google-site-verification=gfATDse62JAhcF5Mf93Vb4QKJgJO_Q1MtOQMoS7768Y LK 2 Lembar Kerja Refleksi Modul Bahasa Indonesia / Jurnal Harian - Contoh RPP SD dan Soal SD
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

LK 2 Lembar Kerja Refleksi Modul Bahasa Indonesia / Jurnal Harian

LK 2- Lembar Kerja Refleksi Modul Bahasa Indonesia / Jurnal Harian

LK 2 PPG

apologiku.com - Sobat pembelajar kali ini update format atau contoh tagihan tugas LMS PPG 2.a.1.8. Refleksi/Jurnal Modul 1 untuk LK2 Pendalaman materi. Berikut contoh cara pengisiannya:
 

Judul Modul

BAHASA INDONESIA

Judul Kegiatan Belajar (KB)

1.    Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks

2.    Struktur, Fungsi, dan Kaidah Kebahasaan Teks Fiksi

3.    Struktur, Fungsi, dan Kaidah Kebahasaan Teks Nonfiksi

4.    Apreasiasi dan Kreasi Sastra Anak

No

Uraian

Respon/Jawaban

1

Uraikan hasil diskusi bersama teman dan dosen mengenai pemecahan masalah dalam memahami materi yang mengalami kesulitan

Setelah berdiskusi dengan teman dan dosen, dapat dtarik kesimpulan terkait pemecahan masalah dalam memahami materi yang mengalami kesulitan dengan menggali berbagai informasi mengenai langkah-langkah, strategi atau metode yang dapat dilakukan dalam proses pembelajaran.

Berbagai metode atau strategi yang ditawarkan tadi adalah sebagai berikut:

1.   Mind mapping

Model pembelajaran ini dapat digunakan untuk menggali potensi siswa dalam membuka cakrawala berfikirnya, dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Misalnya digunakan dalam menuntun siswa membuat puisi.

2.   Model pembelajaran blanded learning

Model ini dapat digunakan dengan menyandingkan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran daring agar dapat menambah pemahaman siswa terkait materi yang diajarkan.

3.   Strategi belajar  pengembangan berfikir.

Strategi ini sangat bagus digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi membuat karangan berdasarkan gambar. Dengan strategi ini, siswa dibimbing untuk mengembangkan kemampuan berfikirnya dengan melihat gambar dengan melalui tahapan-tahapan.

2

Uraikan hasil diskusi bersama teman dan dosen mengenai miskonsepsi di modul ini

Berdasarkan diskusi modul 1, terjadi beberapa miskonsepsi yaitu:

-     Pada penggunaan model pembelajaran blanded learning dimana model ini digunakan dalam pembelajaran daring  yang  seyogyanya model ini dilakukan dengan menggabungkan antara pembelajaran daring dan luring.

-     Pada penggunaan Mind Mapping juga terjadi miskonsepsi. Dimana ternyata, tidak semua materi atau KD dapat diajarkan dengan metode Mind Mapping ini. Dalam penggunaannya, seorang guru harus jeli dalam melihat apa tujuan dan bagaimana seharusnya materi ajar itu dibawakan. Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi miskonsepsi antar guru dan siswa.

 

3

Hambatan yang dialami pada pembelajaran analisis materi pembelajaran berbasis masalah di modul ini

Hambatan yang dialami adalah kesalahpahaman terkait pembelajaran berbasis masalah dimana dalam praktiknya, terkadang mengalami salah langkah. Kondisi ini menjadi permasalahan penting dalam pembelajaran berbasis masalah karena dapat menimbulkan miskonsepsi dalam penerapannya,


4

Hal yang akan dilakukan untuk sukses di pembelajaran modul berikutnya

Mempersiapkan diri dengan mempalajari kembali modul yang akan dipelajari selanjutnya agar dapat lebih menemukan kesepahaman terkait materi dan masalah-masalah yang kemungkinan dihadapi dalam pembelajaran modul selanjutnya.

 


Demikianlah contoh pengisian Form LK 2 untuk Lembar kerja refleksi modul Bahasa Indonesia untuk pendalaman materi dalam program profesi guru dalam jabatan. Smeoga postingan ini dapat menjadi referensi bagi teman-teman yang sedang menjalani PPG dan akhirnya dapat sukses berjamaah, Aamiin...

Post a Comment for "LK 2 Lembar Kerja Refleksi Modul Bahasa Indonesia / Jurnal Harian"