Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Buku Tema 3 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 5

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat, Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan? Pembelajaran 4


apologiku.com - Sobat pembelajar, kali ini rilis kembali artikel kunci jawaban untuk materi kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat, Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan? khususnya untuk pembelajaran 5. Untuk lebih memudahkan sobat pembelajar, perlu diketahui bahwa artikel ini adalah pembahasan buku tematik kelas 5 tema 3 subtema 1 halaman 27, 28, 29, 30, 31 dan 32, 33.
Banyak orang berpikir bahwa penyakit mag hanya bisa diderita oleh orang dewasa.Ternyata anak-anak pun bisa terkena mag. Apa penyebabnya? Apakah gejala mag yang dialami anakanak sama dengan yang dialami orang dewasa?
Pada anak-anak yang mudah memproduksi gas pada lambungnya, memiliki pantangan makanan. Misalnya, tidak boleh makan pedas dan asam. Mereka harus banyak makan sayur dan buah, serta tidak boleh terlalu banyak makan mie instan.

Oleh sebab itu, anak-anak perlu terus diingatkan untuk selalu menjaga apa yang mereka makan. Fungsi alat pencernaan kita adalah untuk memproses pemecahan makanan menjadi sari-sari makanan
sehingga dapat digunakan oleh tubuh.

Untuk mencerna makanan, diperlukan organ pencernaan. Bahan makanan yang kita makan tidak langsung diserap oleh sel-sel tubuh. Sebelum diserap, bahan makanan harus dicerna melalui proses
pencernaan.

Ayo Berlatih

Masih ingatkah kamu tentang pelajaran sistem pencernaan pada manusia? Sistem pencernaan kita terdiri atas berbagai organ yang membantu dalam pencernaan makanan dan asimilasi nutrisi. Jadi, apa itu pencernaan?

Jawaban: Sistem yang membantu dalam mencerna makanan untuk menghasilkan energi bagi seluruh anggota tubuh.

Untuk mengenal lebih baik lagi sistem pencernaan, coba kamu lengkapi diagram berikut ini.

Ayo Mencoba

Alat-alat pencernaan kita terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Bersama dengan kelompokmu, lengkapilah informasi tentang organ-organ pencernaan di bawah ini!
Mulut berfungsi sebagai tempat awal pencernaan manusia, dalam mulut terjadi proses pencernaan yang pertama yaitu saat mengunyah makanan, kemudian menjadikan makanan tersebut menjadi partikel-partikel kecil yang kemudian diteruskan ke kerongkongan.

Kerongkongan berfungsi sebagai jalan untuk makanan yang telah dikunyah dari mulut menuju lambung. Otot kerongkongan dapat berkontrasksi sehingga mendorong makanan masuk ke dalam lambung. Gerakan ini disebut dengan gerak peristaltik.

Lambung berfungsi untuk menyimpan makanan dan cairan yang tertelan, mencampur makanan dan cairan pencernaan yang diproduksinya, dan perlahan-lahan mengosongkan isinya ke dalam usus kecil.

Usus Halus berfungsi sebagai tempat selesainya proses pencernaan oleh enzim dan zat lain yang dibuat oleh sel usus, pankreas, dan hati. Selain itu, Usus halus menyerap nutrisi dari proses pencernaan. Dinding bagian dalam dari usus kecil ditutupi oleh jutaan villi dan mikrovilli. Kombinasi keduanya meningkatkan luas permukaan usus halus secara besar-besaran, memungkinkan penyerapan nutrisi terjadi.

Usus Besar berfungsi membuang air dan garam (elektrolit) dari bahan yang tidak tercerna dan membentuk limbah padat yang dapat dikeluarkan. Bakteri di usus besar membantu memecah bahan yang tidak tercerna. Sisa isi usus besar dipindahkan ke arah rektum, di mana feses disimpan sampai meninggalkan tubuh melalui anus.

Amatilah Iklan Berikut ini!


Iklan di atas menjelaskan tentang gaya hidup sehat. Organ pencernaan yang sehat juga didukung oleh gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat membuat kita menyadari pentingnya kesehatan dan menghindarkan kita dari kebiasaan buruk yang dapat menganggu kesehatan.

Ayo Mengamati

Simpulkan isi yang tertera di dalam iklan tersebut berdasarkan:
- kata kunci
- gambar iklan
- target iklan (iklan ditujukan untuk siapa)
Menurutku, iklan tersebut di atas ___________________________________ __________________________________________________________________
__________________________________________________________________
Iklan ini menurutku efektif/tidak efektif karena _______________________
__________________________________________________________________
__________________________________________________________________
Untuk membuat iklan yang lebih baik, aku akan ______________________
__________________________________________________________________
__________________________________________________________________
Apakah fungsi dari iklan tersebut di atas? ____________________________
__________________________________________________________________
__________________________________________________________________

Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Tema 3 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 5"