Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 Sub Tema 1 Pembelajaran 2

Kunci Jawaban Buku Siswa Tematik Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Sub Tema 1 Organ Gerak Hewan Pembelajaran 2

apologiku - Berikut ini sajian kunci jawaban dan pembahasan dari buku siswa tematik kelas 5 tema 1 organ gerak hewan dan manusia subtema 1 organ gerak hewan. Fokus pembahasan  materi pada pembelajaran 2.

AYO MENGAMATI

Coba kamu amati dan pahami rangkaian gambar berikut ini :
Gambar di atas adalah rangkaian gambar cerita. Dalam gambar tersebut terkandung rangkaian sebuah cerita.

Gambar cerita merupakan gambar atau serangkaian gambar yang mengandung sebuah cerita. Contoh gambar cerita adalah gambar ilustrasi. Gambar ilusrasi merupakan gambar yang mendukung isi sebuah bacaan atau teks. Gambar ilustrasi dibedakan menjadi dua macam, yakni gambar yang berupa foto dan gambar tangan. Penggunaan gambar ilustrasi
disesuaikan dengan kebutuhan dan isi bacaan atau teks.

Adapun ragam gambar ilustrasi antara lain berupa cergam (cerita bergambar), komik, pamflet, cover, kartun, dan karikatur. Tahukah kamu perbedaan ragam gambar-gambar tersebut?

AYO BERLATIH

Untuk meningkatkan keterampilanmu dalam menggambar, buatlah gambar ilustrasi.

Gambar ilustrasi merupakan penggambaran dari sebuah teks. Tujuan ilustrasi adalah untuk memperjelas, memperindah, dan menerangkan isi atau informasi dari sebuah bacaan.

Objek gambar ilustrasi dapat berupa gambar manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan serta benda-benda yang ada di sekitar kita. Objek gambar ini harus disesuaikan dengan isi atau bacaan.

Langkah-langkah membuat gambar ilustrasi adalah sebagai berikut.
1. Gagasan
Gagasan bersumber dari bacaan. Setelah menentukan gagasan, tentukanlah adegan apa yang akan digambar, siapa saja tokohnya, bagaimana suasananya, serta media yang akan digunakan.
2. Sketsa
Sketsa adalah rancangan gambar yang dibuat sesuai dengan gagasan. Membuat sketsa harus berhati-hati, perhatikan bagaimana tata letak dan ukuran objek yang digambar.
3. Pewarnaan 
Setelah sketsa selesai dibuat, kamu dapat mewarnainya. Pewarnaan dapat dilakukan dengan dua cara, pertama memberi warna sesuai dengan aslinya, kedua memberi warna berdasarkan imajinasi sendiri.

Kamu dapat menggunakan cat air, cat minyak, pensil warna, spidol, dan lain-lain.

Adapun media gambar yang bisa kamu gunakan untuk menggambar adalah.
1. Media Alas Gambar
Media alas merupakan media atau tempat untuk menuangkan gambar. Kamu dapat menggunakan kanvas, kain, kertas, atau bahkan kaca dan komputer. Media ini juga berpengaruh pada pemilihan media pewarna yang digunakan. Selain itu juga berpengaruh pada awet dan tidaknya hasil gambar pada saat disimpan.




2. Media Pewarna
a. Pensil Warna : Jenis pensil ini banyak mengandung lilin. Pilihan warnanya pun banyak sekali.
b. Cat air : Cat air adalah pewarna yang terlebih dahulu dicampur dengan air sebelum dipergunakan. Ada dua macam cat air, yakni transparan dan tidak transparan.






AYO BERDISKUSI

Sekarang saatnya membuat gambar ilustrasi. Sebelum kamu membuat gambar, susunlah terlebih dahulu bacaan atau teks. Tema gambarnya adalah “Hewan Kesayanganku”.

AYO MENCOBA

Untuk dapat menceritakan apa yang terkandung di dalam gambar diperlukan ketelitian dalam mengamati gambar. Selain itu juga diperlukan kemampuan dalam berbahasa, baik lisan maupun tulis. Coba ceritakan rangkaian gambar ilustrasi berikut sesuai pemahamanmu.


     Edo mempunyai tiga ekor kelinci di rumah. Edo sangat sayang pada kelincikelincinya. Edo merawatnya dengan baik. Edo sering bermain bersama kelincikelincinya.
     Namun, kali ini Edo sangat sedih. Seekor kelincinya hanya terdiam ketika diajak bermain. Kelinci tersebut diam tidak bergerak di sudut kandangnya. Edo pun bergegas melihat dan memeriksanya.
     Edo terkejut, ternyata kaki kelinci itu terluka. Edo kasihan melihat kelincinya yang kesakitan dan tidak bisa bergerak.
     Kaki merupakan salah satu organ gerak pada kelinci. Dengan kaki, kelinci dapat bergerak dan berpindah tempat dengan cara melompat.

Perhatikan gambar organ gerak pada kelinci berikut ini.
Kelinci memiliki kaki dengan fungsi utama kaki pada kelinci adalah untuk bergerak. Kelinci bergerak dengan meloncat menggunakan kaki. Kaki belakang kelinci lebih kuat dan panjang dibandingkan dengan kaki depannya.

AYO MENGAMATI

Tahukah kamu bahwa kelinci termasuk binatang mamalia? Binatang mamalia tergolong hewan vertebrata, yaitu hewan yang bertulang belakang. Nah, di sekitarmu pasti banyak sekali hewan vertebrata lain selain kelinci.
Bersama temanmu, amati dan identifikasi organ gerak hewan-hewan tersebut.

Tentukan hasilnya pada tabel berikut ini.
Jawaban :
1. Ikan bergerak menggunakan sirip dan ekornya. Sirip dan ekor ikan ini berfungsi membantunya bergerak lincah di bawah air.
2. Katak bergerak dengan 4 kaki. 4 kaki katak terdiri atas 2 kaki depan yang pendek dan 2 kaki belakang yang panjang. Kaki katak berfungsi untuk melompat dan berpindah tempat.
3. Burung bergerak dengan sayap. Sayap burung berfungsi untuk terbang di udara.
4. Ular bergerak dengan otot perut. Otot perut ular berfungsi sebagai alat gerak yang dapat memudahkannya bergerak dengan lincah.
5. Kadal bergerak dengan empat kaki. Empat kaki kadal berfungsi untuk membantu kadal berpindah tempat.
6. Kambing bergerak dengan 4 kaki. 4 kaki kambing digunakan untuk berjalan dan berlari.

AYO BERKREASI

Kamu telah mengenal beberapa jenis hewan vertebrata beserta organ gerak dan fungsinya. Sekarang pilih salah satu dari hewan tersebut kemudian buatlah model kerangkanya dengan menggunakan kertas karton. Buatlah semirip mungkin dengan bentuk aslinya.

Langkah-langkah kerja.
1. Siapkan alat dan bahan.
a. Kertas karton atau kardus tebal
b. Gunting
c. Pensil
d. Penghapus
e. Penggaris

2. Gambarlah pola pada kertas.
Buatlah pola per bagian sesuai dengan bagian-bagian tubuh hewan yang kamu pilih. Misalnya bagian kaki sendiri, bagian badan sendiri, dan lainlain. Gambar pola akan sangat menentukan hasilnya. Jadi, gambarlah pola dengan bentuk dan ukuran yang tepat antarbagiannya agar pada saat mengggabungkannya nanti dapat menempel dengan baik dan menghasilkan bentuk hewan keseluruhan yang sesuai dengan aslinya.

3. Guntinglah kertas sesuai pola.
Arah guntingan harus tepat pada garis dan gambar pola yang telah dibuat.

4. Gabungkan bagian-bagian yang telah digunting menjadi sebuah model kerangka hewan.

Coba perhatikan contoh berikut.

AYO MEMBACA

Kamu telah mengetahui macam-macam organ gerak dari hewan vertebrata. Namun, ada yang harus kamu ketahui bahwa hewan yang habitatnya di air memiliki sistem gerak yang berbeda, contohnya ikan.

Untuk mengetahuinya, bacalah bacaan berikut.

Gerak Ikan dalam Air
     Ikan memiliki sistem gerak yang unik. Sistem gerak pada ikan berbeda dengan hewan vertebrata yang lain. Hal tersebut dikarenakan habitat ikan adalah di air.
     Salah satu bentuk tubuh yang paling banyak dimiliki oleh hewan air adalah bentuk rudal. Bentuk tubuh ini memungkinkan ikan meliuk ke kiri adn ke kanan. Bentuk tubuh yang seperti ini juga berfungsi untuk mengurangi hambatan pada saat bergerak di dalam air. Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi untuk mendorong gerakan ikan dalam air.
     Tahukah kamu, ikan dapat berenang karena memanfaatkan bentuk tubuhnya yang unik? Ikan memiliki gelembung renang dalam tubuhnya yang berguna untuk mengatur gerak naik dan turun. Ikan memiliki susunan otot dan tulang belakang yang fleksibel untuk mendorong gerakan ekornya di dalam air. Sebagian besar ikan menggunakan gerak tubuh ke kanan dan ke kiri bersama dengan sirip ekornya untuk menghasilkan gaya dorong ke depan. Ikan yang bergerak dengan sirip samping dan sirip tengah cocok hidup di terumbu karang. Jenis ikan ini tidak dapat berenang secepat ikan yang menggunakan tubuh dan sirip ekornya.

Berdasarkan bacaan tentang “Gerak Ikan dalam Air”, temukan ide pokok dan kalimat pengembang setiap paragrafnya.

Ide pokok paragraf 1
Ikan memiliki sistem gerak yang unik.
Kalimat pengembang
Sistem gerak pada ikan berbeda dengan hewan vertebrata yang lain. Hal tersebut dikarenakan habitat ikan adalah di air.

Ide pokok paragraf 2
Salah satu bentuk tubuh yang paling banyak dimiliki oleh hewan air adalah bentuk rudal.
Kalimat pengembang
Bentuk tubuh yang seperti ini juga berfungsi untuk mengurangi hambatan pada saat bergerak di dalam air. Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi untuk mendorong gerakan ikan dalam air.

Ide pokok paragraf 3
Ikan dapat berenang karena memanfaatkan bentuk tubuhnya yang unik.
Kalimat pengembang
Ikan memiliki gelembung renang dalam tubuhnya yang berguna untuk mengatur gerak naik dan turun

AYO RENUNGKAN

1. Buatlah sebuah karangan singkat dengan ide pokok berikut ini.
• Paragraf 1: Aku mempunyai hewan kesayangan.
• Paragraf 2: Aku bermain dengan hewan kesayanganku setiap hari.
• Paragraf 3: Aku rajin memberinya makan.
• Pargaraf 4: Aku rajin membersihkan tubuh dan kandangnya.

Paragraf 1
Aku mempunyai hewan kesayangan. Hewan kesayanganku kuberi nama rambo. Ia adalah seekor ayam jantan yang memiliki bulu yang sangat indah. Setiap pagi rambo membangunkanku dengan kokannya.

Paragraf 2
Aku bermain dengan hewan kesayanganku setiap hari. Sebelum berangkat sekolah, aku selalu menengoknya yang tinggal dikandang tepat dibelakang rumah. Begitupula setelah aku pulang sekolah, aku selalu bermain dengannya.

Paragraf 3
Aku rajin memberinya makan. Setiap pagi dan sore aku selalu menyempatkan diri memberinya makan dan minum agar ia selalu sehat dan bugar. Rambo sangat lahap ketika diberi makanan.

Paragraf 4
Aku rajin membersihkan tubuh dan kandangnya. Aku tak pernah lupa untuk menjaga kebersihannya. Dalam sebulan aku membersihkannya sampai 2 kali. Itulah sebabnya tubuh dan kandangnya terlihat bersih dan terawat. 

2. Perbedaan organ gerak pada hewan vertebrata merupakan karunia dan bentuk keadilan Tuhan.
Amatilah salah satu binatang yang ada di sekitarmu.
Catatlah gerakan-gerakan yang dilakukan hewan tersebut dan organ gerak yang digunakan. 
Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.
NB : Catatlah pada kolom di atas nama-nama binatang yang kamu temui di lingkungan sekitarmu. Misalnya, Ayam bergerak dengan berjalan kaki, Burung bergerak dengan terbang menggunakan sayap dan lain sebgainya.


0 Response to "Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 Sub Tema 1 Pembelajaran 2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel