google-site-verification=gfATDse62JAhcF5Mf93Vb4QKJgJO_Q1MtOQMoS7768Y Pengertian-Pengertian Terkait Materi Bilangan - Contoh RPP SD dan Soal SD
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian-Pengertian Terkait Materi Bilangan

Peta Konsep: Materi Bilangan

apologiku.com - Artikel kali ini, kita akan mengupas lebih detil tentang pengertian-pengertian yang dianggap penting seputar materi bilangan. Berbicara tentang bilangan, tentunya kita langsung terbayang-bayang dengan angka-angka yang beterbangan.

Meski kita semua tahu dan sadar bahwa bilangan itu adalah angka-angka, namun mungkin ada banyak diantara kita yang belum tahu atau sulit dalam mendefinisikan bilangan dan jenis-jenis bilangan. Nah, oleh karena itu di bawah ini akan dikupas tuntas semua yang terkait dengan materi bilangan yang sering kita pelajari.

Aneka Defenisi Materi Bilangan

Bilangan adalah suatu unsur atau objek yang tidak didefinisikan (underfined term). Bilangan merupakan suatu konsep yang abstrak, bukan simbol, bukan pula angka Lambang bilangan adalah simbol atau lambang yang digunakan dalam mewakili suatu bilangan.

Sistem numerasi bilangan adalah sekumpulan lambang dan aturan pokok untuk menuliskan bilangan.

Numeral adalah Lambang yang menyatakan suatu bilangan

Bilangan kardinal adalah bilangan yang digunakan untuk menyatakan banyaknya angota suatu himpunan.

Bilangan komposit adalah bilangan asli yang memiliki lebih dari 2 faktor

Bilangan cacah adalah bilangan yang digunakan untuk menyatakan kardinalitas suatu himpunan.

Bilangan bulat adalah gabungan dari bilangan asli dan juga nol

Bilangan sempurna adalah bilangan asli yang jumlah faktornya (kecuali faktor yang sama dengan dirinya) sama dengan bilangan tersebut.

Bilangan rasional adalah bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk a b , dengan 𝑎 𝑑𝑎𝑛 b bilangan bulat, 𝑏 ≠ 0.

Bilangan irasional adalah bilangan yang tidak dapat dinyatakan sebagai perbandingan bilangan-bilangan bulat 𝑎 𝑑𝑎𝑛 𝑏, dengan b ≠ 0.

Bilangan real adalah gabungan antara himpunan bilangan rasional dengan bilangan irasional.

Bilangan kompleks adalah bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk 𝑧 = 𝑎 + 𝑏𝑖, dengan 𝑎,𝑏 ∈ 𝑅, dan i : imajiner (bilangan khayal).

Garis bilangan adalah sebuah garis yang menunjukkan perpindahan bilangan setelah mengalami penjumlahan atau pengurangan.

Demikianlah beberapa defenisi terkait materi bilangan yang sering kita jumpai. Beberapa pengertian diatas, mungkin dapat kita pahami namun sulit untuk diungkapkan. Semoga artikel kali ini dapat membantu sobat pembelajar untuk memahami pengertian-pengertian terkait bilangan dan jenis-jenis bilangan dan semua yang berkaitan dengan materi matematika "BILANGAN".

Post a Comment for "Pengertian-Pengertian Terkait Materi Bilangan"