Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kegiatan Pramuka Penggalang

Kegiatan Pramuka Penggalang Yang Sangat Diminati Oleh Para Anggota Pramuka

apologiku - Beberapa dari anak-anak di Indonesia senang bermain, namun jika bermain tanpa pengetahuan maka rasanya akan hambar. Lain halnya dengan pramuka, ada banyak sekali kegiatan pramuka yang dikemas dalam bentuk permainan sehingga dapat menyenangkan hati anak-anak.

Perlu diketahui bahwa salah satu daya tarik organisasi kepanduan ini adalah pada kegiatan-kegiatan yang dilakukannya. Belum lagi dengan kegiatannya yang bersentuhan langsung dengan alam luas. Hal tersebutlah yang menjadikan pramuka sebagai organisasi kepanduan yang wajib ada disetiap sekolah di Indonesia.

Dengan diwajibkannya pramuka disetiap sekolah - sekolah, maka diharapkan dengan mempelajari materi pramuka, maka karakter bangsa dapat terbentuk agar menjadi manusia yang berguba bagi bangsa negara dan agama.

Berikut ini beberapa kegiatan pramuka penggalang yang mungkin pernah sobat pembelajar ikuti dan rasakan keseruannya.

1. Jambore

Jambore adalah pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perkemahan besar. Jambore diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka, seperti Jambore Ranting, Jambore Cabang, Jambore Daerah, Jambore Nasional, Jambore Regional dan Jambore se-Dunia.

2. Lomba Tingkat (LT)

Kegiatan Lomba Tingkat (LT) ini adalah merupakan pertemuan Pramuka Penggalang. Lomba Tingkat berbentuk perlombaan yang dilaksanakan secara beregu atau perorangan atas nama regu yang mempertandingkan sejumlah keterampilan.
LT ini biasanya dilaksanakan dalam bentuk perkemahan, Lomba Tingkat yang terdiri dari: LT-I (lomba tingkat gugus depan), LT-II (lomba tingkat kwartir ranting), LT-III (lomba tingkat kwartir cabang), LT-IV (lomba tingkat kwartir daerah) dan LT-V (lomba tingkat kwartir nasional).

3. Perkemahan Bakti

Perkemahan bakti adalah kegiatan pramuka penggalang dalam rangka menunjukkan bakti kepada masyarakat. Kegiatan ini biasanya berwujud peran serta dalam kegiatan pembangunan.

4. Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru).

Kegiatan Dianpinru ini adalah kegiatan pramuka penggalang bagi Pemimpin Regu Utama (Pratama), Pemimpin Regu (Pinru) dan Wakil Pemimpin Regu (Wapinru). Dianpinru bertujuan untuk memberikan pengetahuan di bidang manajerial dan kepemimpinan. Dianpinru diselenggarakan oleh gugus depan, kwartir ranting atau kwartir cabang.

5. Perkemahan

Kegiatan perkemahan adalah kegiatan yang sudah tidak bisa dipisahkan dengan organisasi kepanduan ini. Perkemahan menjadi ajang pertemuan antar anggota pramuka yang diselenggarakan secara reguler untuk mengevaluasi hasil latihan di gugus depan dalam satu periode.

Perkemahan ini terdiri atas perkemahan pelantikan anggota baru, perkemahan kenaikan tingkat, perkemahan sabtu minggu (PerSaMi), Perkemahan Jum'at Sabtu Minggu (PerJuSaMi), Perkemahan hari libur dan lain-lain.

Kegiatan perkemahan ini dianggap sebagai kegiatan penghibur dan kegiatan yang sarat dengan ilmu pengetahuan dengan belajar dialam terbuka.

6. Forum Penggalang

Kegiatan pramuka penggalang lainnya adalah forum penggalang. Pada kegiatan ini, pramuka penggalang bertemu untuk membahas suatu persoalan, merumuskan kajian, serta memecahkan masalah secara bersama. Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya Forum Penggalang ini, maka dimaksudkan agar semangat demokrasi dan pembelajaran metode pemecahan masalah tetap ada didalam tubuh gerakan pramuka sebagai modal bagi para Pramuka Penggalang dimasa yang akan datang.

7. Penjelajahan

Penjelajahan diselenggarakan dalam bentuk kegiatan hiking, dimana setiap anggota pramuka akan bertemu dan melakukan penjelajahan/perjalanan dengan mengaplikasikan pengetahuan tentang penggunaan kompas, peta, dan cara bertahan hidup di alam terbuka.

Post a Comment for "Kegiatan Pramuka Penggalang"