Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Manfaat Lidah Buaya Untuk Penyakit, Untuk Rambut Hingga Sembelit.

Apologiku - Pernahkah kalian melihat tanaman lidah buaya ? Tahukah kamu apa manfaat tanaman lidah buaya bagi manusia ? Nah pertanyaan tersebut akan menjadi topik kita kali ini simak bersama yah sobat, semoga bisa menambah wawasan kamu agar bisa memahami manfaat lidah buaya bagi manusia yah...

Lidah Buaya (Aloe Vera) adalah Lidah buaya adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika.(wikipedia)

Lidah buaya atau aloe vera ini sejak lama sudah digunakan sebagai obat tradisional disejumlah negara. aloe vera kerap digunakan untuk mengatasi sembelit, penyakit kulit, cacingan, infeksi dan sebagai obat alami untuk kolik. Bahkan ekstrak lidah buaya ini juga digunakan untuk industri skin care atau kosmetik.

Lidah buaya ini sangat cocok loh buat kamu-kamu yang sedang mencari cari cara alami untuk merawat dan mempercantik tubuh. Namun sebelum menggunakannya, ada baiknya kamu tahu dulu apa saja manfaat lidah buaya ini untuk kehidupan manusia. Yuk mari, kita cari tahu sama-sama yah sobat,...

Kandungan Nutrisi Lidah Buaya
Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman berduri lunak dengan warna hijau dan bercak kekuningan dan bentuknya agak meruncing di bagian ujung. Daun lidah buaya tidak bertulang, justru berdaging tebal dan banyak mengandung gel atau getah. Daging dan getahnyalah yang biasa diolah sebagai obat herbal atau produk kecantikan. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa lidah buaya kaya akan senyawa dan nutrisi penting yang baik untuk tubuh.

Beberapa daftar komponen aktif yang terkandung dalam lidah buaya seperti ; Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin B12, Asam folat, Kolin, Kalsium, Magnesium, Kalium, Mangan, Natrium, Seng, Tembaga.

Lidah buaya juga mengandung delapan enzim yang semuanya membantu mengurangi peradangan di kulit dan pemecahan gula dan lemak di dalam tubuh. Bahkan, lidah buaya diketahui mengandung tujuh dari delapan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bukan hanya itu, Hasil penelitian juga menemukan bahwa lidah buaya ternyata merupakan salah satu tanaman yang memiliki sifat antiradang, antiseptik, antivirus, antibakteri, dan analgesik.

Manfaat Tanaman Lidah Buaya
Berikut ini manfaat tanaman lidah buaya yang perlu kamu ketahui ;

#1. Menyembuhkan Ruam dan Iritasi Kulit
Lidah buaya diketahui dapat berperan dalam proses penyembuhan luka. Antara lain pengobatan psoriasis, dermatitis, mucositis oral, luka bedah, dan sebagai obat rumah untuk luka bakar. Ekstrak lidah buaya mampu memberikan bantuan cepat untuk mengatasi gatal dan terbakar akibat radiasi yang parah dan regenerasi kulit.

#2. Pembersih Make-up alami
Bagi kamu yang memiliki jenis kulit sensitif dan sering menggunakan make-up, lidah buaya dapat dijadikan alternatif untuk membersihkannya loh. Hal ini karena lidah buaya terbilang ramah dan lembut di kulit.

#3. Menyembuhkan Gatal dan Ruam pada Mulut dan Kulit
Dalam penelitian menggunakan obat kumur yang didalamnya terkandung lidah buaya, dalam pemakaian selama tiga kali sehari, dapat membantu mengatasi masalah gatal dan ruam pada mulut. Selain itu jika menggunakan gel lidah buaya pada kulit juga dapat mengatasi gatal yang serupa.

#4. Melembabkan Kulit Kepala 
Lidah buaya adalah perawatan alami yang bagus untuk mengatasi masalah rambut kering ataupun kulit kepala yang gatal. Vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya dapat membuat rambut kuat dan sehat. Karena memiliki sifat antibakteri dan antijamur, lidah buaya ini juga dpat membantu mengatasi ketombe.

Sementara itu, kandungan enzim gel yang terkandung di dalamnya juga dapat membersihkan kulit kepala dari sel kulit mati dan mendorong regenerasi jaringan kulit disekitar folikel rambut. selain itu, gel ini jugalah yang berfungsi membantu menghentikan rasa gatal yang disebabkan ketombe atau kulit kepala yang kering.

#5. Mengobati Sembelit
Lidah buaya sudah menjadi obat tradisional di India untuk mengatasi penyakit sembelit. Kandungan yang dimiliki lidah buaya ini dapat meningkatkan peristaltik usus, yang merupakan kontraksi yang memecah makanan dan mencampur ke dalam chyme yang kemudian akan bergerak meninggalkan lambung menuju usus halus.

#6. Menyembuhkan Luka pada Bibir Akibat Virus HerpesBeberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan krim dengan ekstrak lidah buaya 0,5 persen selama tiga kali sehari, bisa mempercepat proses penyembuhan luka akibat virus herpes simpleks. Hal ini dikarenakan, lidah buaya memiliki sifat antivirus yang dapat membantu melawan virus herpes.

#7. Menurunkan Gula Darah
Beberapa bukti yang dilakukan pada manusia dan hewan menunjukkan, lidah buaya mampu meredakan hiperglikemia kronis dan propil lipid yang terganggu. Umumnya kondisi ini terjadi pada penderita diabetes, dan merupakan faktor risiko utama untuk komplikasi kardiovaskular.

Dalam dua uji klinis terkait, 72 wanita diabetes tanpa terapi obat diberikan satu sendok makan gel lidah buaya atau plasebo selama enam minggu. Kadar glukosa darah dan trigliserida serum menurun secara signifikan dengan pengobatan lidah buaya tersebut.

#8. Antioksidan dan Mengurangi Peradangan
Dengan kandungan vitamin dan mineral yang luar biasa maka lidah buaya dapat membantu mengurangi peradangan dan melawan kerusakan radikal bebas. Misalnya, kandungan vitamin A, berperan penting dalam menjaga visi yang sehat, fungsi neurologis dan kulit yang sehat. Sebab vitamin A ini adalah antioksidan yang mengurangi peradangan. Sedangkan kandungan vitamin C dapat melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular, masalah kesehatan pralahir, penyakit mata, dan bahkan kerutan kulit

#9. Meningkatkan Sistem Imun/Kekebalan Tubuh
Kandungan enzim dalam lidah buaya efektif memecah protein yang kita makan menjadi asam amino yang kemudian mengubah enzim menjadi bahan bakar untuk setiap sel dalam tubuh, sehingga memungkinkan sel-sel dalam tubuh berfungsi dengan baik.

#10. Sebagai Detoksifikasi dalam Tubuh
Tubuh terkadang membutuhkan waktu untuk mengeluarkan semua racun dalam tubuh atau lebih dikenal dengan proses detoksifikasi. Nah, salah satu manfaat lidah buaya untuk dikonsumsi adalah mempercepat dan melancarkan proses detoks.

#11. Mengurangi Berat Badan
Lidah buaya dapat membantu proses metabolisme dalam tubuh meningkat sehingga tidak akan ada timbunan lemak dalam tubuh serta pencernaan akan terjaga kesehatannya. Tentunya manfaat yang ini, akan membantu memecahkan masalah berat badan kamu.

#12. Lidah Buaya Sebagai Sumber Asam Amino
Minuman jus lidah buaya mengandung 7 asam amino dari 8 asam amino yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh secara mandiri. Karena itu, salahs atu manfaat lidah buaya lainnya adalah terpenuhinya kebutuhan asam amino Anda.

3 comments for "12 Manfaat Lidah Buaya Untuk Penyakit, Untuk Rambut Hingga Sembelit."

  1. Wah sangat bermanfaat sekali yah Lidah buaya ini. di deket rumah saya banyak tanaman ini tapi karna pada gatau penggunaannya jadi dianggap seperti tanaman liar/pengganggu

    ReplyDelete

  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq**
    add pin black.berry 58ab14f5 || ditunggu ya**

    ReplyDelete