Gambar Ilustrasi : Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis, Contoh, Alat dan Bahan, Serta Proses Membuat Gambar Ilustrasi

apologiku - Halo sobat pembelajar, kalian tentu tahu mengenai gambar ilustrasi, yah betul gambar ilustrasi adalah gambar yang sering digunakan untuk menjelaskan sesuatu hal atau suatu peristiwa dalam bentuk yang menarik. Untuk lebih jelasnya, ada baiknya sobat pembelajar menyimak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Menggambar Ilustrasi

Menggambar ilustrasi merupakan kegiatan menggambar yang bertujuan untuk memperjelas ide cerita atau narasi, dimana tujuan utamanya adalah untuk memperkuat, memperjelas, memperindah, dan mempertegas cerita tersebut.

Kata Ilustrasi berasal dari bahasa Latin “Illustrare”, yang berarti menjelaskan atau menerangkan, dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa.

Ilustrasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti gambar (foto, lukisan) untuk memperjelas isi buku, karangan, dan sebagainya; gambar, desain, atau diagram untuk penghias (halaman sampul dan sebagainya); (penjelasan) tambahan berupa contoh, bandingan, dan sebagainya untuk lebih memperjelas paparan (tulisan dan sebagainya);

Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas maksud dari cerita, berita maupun pesan.

Fungsi Gambar Ilustrasi adalah :

  1. Menarik perhatian pembaca dari segi warna yang ditampilkan
  2. Memudahkan memahami suatu keterangan atau penjelasan bahwa ada beberapa tokoh yang ditampilkan dalam cerita
  3. Sarana mengungkapkan pengalaman suatu kejadian yang diekspresikan dalam sebuah gambar
  4. Memberikan gambaran singkat isi tulisan atau cerita yang disampaikan
  5. Sebagai nilai keindahan dalam perwajahan

Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi

  1. Berisi visualisasi karya sastra
  2. Gambar lucu dan jenaka
  3. Gambar/hiasan yang digunakan pada bidang kosong
  4. Gambar yang dilebih-lebihkan berisi kritik dan sindiran
  5. Gambar lucu yang memiliki urutan cerita

Alat dan Bahan dalam Menggambar Ilustrasi

Setelah kalian mengetahui jenis-jenis gambar ilustrasi mari kita mengenal alat dan bahan yang digunakan untuk menggambar ilustrasi.

Ada 2 (dua) teknik yang digunakan dalam menggambar ilustrasi yaitu:

A. Teknik Kering

merupakan teknik atau cara dimana kita tidak membutuhkan air atau minyak untuk mengencerkan media pewarnanya. Teknik kering ini alat dan bahannya terdiri dari:

1. Pensil
Pensil adalah alat utama yang dibutuhkan dalam menggambar. Pensil ini terdiri dari banyak jenis dan ketebalan masing-masing. Ada yang berukuran 2H-H (keras), HB (medium), dan B-2B (lunak).

2. Penghapus
Penghapus adalah alat kedua yang dibutuhkan dalam menggambar. Jika terjadi kesalahan dalam menggambar, kita dapat menggunakan penghapus untuk menghilangkan sketsa atau goresan yang tidak dibutuhkan. Penghapus yang baik untuk menggambar adalah penghapus yang lunak dan lentur, agar dalam membersihkan goresan-goresan pensil dapat mengurangi resiko merusak kertas.

3. Kertas
Kertas adalah bahan utama yang harus dan wajib ada dalam menggambar. Mengapa? Karena kertas adalah media yang digunakan dalam menggambar. Pada dasarnya, dalam menggambar model gunakan kertas gambar sesuai dengan kebutuhan, jangan terlalu tipis dan usahakan yang memiliki tekstur. Beberapa jenis kertas dapat digunakan untuk menggambar model seperti kertas ukuran standar (A3, A4, kwarto). Untuk latihan, bisa juga menggunakan kertas buram.

Terhindar dari pertikaian dan perpecahan. Permusuhan akan menjauh jika kita sudah memupuk sikap toleran dan menghargai perbedaan. Konflik atau tawuran bisa terjadi Karena kita tidak saling menghargai, tapi mengedepankan egoism dan kepentingan diri sendiri/kelompoknya.

4. Pensil Warna
Penggunaan pensil warna dapat dilakukan dengan cara mengarsir atau memblok warna. Tekanan pada penggunaan pensil sangat memengaruhi ketajaman warna.

5. Crayon
Bahan Crayon terdiri dari dua macam, yaitu bahan berbasis kapur dan minyak (lilin). Crayon ini digunakan untuk mewarnai gambar agar terlihat lebih indah.

B. Teknik Basah

Media yang digunakan dalam teknik basah antara lain, cat air, cat minyak, tinta, atau media lain yang memerlukan air atau minyak sebagai pengencer. Teknik ini biasa digunakan oleh para pelukis-pelukis handal yang menginginkan hasil karya yang spektakuler.

Proses Membuat Gambar Ilustrasi

Gambar ilustrasi adalah kegiatan yang membutuhkan keterampilan menggambar bentuk. Gambar yang dibentuk harus dapat memperjelas, mempertegas, dan memperkuat cerita atau narasi yang menjadi tema gambar. Dalam proses pembuatan gambar ilustrasi harus mempertimbangkan beberapa aspek agar terbentuk suatu gambar ilustrasi yang baik dan benar.

Berikut ini adalah langkah langkah membuat gambar ilustrasi :
1. Menentukan tema gambar
2. Menentukan jenis ilustrasi yang akan dibuat
3. Menentukan komposisi, proposisi, keseimbangan dan kesatuan pada objek gambar
4. Menggambar sketsa global sesuai cerita
5. Finishing atau penyelesaian dengan arsiran gelap terang 

Contoh-Contoh Gambar Ilustrasi

Beberapa contoh gambar ilustrasi diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Cover buku ataupun majalah

Komik

Kartun

Karikatur

Vignette (gambar pengisi halaman kosong pada majalah atau surat kabar yang memiliki fungsi menghias)

0 Response to "Gambar Ilustrasi : Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis, Contoh, Alat dan Bahan, Serta Proses Membuat Gambar Ilustrasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel