Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Sekolah Adiwiyata : Pengertian Adiwiyata, Manfaat Adiwiyata, Jenis Penghargaan dan Kriteria Penilaian


Apologiku - Sekolah Adiwiyata tentunya tidak asing lagi ditelinga kita, namun tahu kah kita pengertian adiwiyata itu sendiri ? dan apa manfaat adiwiyata ? Perlu kita ketahui bahwa pengertian adiwiyata dapat dirumuskan sebagai berikut, "Adi" = besar, agung, baik, ideal, sempurna sedangkan "Wiyata" = tempat menimba ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam kehidupan sosial. Jadi, berdasarkan arti dari kedua kata tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa, adiwiyata adalah tempat menimba ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam kehidupan sosial yang baik dan ideal.

Sekolah Adiwiyata merupakan sekolah yang berorientasi pada pengembangan atau pelestarian lingkungan hidup. Adiwiyata atau Green School merupakan suatu program dari kementrian lingkungan hidup yang bertujuan untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup.

Kemudian apa manfaat sekolah adiwiyata ? tentunya bagi sekolah yang berlabel adiwiyata, mereka dapat memperoleh pemahaman lebih dalam mengenai pelestarian dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar sesuai standar nasional yang dicanangkan pemerintah agar dapat mengurangi produksi sampah yang berlebihan. Dengan adanya sekolah adiwiyata juga dimaksudkan agar menambah wawasan peserta didik dalam mengelola alam dan lingkungan hidup secara baik dan terarah.

Menurut Peraturan Mentri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata mengatakan bahwa sekolah adiwiyata adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan dan program adiwiyata adalah program untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Adiwiyata juga dimaksudakan agar dapat berfungsi sebagai sarana agar seluruh pelajar ikut terlibat dalam segala aktivitas persekolahan demi menuju lingkungan yang sehat serta mampu menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Adiwiyata sendiri merupakan program yang dikemas dalam bentuk lomba agar setiap sekolah yang terlibat dapat bersemangat dalam membentuk lingkungan yang sesuai standar adiwiyata itu sendiri. Sekolah sekolah yang masuk dalam sekolah Adiwiyata nantinya akan di tunjau dan dinilai kemudian diberi penghargaan. Berikut ini beberapa jenjang atau jenis penghargaan Adiwiyata yang mampu diterima oleh sekolah dengna tingkatan sebagai berikut: 
  1. Penghargaan Adiwiyata Kabupaten/Kota, penghargaan yang diberikan oleh Bupati/Walikota.
  2. Penghargaan Adiwiyata Nasional yakni penghargaan yang diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
  3. Penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi merupakan penghargaan yang diberikan oleh Gubernur.
  4. Penghargaan Adiwiyata Mandiri merupakan penghargaan khusus bagi setiap sekolah dengan penilaian berupa sekolah yang mempunyai minimal 10 sekolah binaan yang telah mendapatkan penghargaan Adiwiyata Kabupaten/Kota, penghargaan yang diberikan oleh Presiden.
Berikut ini 4 kriteria penilaian penghargaan adiwiyata antara lain:
  1. Aspek kebijakan sekolah yang memiliki wawasan lingkungan hidup (Dalam hal ini mencakup tentang visi dan misi sekolah yang memuat perihal perlindungan dan pengelolaan pelestarian lingkungan hidup)
  2. Aspek kurikulum sekolah yang berbasis lingkungan hidup. (Mencakup tentang proses pembelajaran yang didalamnya menggunakan metode dan strategi yang aktif dalam pembelajaran tentunya tetap mengacu pada pelestarian lingkungan hidup)
  3. Aspek pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan. (mencakup tentang sarana dan prasarana sekolah yang ramah lingkungan dan dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan sebaik baiknya)
  4. Aspek kegiatan lingkungan di sekolah yang berbasis partisipatif. (mencakup mengenai perencanaan pengelolaan lingkungan hidup seperti memelihara dan merawat sarana dan prasarana gedung dan lingkungan sekolah)
Contoh Sekolah Sekolah Adiwiyata
Photo By @Zulfiady Mas'ud
Photo SMPN 31 Semarang
SD Jonjo II @beritakotamakassar.fajar.co.id
SD Inpres Lambengi by @harapanrakyatonline.com
SD Inpres Pattallassang by @ismailhamzah
SMANDA Metro @diahayu70.blogspot.com
SMAN 75 Jl. Tipar Cakung Semper Barat Jakarta Utara by @Tribunnews.com
Melalui sekolah adiwiyata diharapkan penanganan limbah atau sampah dapat dijalankan se efisien mungkin agar sekolah terbebas dari sampah dan dapat meminimalisir produksi sampah dengan pengolahan sampah yang tepat sasaran seperti, membuat karya - karya yang menghasilkan nilai keindahan dan lain sebagainya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca, bagi sekolah yang berjuang menjadi sekolah Adiwiyata, tetap semangat dan berusaha supaya sekolah kita bisa menjadi garda terdepan dalam pelestarian lingkungan hidup demi menjaga stabilitas alam yang kita cintai.

Nb : gambar diambil dari beberapa sumber untuk dijadikan sebagai tambahan imajinasi menata sekolah masing masing.

5 comments for "Mengenal Sekolah Adiwiyata : Pengertian Adiwiyata, Manfaat Adiwiyata, Jenis Penghargaan dan Kriteria Penilaian"

  1. Baru tahu saya adanya sekolah adiwiyata. kayaknya saya kurang memerhatikan guru menjelasin waktu sma.

    Terimakasih atas infonya.
    NOMENSEN ROYNALDO SITOMPUL

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Oh anne nikana sikola Adiwiyata. Gammarana kabusun dende',. tabbucilla mami matangku acciniki

    ReplyDelete