Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagian Utama Hewan dan Tumbuhan

apologiku - Sobat pembelajar, tahukah kamu bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan? bagian-bagian hewan dan tumbuhan tersusun dari berbagai sel-sel pembentuk organ. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, kali ini artikel kami tentang materi ajar mengenai "Bagian Utama Hewan dan Tumbuhan". Penulis berharap materi ini bisa membantu sobat pembelajar dalam menambah referensi untuk pengajaran di instansi masing masing. Yuk kita simak bersama :

A. Bagian Utama Hewan
lihat dan perhatikanlah gambar berikut ini :



Gambar di atas adalah gambar ikan. Ikan banyak dipelihara karena bentuknya yang indah dan beraneka ragam. Ukuran tubuhnyapun bervariasi ada yang berukuran kecil, sedang bahkan ada yang sebesar perahu. Tubuh ikan teridiri atas beberapa bagian ada kepala, badan, sirip, ekor dan lainnya. samakah bentuk tubuh ikan dengan tubuh ikan ? tentu saja berbeda. Tubuh ikan memiliki bagian bagian utama dan setiap bagian memiliki kegunaan yang berbeda beda pada kepala ikan ada mata, mulut dan insang kesemuanya itu memiliki fungsinya masing masing. Selanjutnya perhatikan gambar dibawah ini :


Gambar diatas adalah gambar kucing, coba perhatikan bentuk tubuh kucing tersebut
samakah bentuk tubuh kucing dan ikan ? bandingkan apakah tubuh kucing dan ikan itu sama. Bagian mana saja yang berbeda.
Coba perhatikan lagi gambar di bawah ini :
Gambar diatas adalah gambar burung, tentunya bagian tubuh burung juga berbeda dengan bagian tubuh kucing dan ikan. setiap bagian tubuh burung pun memiliki fungsinya masing masing. 

Dari ketiga gambar diatas, dapat disimpulkan bahwa bentuk tubuh hewan itu berbeda beda tergantung jenis hewannya. Ikan diketahui hidup di air, maka tentunya struktur tubuhnya dilengkapi dengan bagian yang berfungsi agar bisa hidup di air. 
Selanjutnya kucing merupakan hewan yang hidup di darat, juga memiliki bagian tubuh yang berbeda dengan hewan yang hidup di air dan di udara.
Selanjutnya burung merupakan hewan yang hidup di udara, memiliki struktur tubuh yang memungkinkannya untuk dapat terbang kesana kemari. yang paling umum, burung memiliki sayap untuk hidupnya di udara.

B. Bagian Tubuh Tumbuhan
Perhatikan gambar berikut di bawah ini :
Struktur Akar
Pada umumnya seperti yang sering kita jumpai tumbuhan memiliki struktur tubuh yang sama yakni terdiri dari, akar, batang, daun, buah dan bunga. Bagian bagian tubuh tumbuhan ini memiliki fungsinya masing masing. Berikut ini akan dijelaskan mengenai kegunaan bagian bagian tubuh tumbuhan.

#1. Akar

Akar berfungsi untuk menyerap air dan mineral serta mengukuhkan tumbuhan.Beberapa tumbuhan tertentu, akar tidak hanya berfungsi menyerap air dan mineral, tetapi juga berfungsi sebagai penyimpanan cadangan makanan (tumbuhan umbi-umbian). Dan ada juga yang berfungsi membantu penyerapan oksigen di udara (tumbuhan bakau). Berikut ini adalah 2 jenis akar yakni akar tunggang dan akar serabut. Akar tunggang biasanya dimiliki oleh tumbuhan dengan biji berkeping dua atau jenis dikotil sedangkan akar serabut adalah jenis akar yang dimiliki oleh tumbuhan dengan biji berkeping satu atau monokotil.

 

#2. Batang
Batang merupakan bagian yang berfungsi sebagai tempat munculnya daun, bunga, dan buah. Selain itu, batang juga berfungsi sarana transportasi mineral dan air yang diserap akar, serta zat makanan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.
a. Batang berkayu, b. Batang rumput, c. Batang basah
#3. Daun
Daun berfungsi sebagai tempat berlangsungnya proses fotosintesis. Daun banyak mengandung zat warna hijau (klorofil). Daun terdiri atas tangkai daun dan helaian daun. Di samping bagian-bagian tersebut, ada beberapa jenis tumbuhan yang mempunyai pelepah pada daunnya. Bentuk daun pun beraneka ragam berdasarkan susnan tulang daunnya. Berikut contoh gambar macam macan bentuk daun,
Jenis Daun Berdasarkan Susunan Tulang Daun
#4 Bunga
Struktur Bunga
Bunga adalah tempat perkembangbiakan berlangsung. Bagian bagian didalam bunga yakni :
  1. Moahkota bunga berfungsi untuk menarik perhatian serangga agar hinggap apada bunga untuk membantu proses penyerbukan
  2. Benang sari (alat kelamin jantan) memiliki bentuk yang ringan dan mudah tertiup angin sehingga dapat hinggap pada kepala putik yang merupakan proses pembuahan
  3. Putik (alat kelamin betina) merupakan tempat terjadinya penyerbukan sehingga tangkai putiknya dapat menjadi buah.
  4. Kelopak bunga berfungsi melindungi bunga ketika dalam keadaan kuncup.
  5. Tangkai bunga gunanya sebagai penopang bunga dan sebagai penyambung antara bunga dan ranting.
#5. Buah
Aneka Buah
Buah adalah yang dihasilkan dari proses penyerbukan dan pembuahan. Struktur buah meliputi kulit, daging buah dan biji. kulit buah berfungsi melindungi daging buah, daging buah sebagai bahan makanan sedangkan biji sebagai bibit tanaman baru. biji buah terbagi dua jenis yaitu monokotil (berkeping satu) dan dikotil (berkeping dua).
Struktur Biji

Post a Comment for "Bagian Utama Hewan dan Tumbuhan"