Kunci Jawaban Buku Tema 3 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 3

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat, Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan? Pembelajaran 3

apologiku.com - Sobat pembelajar, kali ini rilis kembali artikel kunci jawaban untuk materi kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat, Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan? khususnya untuk pembelajaran 3. Untuk lebih memudahkan sobat pembelajar, perlu diketahui bahwa artikel ini adalah pembahasan buku tematik kelas 5 tema 3 subtema 1 halaman 21, 22, 23, 24, 25 dan 26.

Pembahasan Buku Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas 5

Siti, Udin, dan Lani masih membicarakan sistem pencernaan manusia. Mereka senang membicarakan tentang proses pencernaan yang berlangsung di dalam tubuh. Simaklah percakapan mereka!
Siti : “Bekal apa yang kamu bawa hari ini, Din?”
Udin : “Tenang Siti, hari ini aku membawa makanan sehat, lho. Aku membawa nasi dengan tumis sayur dan telur.”
Siti : “Wah, kedengarannya enak, Din.”
Lani : “Iya, enak dan sehat. Nah, sekarang aku mau tanya, apa ada yang masih ingat organ pencernaan manusia?”
Udin : “Masih! Makanan dikunyah di dalam mulut dengan gigi, kemudian...”
Siti : “Makanan meluncur masuk ke kerongkongan untuk kemudian masuk ke lambung.”
Lani : “Dari lambung, makanan diubah menjadi bubur makanan yang kemudian diserap oleh apa?”
Udin : “Usus halus! Usus halus akan menyerap semua sari-sari makanan, Lan.”
Siti : “Selanjutnya, makanan yang tidak dapat dicerna bergerak menuju usus besar.”
Udin : “Aku lupa. Apa yang terjadi saat makanan berada di usus besar, ya?”
Lani : “Usus besar menyerap air yang terdapat dalam bubur makanan dan menjadi tempat terjadinya proses pembusukan makanan, Din. Kemudian makanan yang sudah melalui semua proses tersebut masuk ke anus untuk kemudian dibuang.”
Siti : “Jangan lupa, makan makanan yang sehat ya, teman-teman, agar kesehatan organ pencernaan kita tetap terjaga!”

Makanan sehat tidak selalu harus mahal. Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh kita.

Ayo Membaca


Bacalah teks tentang makanan pokok berikut!
Makanan merupakan bahan baku utama bagi manusia untuk memproduksi energi dan memenuhi segala nutrisi yang diperlukan tubuh. Ibarat bensin yang sangat vital peranannya bagi kendaraan bermotor, makanan sangat berperan bagi tubuh manusia dalam mempertahankan kelangsungan hidup. Namun, tidak semua jenis makanan yang dikonsumsi dapat memberikan asupan gizi yang baik dan sehat. Makanan yang sehat ialah makanan yang mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperoleh energi.
Bacaan di atas sangat menarik, bukan?

interaksi dengan lingkungan hidup
Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial amat dibutuhkan untuk kehidupan bersama sebab individu tidak dapat hidup tanpa individu lainnya.
Interaksi dengan lingkungan hidup merupakan interaksi antara manusia dengan lingkungan yang terbentuk secara alami. Gunung, sungai, rawa, merupakan contoh-contoh lingkungan alam.

Ayo Berlatih


  • Jelaskan interaksi sosial dan interaksi dengan lingkungan alam yang terdapat pada lahan pertanian padi.
  • Amatilah lingkungan sekelilingmu. Sebutkan interaksi manusia dengan alam yang dapat kamu temukan di sana. Apakah yang tengah dilakukan oleh manusia? Apa pengaruh dari kegiatan manusia terhadap lingkungan alam?

Petunjuk jawaban: 


  • Interaksi sosial yang terdapat pada lahan pertanian adalah berupa inetaraksi para petani saat menanam padi ataupun saat membajak sawahnya, sehingga terjadi gotong royong antar petani dalam membuat sistem pengairan sawah. Sedangkan interaksi dengan lingkungan alam pada lahan pertanian yaitu berupa interaksi manusia/petani dengan area perswahan yang digarap dan ditanami oleh para petani. 
  • Di lingkungan sekitar rumahku, terdapat interaksi manusia dengan lingkungan yaitu petani yang senantiasa mengunjungi sawah dan menggarap lahan pertanian. Dengan adanya interaksi manusia/petani dengan lahan pertanian, maka dapat menghasilkan tanaman padi yang dijadikan sebagai bahan makanan pokok warga sekitar.


Ayo Berdiskusi

Ternyata menarik untuk dicermati bahwa terdapat hubungan timbal balik dan saling memengaruhi antara manusia dengan lingkungan hidupnya. Bersama dengan teman sekelompokmu, diskusikanlah interaksi yang terjadi di lingkungan sekitarmu, bisa berupa lingkungan rumah atau sekolah. Isilah
tabel berikut ini.
Tentukan jenis interaksi yang terjadi dengan menjelaskan alasannya.
Tuliskan hasilnya pada tabel seperti berikut ini.
Tabel halaman 22 Buku tematik kelas 5 tema 3 subtema 1 pembelajaran 3

Ketika kamu mengamati interaksi yang terjadi di lingkungan sekitarmu, identifikasi pihak yang berinteraksi dengan memperhatikan hal-hal berikut.
1. Apakah pihak yang berinteraksi memiliki perbedaan?
2. Berapa usia manusia yang berinteraksi tersebut?
3. Apakah jenis kelamin mereka?
4. Apakah pekerjaan mereka?
5. Berasal dari latar belakang budaya apakah mereka?
6. Apakah agama yang mereka anut?

Ayo Berkreasi

Indonesia memang dikenal memiliki tingkat keragaman budaya, adat istiadat, dan agama yang tinggi. Berdasarkan hasil pengamatanmu tersebut buatlah sebuah komik sederhana yang mengetengahkan tentang interaksi yang dilakukan manusia. Pastikan tulisanmu menggunakan bahasa Indonesia yang
santun dan ejaan yang tepat. Warnailah komikmu dengan rapi dan semenarik mungkin.

Berdasarkan penelitian pada tahun 2010, konsumsi beras masyarakat Indonesia mencapai 100 kilogram per kapita per tahun. Ketersediaan beras di Tanah Air pada masa mendatang tidak sejalan dengan laju pertumbuhan penduduk. Untuk mengurangi ketergantungan itu, perlu ada perubahan
konsep dan kebiasaan makan masyarakat. Misalnya, mengganti nasi sebagai makanan pokok dengan makanan jenis lain. Salah satu cara yang belakangan dikampanyekan pemerintah adalah tidak memakan nasi selama satu hari. Kebiasaan ini, misalnya, dilakukan satu hari dalam sepekan. Sebagai pengganti, selama sehari itu, warga bisa mengonsumsi sumber karbohidrat lain seperti jagung, ubi, singkong, talas, kentang, dan sagu.

Ayo Mengamati

Untuk mendukung upaya pemerintah tersebut, berikut adalah sebuah iklan tentang singkong sebagai pengganti nasi. Amatilah iklan di bawah ini dengan saksama!
zat yang t erkandung dalam singkong
Masih ingatkah kamu dengan unsur-unsur dalam sebuah iklan?
Coba kamu identifikasi unsur-unsur iklan dalam iklan tersebut.

Kalimat iklan:
Makanlah Singkong sebagai Pengganti Nasi!Solusi Makanan Sehat, Harga Rakyat, Rasa Pejabat!!

Kata kunci:
Kandungan Singkong Per 100 Gram

Observasi gambar:
Air; Besi; Kalsium, Fosfor, Kalori, Karbohidrat, Lemak, Protein dan Vitamin

Lakukanlah diskusi dengan beberapa orang temanmu yang lain. Bandingkan hasil yang sudah kamu peroleh satu sama lain berkaitan dengan unsur-unsur iklan dalam iklan tersebut.


***Sumber: Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat, Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan? Pembelajaran 3

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Tema 3 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 3"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel