Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisi-kisi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 Guru Bahasa Indonesia

Kisi-kisi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 Jurusan Guru Bahasa Indonesia

Kisi kisi pretest PPG

apologiku.com - berikut ini apologiku.com rilis kisi-kisi soal akademik untuk persiapan pre test PPG Dalam Jabatan guru Bahasa Indonesia:

1. Menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsanya dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

2. Mempertahankan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik

3. Menjunjung tinggi keunggulan bangsa Indonesia dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

4. Mengembangkan sikap rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

5. Menciptakan persamaan derajad, persamaan hak dan kewajiban asasi setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturrunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, dan warna kulit dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

6. Mengkarakteristikkan keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, nilai-nilai kebenaran dan keadilan mengutamakan persatuan dan kesatuan kepentingan bersama dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

7. Mempertahankan kekayaan alam Indonesia dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

8. Mengapresiasi kekayaan budaya bangsa lain sehingga memperkuat jati diri bangsa Indonesia dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

9. Menunjukkan keberanian dalam membela kebenaran dan keadilan pada proses mendidik,mengajar, membimbing, mengarahkan,melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik.

10. Mengembangkan pribadi yang taat serta menghormati hukum dan aturan pada proses mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik.

11. Mengatakan benar atau salah sesuai dengan yang sebenarnya dalam mendidik,mengajar, membimbing, mengarahkan,melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik.

12. Menampilkan perilaku yang bijaksana meskipun dalam situasi yang sulit pada proses mendidik,mengajar, membimbing, mengarahkan,melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik.

13. Memberikan penghargaan atau hukuman kepada peserta didik sesuai tata tertib sekolah dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

14. Menampilkan sikap senang dan nyaman dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

15. Menunjukkan sikap kesiap-siagaan dalam proses mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

16. Menampilkan tanggapan sebagaimana yang dihayati peserta didik dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

17. Merancang berbagai usaha untuk menuntaskan pekerjaan dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik

18. Menunjukkan kepedulian yang tinggi terhadap kebutuhan peserta didik dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

19. Mendeteksi situasi yang membutuhkan bantuan dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

20. Mendemonstrasikan sikap tanggung jawab pribadi terhadap situasi yang membutuhkan bantuan dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

21. Disajikan beberapa rumusan indikator pembelajaran tentang analisis morfologi, teruji dapat mengklasifikasikannya berdasarkan ranah kognitif.

22. Disajikan beberapa rumusan indikator pembelajaran tentang analisis sintaksis teruji dapat mengklasifikasikannya berdasarkan ranah kognitif.

23. Disajikan rumusan indikator pembelajaran bahasa Indonesia, teruji diminta menganalisis ketepatan penggunaan kata kerja dalam berbagai konteks.

24. Disajikan rumusan KD tentang kesastraan, teruji dapat merumuskan indikator pembelajaran

25. Disajikan rumusan KD teks nonfiksi, teruji diminta merumuskan indikator pembelajaran

26. Disajikan rumusan KD tentang prosa (lama/baru), teruji diminta merumuskan indikator pembelajaran

27. Disajikan rumusan KD tentang puisi, teruji dapat merumuskan indikator pembelajaran 5

28. Disajikan rumusan KD tentang pembelajaran drama, teruji dapat menetapkan rumusan indikator pembelajaran drama yang paling tepat

29. Disajikan model pembelajaran keterampilan berbahasa produktif, teruji dapat menentukan prinsip-prinsip pembelajaran yang digunakannya.

30. Disajikan sebuah gagasan pokok, teruji dapat menentukan hasil pengembangan gagasan pokok menjadi teks deskripsi

31. Disajikan kutipan dari sebuah tajuk koran, teruji diminta menganalisis tiga proses afiksasi yang ada dalam teks.

32. Disajikan kutipan sebuah teks dari surat kabar, teruji diminta menganalisis kalimat majemuk bertingkat yang ada dalam teks.

33. Disajikan kutipan teks dari surat kabar, teruji diminta menganalisis kata yang sama yang mengandung homonim dan polisemi.

34. Disajikan sebuah sebuah dialog yang sama dengan konteks yang berbeda, teruji diminta menganalisis dialog untuk menemukan konteks pembicaraannya.

35. Disajikan sebuah kutipan wacana singkat, teruji diminta menganalis unsur kohesi leksikal dalam kutipan wacana tersebut.

36. Disajikan beberapa sumber belajar berbasis cetak, teruji dapat menentukan sumber belajar yang tepat untuk pembelajaran morfologi.

37. Disajikan beberapa sumber belajar berbasis cetak, teruji dapat menentukan sumber belajar yang tepat untuk pembelajaran pragmatik

38. Disajikan beberapa sumber belajar berbasis cetak, teruji dapat menentukan sumber belajar yang tepat untuk pembelajaran wacana

39. Disajikan teks digital, teruji diminta menganalisis kalimat majemuk bertingkat dengan anak kalimat pengganti objek.

40. Disajikan kutipan teks digital, teruji diminta menganalisis fenomena deiksis dalam kutipan tersebut.

41. Disajikan kutipan teks digital, teruji diminta menganalisis kohesi gramatikal dalam kutipan tersebut.

42. Disajikan sebuah kutipan dari surat kabar cetak, teruji diminta mengkritik penggunaan kalimat hemat dalam kutipan tersebut.

43. Disajikan beberapa sumber belajar berbasis cetak, teruji dapat menentukan sumber belajar yang tepat untuk pembelajaran semantik

44. Disajikan beberapa sumber belajar berbasis cetak, teruji dapat menentukan sumber belajar yang tepat untuk pembelajaran wacana

45. Disajikan sumber belajar berbasis cetak, teruji dapat mengonstruksi bahan pembelajaran prosa secara tepat

46. Disajikan sumber belajar berbasis cetak, teruji dapat mengonstruksi bahan pembelajaran puisi secara tepat

47. Disajikan sumber belajar berbasis cetak berupa kutipan teks drama, teruji diminta menelaah unsur pembangun drama secara tepat

48. Disajikan sumber belajar berbasis cetak berupa prosa lama (hikayat/dongeng/legenda), teruji diminta menelaah struktur teks secara tepat

49. Disajikan sumber belajar berbasis cetak berupa kutipan teks puisi baru, teruji diminta menelaah unsur fisik teks puisi secara tepat

50. Disajikan sumber belajar berbasis digital berupa kutipan teks prosa baru, teruji diminta menelaah pesan atau pandangan pengarang secara tepat

51. Disajikan sumber belajar berbasis digital berupa kutipan teks puisi baru, teruji diminta menelaah unsur batin puisi secara tepat

52. Disajikan sumber belajar berbasis digital berupa kutipan teks drama, teruji diminta menelaah struktur drama secara tepat

53. Disajikan sumber belajar berbasis digital berupa kutipan teks prosa lama (hikayat/fabel/legenda/dongeng), teruji diminta menelaah informasi yang sesuai dengan kutipan teks

54. Disajikan sumber belajar berbasis digital berupa puisi rakyat, teruji diminta menelaah struktur retorik secara tepat

55. Disajikan sumber belajar cetak berupa kalimat-kalimat acak, teruji diminta mengurutkan agar menjadi susunan paragraf yang baik

56. Disajikan sumber belajar cetak berupa kutipan prosa baru, teruji diminta menelaah unsur kebahasaan teks secara tepat

57. Disajikan beberapa sumber belajar cetak berupa kutipan teks prosa baru, teruji diminta menelaah struktur teks secara tepat

58. Disajikan paparan tentang pembelajaran sastra dengan sumber belajar digital, teruji diminta menelaah ketepatan/ketidaktepatan penggunaan sumber belajar tersebut

59. Ditampilkan sebuah kutipan teks narasi, teruji diminta menganalisis tema dari kutipan teks tersebut.

60. Disajikan beberapa jenis bahan simakan, teruji dapat menentukan keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari

61. Disajikan kutipan teks drama, teruji dapat menentukan karakter positif yang sesuai dalam kehidupan sehari-hatri.

62. Disajikan sebuah konteks kekinian, teruji dapat menentukan hasil pengembangan puisi lama yang sesuai konteks

63. Disajikan cuplikan proses fiksi, teruji dapat menentukan niai-nilai posisif yang sesuai dengan karakter Indonesia

64. Disajikan sebuah peristiwa aktual dari dunia digital, teruji diminta memproduksi pantun yang
sesuai dengan konteks tersebut.

65. Disajikan kutipan teks puisi angkatan 66, teruji diminta menentukan pernyataan tematis atau tema yang tepat.

66. Disajikan sebuah kutipan naskah drama pendek yang akan ditampilkan oleh siswa, teruji diminta memberikan kritik untuk persiapan penampilan yang lebih baik.

67. Disajikan kutipan teks prosa angkatan 66, teruji diminta menentukan pernyataan tematis atau tema yang tepat.

68. Disajikan sebuah peristiwa aktual dari dunia digital, teruji diminta memproduksi syair yang sesuai dengan konteks tersebut.

69. Disajikan cuplikan teks prosa berbasis digital, teruji dapat merumuskan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

70. Disajikan satu bait puisi, teruji dapat menentukan citraannya.

71. Disajikan kutipan teks drama, teruji dapat merumuskan sikap hidup tokoh drama

72. Disajikan kutipan teks legenda teruji dapat mengasosiasikan karakteristik tokohnya dalam kehidupan modern.

73. Disajikan sebuah teks eksplanasi yang mengandung diagram/tabel/gambar, teruji diminta menganalisis informasi yang tersirat.

74. Disajikan teks multimodal berbentuk gambar dari media massa cetak, teruji diminta menganalisis pesan yang akan disampaikan.

75. Disajikan teks eksposisi yang mengandung diagram/tabel/gambar, teruji diminta merumuskan
pernyataan tesisnya.

76. Disajikan sebuah teks multimodal berupa gambar/tabel/gambar, teruji diminta mengembangkannya menjadi puisi modern.

77. Disajikan sebuah diagram/tabel/gambar, teruji diminta menentukan hasil pengembangan teks eksposisi yang sesuai diagram/tabel/gambar.

78. Disajikan sebuah teks puisi kontemporer, teruji dapat menyimpulkan pesan yang terirat di dalmnya

79. Disajikan beberapa media komunikasi multimoda, teruji dapat membandingkan keunggulan media tersebut untuk pembelajaran kemahiran berbahasa

80. Disajikan beberapa media komunikasi modern, teruji diminta membandingkan keunggulan media tersebut untuk pembelajaran kesastraan.

81. Disajikan kutipan teks yang mengandung permasalahan kebahasaan, teruji dapat menentukan pemecahan permasalahan secara tepat

82. Disajikan sebuah gagasan, teruji dapat menentukan pengembangan paragraf yang berisi penalaran induktif

83. Disajikan sebuah teks, teruji dapat menganalisis literasi fungsional

84. Disajikan sebuah teks, teruji diminta menelaah ketepatan penggunaan teks tersebut dalam pembelajaran literasi etik

85. Disajikan sebuah konteks, teruji dapat menunjukkan kemahiran berbahasa produktif multimoda

86. Disajikan teks multimodal, teruji diminta mengevaluasi ketepatan penggunaan teks tersebut dalam pembelajaran puisi

87. Disajikan kutipan dialog dari karya sastra sebagai bahan ajar, teruji diminta merancang langkah-langkah untuk pembelajaran berdialog yang mengaktifkan siswa.

88. Disajikan KD tentang memproduksi karya sastra, teruji dapat merancang pembelajaran yang dapat membangkitkan kreativitas peserta didik

89. Disajikan sebuah fakta pembelajaran bahasa Indonesia dengan strategi pembelajaran tertentu, teruji mampu menganalisis kesesuaian strategi belajar dengan tujuan pembelajaran bahasa Indonesia.

90. Disajikan KD/tujuan pembelajaran bahasa Indonesia, teruji dapat menciptakan sintak pembelajaran yang mengaktifkan dan mengkreatifkan siswa

91. Disajikan KI dan KD dari kurikulum, teruji dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran bahasa Indonesia

92. Disajikan rumusan tujuan pembelajaran, teruji diminta mengaplikasikannya dalam pembelajaran
bahasa Indonesia dengan menggunakan media yang menarik yang dapat mengaktifkan dan mengkreatifkan peserta didik.

93. Disajikan sebuah paparan/gambaran tentang fakta pembelajaran sastra Indonesia, teruji diminta menciptakan alat evaluasi yang sesuai dengan pembelajaran tersebut.

94. Disajikan sebuah kasus proses berpikir, teruji diminta merumuskan argumentasi yang logis untuk memperkuat pendapat yang dikemukakan. 

95. Disajikan sebuah KD bahasa Indonesia, teruji diminta menciptakan bahan ajar digital yang dapat mengintegrasikan karakter baik dan literasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia

96. Disajikan sebuah fakta pembelajaran bahasa Indonesia dengan media pembelajaran cetak, teruji diminta mengkritik pelaksanaan penggunaan media dalam pembelajaran.

97. Disajikan sebuah fakta pembelajaran bahasa Indonesia dengan media digital, teruji diminta mengkritik pelaksanaan penggunaan media dalam pembelajaran.

98. Disajikan sebuah fakta pembelajaran menulis teks eksplanasi, teruji diminta menganalisis alat penilaian yang sudah dilakukan guru.

99. Disajikan sebuah fakta kegiatan berbicara dalam pembelajaran bahasa, teruji dapat memberi alasan/argumen ketepatan dalam mengaplikasikan Lembar Kerja

100. Disajikan sebuah fakta pembelajaran bahasa Indonesia, teruji diminta melakukan analisis kurikulum dengan menentukan alat evaluasi yang cocok dalam pembelajaran.bahasa Indonesia.

101. Disajikan permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran, teruji dapat merumuskan judul
usulan PTK yang sesuai

102. Disajikan permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran, teruji dapat merumuskan latar belakang sebagai dasar penentuan judul PTK

103. Disajikan permalasahan dalam sebuah penelitian, teruji dapat merumuskan tujuan dalam PTK untuk topik pembelajaran menulis karya ilmiah

104. Disajikan data hasil pembelajaran, teruji dapat menganalisis data hasil pembelajaran dari KD tertentu dan menindaklanjuti hasil evaluasi hasil belajar ke dalam kegiatan PTK

105. Disajikan hasil penelitian, teruji dapat menganalisis hasil penelitian kelas dan merumuskan saran kepada pihak yang terkait

106. Disajikan fakta pembelajaran puisi baru, teruji mampu menghasilkan rubrik penilaian hasil kerja dalam pembelajaran menulis puisi baru

107. Disajikan fakta pembelajaran drama, teruji mampu menghasilkan rubrik penilaian kinerja dalam pembelajaran drama

108. Disajikan fakta pembelajaran karya ilmiah (artikel), teruji mampu menghasilkan rubrik penilaian hasil kerja dalam pembelajaran karya ilmiah (artikel)

109. Disajikan fakta pembelajaran membaca pantun berbalasan, teruji diminta menghasilkan rubrik kinerja dalam pembelajaran membaca pantun berbalasan.

110. Disajikan fakta pembelajaran bahasa Indonesia, teruji mampu menganalisis data hasil pembelajaran dari KD tertentu dan menindaklanjuti hasil evaluasi hasil belajar ke dalam kegiatan PTK

111. Disajikan situasi lingkungan (sekolah sudah banyak buku-buku sastra), teruji mampu menghasilkan ide orisinal sebgai bagian dari pengembangan diri

112. Disajikan perjalanan kariernya (bisa dalam bentuk cerita fiksi), teruji mampu merefleksikan
diri sebagia bagian dari pengembangan diri 

113. Disajikan beberapa situs pengembangan diri, teruji mampu menentukan situs yang paling tepat

114. Disajikan beberapa alamat pengembangan diri, teruji mampu menentukan alamat yang paling tepat

115. Disajikan sebuah kutipan dialog, teruji diminta melanjutkan dialog untuk pengembangan diri.

116. Disajikan sebuah sebuah teks pengumuman pelaksanaan seminar, teruji mampu menentukan tindak lanjut pengembangan diri 

117. Disajikan sebuah laporan hasil penelitian, teruji mampu menentukan tindak lanjut pengenbangan diri 

118. Disajikan sebuah fakta dari lapangan, teruji mampu menentukan tindak lanjut pengembangan
diri

119. Disajikan sebuah situasi pembelajaran (siswa mengalami verbalisme [hanya mengetahui tetapi tidak memahami] dalam pembelajaran sastra yang dilakukan kolega dalam MGMP), teruji mampu menentukan langkah-langkah perbaikan lewat forum MGMP dalam bentuk pen

120. Disajikan situasi lingkungan (sekolah sudah fasilitas internet), teruji mampu menghasilkan
program aplikasi untuk dapat membantu kesulitan siswa

Demikianlah Kisi-Kisi Seleksi Akademik Pendidikan Profesi Guru 2022, Direktorat PPG, Ditjen GTK

Post a Comment for "Kisi-kisi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 Guru Bahasa Indonesia"