Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

21 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan. Mulai dari Mempertebal Alis Hingga Melawan Kanker


Apologiku - 21 Manfaat Minyak Zaitun  Untuk Kesehatan yang jarang diketahui. Pernahkah kamu melihat buah zaitun ? atau pernahkah kamu mengonsumsi minyak zaitun ? Pada masa kini buah ataupun minyak zaitun menjadi kebanggaan dunia karena manfaatnya yang luar biasa. Pohon zaitun sendiri merupakan salah satu spesies tanaman tertua di dunia. Bahkan masyarakat kuno Mesir telah memanfaatkan zaitun sebagai obat-obatan. Menurut bukti yang ditemukan, pohon zaitun telah ada di Mediterania Timur antara 8.000 dan 6.000 tahun yang lalu.

Buah zaitun sangat baik baik dikonsumsi karena mengandung 115 - 145 kalori per 100 gramnya yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh kita. Dalam buah zaitun terdapat nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia seperti air, lemak karbohidrat dan beberapa protein. Berikut ini ulasan manfaat buah zaitun ataupun minyak zaitun untuk kesehatan yang wajib diketahui antara lain:

#1. Melawan Infeksi
Buah zaitun dapat mengurangi kerusakan oksidatif dalam tubuh dan membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.


#2. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Kandungan hydroxytyrosol pada buah zaitun juga dapat melindungi jantung. Antioksidan ini bertindak sebagai antikoagulan untuk menipiskan darah, yang mengurangi kemungkinan pembekuan darah dan menghalangi aliran darah.


#3. Memperbaiki Kesehatan TulangBeberapa senyawa yang ditemukan pada buah zaitun dan minyak zaitun telah terbukti membantu mencegah keropos tulang pada hewan percobaan. Berdasarkan penelitian, orang orang yang berada dikawasan tempat tumbuhnya tanaman ini, tingkat osteoporosis nya lebih rendah jika dibandingkan dengan negara negara eropa lainnya.

#4. Mencegah penyakit kanker
Para dokter yang menangani pasien penyakit kanker, saat ini selalu mengingatkan pasien pasien mereka untuk rutin mengkonsumsi minyak zaitun. Hal ini karena diketahui bahwa kandungan antioksidan dan asam oleat yang tinggi pada buah zaitun, dapat membantu mengurangi risiko kanker. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian bahwa buah zaitun dapat mengganggu siklus hidup sel kanker di payudara, usus besar dan perut. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

#5. Merawat kesehatan rambut
Dengan bertambahnya usia maka tentunya kekuatan rambut kita akan berkurang apalagi jika rambut tersebut sering diwarnai, di rebonding, catok dan lain sebagainya. Tentunya hal tersebut akan mempengaruhi kekuatan rambut kita sehingga rambut akan mudah patah, rontok, kerik atau bahkan gugur. Untuk mengatasi hal seperti ini, anda bisa menguatkan dan menyehatkan rambut anda dengan mengoleskan minyak zaitun. Mengapa demikian ? karena kandungan vitamin E nya akan memelihara kesehatan rambut. Selain itu, rambut Anda juga semakin tebal dan bersinar secara alami. Jadi bagi Anda yang mengalami kebotakan pun bisa menggunakan minyak zaitun untuk merangsang pertumbuhan rambut.

#6. Mencegah dan menghilangkan bibir hitam 
Dengan adanya kandungan vitamin E dan K minyak zaitun sangat efektif untuk menghilangkan bibir hitam secara alami. caranya mudah bibir cukup diolesi dengan minyak zaitun setiap hari.

#7. Menebalkan Alis
Nah, ini menjadi jawaban bagi para wanita yang selalu menggunakan pensil alis, sebaiknya menebalkan alis dengan cara alami yaitu dengan mengolesi minyak zaitun pada alis anda sebelum tidur pada malam hari, lalu besoknya di bersihkan ketika membersihkan muka. Perlu anda ketahui, bahwa minyak zaitun utamanya yang berlabel Extra Virgin Olive Oil mengandung nutrisi seperti vitamin E yang senantiasa memelihara kesehatan rambut. Nah vitamin E inilah yang dapat mebuat alis anda lebat dan tentu saja natural. Namun anda tenang saja alis anda tidak bakal sepanjang rambut ada kok.

#8. Mengencangkan Kulit
Kulit kencang merupakan dambaan setiap wanita masa kini. Dari pada menggunakan bedak racikan yang tidak tahu manfaat nya apa dan teruji atau tidak, sebaiknya gunakan saja yang alami karena ternyata minyak zaitun yang dikombinasikan dengan madu dalam bentuk masker wajah, juga bisa mengencangkan kulit anda. Melalui Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu, menjaga kadar air pada kulit wajah, kulit agar tidak muncul keriput pada usia dini. Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Karena itulah minyak zaitun merupakan cara mengencangkan kulit wajah yang efektif. 

#9. Mengecilkan pori pori wajah
Zat linoleic selain dapat mengencangkan wajah juga bermanfaat bagi anda yang ingin mengecilkan pori-pori wajah yang nampak jelas sehingga mengganggu kesempurnaan penampilan Anda.

#10. Menghaluskan wajah
Selain mengencangkan kulit dan mengecilkan pori pori wajah, minyak zaitun juga dapat menghaluskan wajah. Namun untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menggunakan minyak zaitun dicampur dengan buah pepaya dan dijadikan masker. Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi, melembapkan kulit Anda, dan menghaluskan wajah Anda. Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah Anda. Gabungan dari pepaya dan minyak zaitun akan semakin mempercepat agar wajah halus seketika.

#11. Memutihkan wajahKandungan polifenol dalam minyak zaitun akan membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Anda tidak perlu lagi harus memakai produk pemutih wajah yang harganya sangat mahal atau bahkan harus suntik wajah agar wajah putih, cukup dengan menggunakan minyak zaitun setiap hari, maka pelan tapi pasti, Anda akan mendapatkan wajah cerah yang Anda inginkan secara natural.

#12. Menghapus make-up
Bagi anda yang terbiasa menggunakan make up dalam keseharian anda, ada baiknya anda menggunakan minyak zaitun untuk membersihkan make up anda  karena selain efektif dalam membersihkan make up, tentunya anda juga akan merasakan manfaat seperti yang telah dikemukakakn pada poin sebelumnya.

#13. Mengatasi Kulit Kering
Untuk mengatasi masalah kulit kering, biasanya anda menggunakan body lotion. Nah ternyata nih minyak zaitun juga bisa loh berfungsi seperti body lotion yang digunakan bahkan bisa bermanfaat lebih dibandingkan body lotion yang menggunakan bahan bahan kimia. Dengan mengoleskan minyak zaitun pada kulit anda, maka akan menangkal radikal bebas bahkan mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit.

#14. Menyembuhkan Jerawat
Jika anda berjerawat, anda tidak perlu pusing pusing mencari kosmetik atau racikan atau apalah namanya yang dapat menghilangkan jerawat. Hal tersebut karena belum tentu bahwa kosmetik pilihan anda itu, efektif menghilangkan jerawat, bahkan ada yang malah jerawatnya bertambah. Perlu anda ketahui bahwa minyak zaitun mengandung vitamin yang mampu mempercepat proses penyembuhan, bersifat anti-inflamasi dan non-comedogenic. Oleh sebab itu, untuk menghilangkan jerawat tersebut anda bisa mencoba merasakan khasiat minyak zaitun dengan mengoleskannya ke wajah anda yang ditumbuhi jerawat sambil dipijit pijit perlahan dengan tekanan yang cukup kemudian bersihkan wajah dengan kain bersih dan hangat. 

#15. Mencegah Infeksi
Minyak zaitun mengandung antioksidan dalam hal ini polifenol yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, serta mencegah segala macam jenis infeksi

#16. Melancarkan aliran darah
Aliran darah yang kurang lancar dapat menimbulkan datangnya berbagai penyakit. Untuk itu, dengan mengonsumsi minyak zaitun yang memiliki kandungan lemak omega 9, 6 dan 3 maka akan memperbaiki fungsi endotel pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar.

#17. Mengontrol kolesterol
Kolesterol tentunya akan terjaga apabila aliran darah sudah lancar, sehingga aktifitas tidak akan terganggu.

#18. Mengontrol tekanan darah
Dengan mengonsumsi minyak zaitun yang barlaberl Extra Virgin Olive Oil maka anda akan mendapatkan manfaat dari lemak tak jenuh yang ada pada minyak zaitun yang dapat menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi.

#19. Mengatasi obesitas
Obesita adalah kondisi dimana tubuh kita mengalami kelebihan lemak yang terakumulasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan dampak yang tidak sehat bagi tubuh. Dengan menjalankan diet mediterania yang sesuai maka akan membuat diet anda sehat dan bermanfaat.

#20. Membantu mencegah stroke
Stroke merupakan penyakit yang ditimbulkan akibat gangguan aliran darah ke otak baik karena gumpalan darah, pendarahan ataupun aliran darah yang tidak lancar. Minyak zaitun disini merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan resiko stroke dan penyakit jantung karena dapat melancarkan aliran darah.

#21. Mengurangi resiko diabetes
Pola hidup sehat dengan mengonsumsi minyak zaitun ternyata dapat juga mengurangi resiko penyakit diabetes. Apalagi kebiasaan kita di Indonesia yang mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok, yang ternyata memiliki kandungan gula yang besar. Bukan tidak mungkin jika kita mudah terkena penyakit diabetes. Minyak zaitun disini dapat berfungsi sebagai penawar agar dapat mensterilkan kadar gula yang terdapat pada nasi. Sehingga dapat mengurangi resiko terkena diabetes.


Nah itu dia teman teman, Manfaat minyak zaitun Untuk Kesehatan yang jarang kita ketahui. Semoga bermanfaat dan semoga kita senantiasa sehat wal afiat. Ane juga jual gan minyak zaitunnya, punya ane ini minyak zaitun hpai di order aja lewat koment di bawah yah...


5 comments for "21 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan. Mulai dari Mempertebal Alis Hingga Melawan Kanker"

  1. Mantap gan, sangat bermanfaat nih artikelnya...

    www.pintuwawasan.com

    ReplyDelete
  2. Nambah wawasan nih. Makasih gan
    www.ahmadsubqi.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Anugrah luar biasa dari Allah SWT berupa pohon dan buah zaitun.
    Terima kasih telah menginformasikan manfaatnya.
    sodikin.com
    lintas12.com

    ReplyDelete