dalam artian semua tugas untuk menjadikan sekolah adiwiyata itu sudah ada mengerjakannya sesuai pos tugas yang diberikan.

3. Sarana dan Prasarana Tersedia Di Sekolah

Hal terpenting dalam menuju sekolah adiwiyata adalah sarana dan prasarana yang harus tersedia di sekolah. Beberapa Sarana dan Prasarana yang harus ada untuk menjadi sekolah Adiwiyata adalah:
Hutan Sekolah

Tanaman Obat Keluarga (ToGa)

Kebun Sekolah

Biopori

Green House

Drainase

Pemilihan Sampah

Kantin Sehat

Daur Ulang (Pemanfaatan Barang Bekas)

IPAL Sekolah

Majalah Dinding

Pesan-Pesan Lingkungan

Post a Comment for "Menuju Sekolah Adiwiyata : Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup"