Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendapatkan dan Aktivasi Akun belajar.id dari Kemdikbud

Cara Membuat dan Aktivasi Akun belajar.id dari Kemdikbud


Apologiku.com - Akun belajar.id atau yang juga disebut akun pembelajaran merupakan akun elektronik yang memuat nama akun sebagai user ID untuk login dan akses masuk akun berupa password yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Akun ini dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik. 

Artinya, semua insan dunia pendidikan seperti siswa, guru dan tenaga pendidikan di sekolah otomatis memiliki akun belajar.id selama mereka terdaftar di dapodik.

Nah, sekarang bagaimana cara membuat atau mendapatkan akun belajar.id tersebut ? jika anda bertanya kepada teman atau siapa pun itu, pastinya anda akan mendapat jawaban seperti ini, "Tanyakan ke operator sekolah anda".

Tentu akan ribet juga sih untuk bertanya lagi mengenai hal tersebut, apalagi jika di sekolah anda itu hanya anda sendiri yang belum memiliki akun belajar.id. Pastinya untuk bertanya ke Operator adalah hal yang berat, apatah lagi jika anda dan operator anda punya masalah pribadi. hehehe canda yah....

Oke baik, sobat apologiku pada kesempatan kali ini bang apologiku akan membeberkan cara mendapatkan akun belajar.id yuk simak langkah - langkahnya berikut ini:

1. Silahkan buka laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/
2. Klik masuk pada bagian SIMPKB - Admin / Personal
Aktivasi akun belajar

3. Selanjutnya silahkan pilih dan klik pada bagian dapatkan akun belajar.id
aktivasi akun belajar

4. Selanjutnya anda akan diminta untuk memasukkan data yang sesuai dengan data anda di dapodik seperti pada gambar di bawah ini. Silahkan anda isi semuanya sesuai kebutuhan, untuk bagian tipe pengguna, pilih apakah anda seorang peserta didik atau pendidik dan tenaga kependidikan. Setelah semua kolom terisi, silahkan anda lanjut klik periksa akun pembelajaran.
aktivasi akun belajar id

5. Selanjutnya akan tampillah laman status akun pembelajaran seperti di bawah ini.
status data akun belajar id
Nah, pada gambar di atas, sudah dapat anda lihat USER ID akun pembelajaran anda dan statusnya, beserta data-data pokok yang tadi anda masukkan untuk mengecek status akun pembelajaran anda. Seperti yang anda lihat, status akun belajar.id dicentang dan belum di aktifkan. Untuk mengaktifkannya, maka anda harus memiliki password login nya terlebih dahulu. Adapun caranya adalah dengan klik bagian yang sudah diberi tanda pada gambar yaitu kirim detail aku ke e-mail pribadi saya. Setelah itu, seketika akan ada email masuk yang berisi USER ID dan PASWORD akun belajar.id

6. Nah sobat apologiku, setelah anda menerima email dari akun belajar.id, kurang lebih emailnya seperti di bawah yah
Akun belajar Id
Pada gambaran email di atas, anda sudah dapat melihat email / user id akun belajar anda lengkap dengan passwordnya. Selanjutnya, silahkan anda langsung saja klik mulai aktifkan akun pembelajaran saya.

7. Selanjutnya, anda akan diarahkan untuk masuk/ login ke akun gmail. namun untuk login, silahkan gunakan User id dan password dari email anda yang dikirmkan oleh belajar.id

8. Nah, biasanya bagi anda yang sudah beberapa kali menggunakan perangkat login ke akun google, maka akan muncul laman seperti di bawah ini. Silahkan anda pilih dan klik "gunakan akun lain" untuk memasukkan email akun belajar.id dan passwordnya yang dikirimkan di email pribadi anda, kemudian klik login.
belajar id

9. Jika sudah, maka selanjutnya anda akan diperintahkan untuk mengubah password sesuai keinginan anda yang dapat dengan mudah anda ingat. Hal tersebut karena password yang dikirimkan via email hanyalah password sementara.

10. Nah, jika langkah-langkah di atas sudah anda lakukan maka saatnya bang apologiku mengucapkan selamat anda telah memiliki akun belajar.id. horeeeeee..... 

eits, eits, eits, jangan girang dulu yah,, hehehe....

Ternyata akun belajar.id yang sudah dimiliki ini, masih ada kelanjutannya loh. Akun ini harus di integrasikan dengan akun simpkb sobat. Hal tersebut sesuai dengan pengumuman yang ada di Simpkb yang berbunyi:

Yth. Bapak/Ibu Guru Se-Indonesia
Sesuai dengan Surat Edaran Dirjen GTK No. 0697/B.B5/GT.01.15/2022, seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan yang telah terdaftar pada platform SIMPKB agar menautkan akun belajar.id-nya pada data personal pengguna di platform SIMPKB paling lambat 12 Maret 2022 dengan petunjuk teknis sebagai berikut:
https://bantuan.simpkb.id/books/panduan-kelola-simpkb-guru/ch01/1-6-panduan-kelola-layanan.html

Guru dan Tenaga Kependidikan yang belum memiliki akun belajar.id dapat memperoleh akun melalui laman http://belajar.id atau menghubungi operator sekolah anda.

Terima Kasih

Nah, untuk itu yuk langsuk klik aja untuk simak bagaimana cara tautkan akun SIM PKB dan akun belajar ID

Post a Comment for "Cara Mendapatkan dan Aktivasi Akun belajar.id dari Kemdikbud"