Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SKB CPNS Guru, Mau Belajar Apa ?

Komepetensi Yang Diujikan dalam Seleksi Kompetensi Bidang Calon Pegawai Negeri Sipil (SKB CPNS) Guru

apologiku.com - Sobat pembelajar, kali ini kita akan membahas mengenai apa-apa saja yang akan di ujikan dalam Seleksi Kompetensi Bidang untuk CPNS guru. Tentunya banyak di antara kalian yang pernah bertanya dalam sendiri, "SKB Guru, Mau belajar apa ?". Nah, disini kita akan membahas itu mengenai pertanyaan itu.

Artikel "SKB CPNS Guru, Mau Belajar Apa ?" dibuat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang banyak menjadi perbincangan teman-teman yang lolos tahap Seleksi Kompetensi Dasar CPNS yang kini berhak untuk maju dalam tahapan seleksi selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang.

Banyak calon peserta seleksi SKB yang heboh karena kebingungan meu belajar apa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian seleksi kompetensi bidang yang sebentar lagi berlangsung. Meski jadwalnya belum pasti yah, karena masih menunggu masa pandemi Covid-19 berakhir. Namun tentunya hal tersebut tidak menyurutkan semangat para Pejuang NIP guru ini untuk bersaing pada SKB CPNS Guru mendatang.

Baiklah tanpa panjang lebar kini admin apologiku.com akan membeberkan beberapa syarat yang harus kamu kuasai demi bisa sukses dalam Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Guru.Jika syarat-syarat berikut dapat kamu penuhi dan pahami, maka Insya Allah kesuksesan dalam tes kamu akan dapat kamu raih sobat.

Kompetensi Yang Akan Diujikan dalam SKB CPNS GURU 

Soal-soal SKB Guru tentu memiliki Kisi-Kisi Soal SKB CPNS  tertentu dan tidak akan lepas dari 4 jenis kompetensi guru yang dipersyaratkan, karena tanpa keempat kompetensi ini, maka seorang calon guru akan di anggap kurang dan masih perlu belajar lagi. Adapaun Syarat Kompetensi SKB CPNS Guru yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Kompetensi pedagogik

Kompetensi pedagogik adalah kompetensi yang erat kaitannya dengan kemampuan guru dalam memahami proses pembelajaran. Pembelajaran yang berlangsung di ruang kelas adalah bersifat dinamis. Hal ini terjadi karena adanya komunikasi atau interaksi timbal balik antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa. Keberagaman siswa didalam kelas juga akan memerlukan keterampilan seorang guru dalam mendisain program pembelajaran yang tepat.

Olehnhya itu, kompetensi pedagogik ini menjadi hal yang sangat penting dimiliki oleh seorang guru maupun calon guru.

2. Kompetensi kepribadian

Kompetensi kepribadian merupakan kompetensi dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai seorang guru, yakni yang dapat menunjukkan sikap dan kepribadian yang baik. Menjadi guru yang patut untuk ditiru dan diteladani. Yang merupakan filosofi untuk menunjukkan kemampuan kepribadiannya. Untuk dapat ditiru, maksudnya adalah karena guru diyakini memiliki ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan siswanya. Oleh karena itu, seorang guru yang patut untuk ditiru dan diteladani adalah karena pada diri guru tersebut terdapat sikap dan pribadi yang baik.

Kompetensi kepribadian ini juga menjadi nilai plus untuk guru dan calon guru yang tidak dimiliki oleh profesi lain. Mengapa demikian ? Jelas karena guru merupakan model atau contoh yang senantiasa menjadi acuan yang ditiru oleh muridnya. Gerak gerik seorang guru tentu tidak lepas dari pantauan seorang murid. Olehnya itu, kepribadian seorang guru harus dijaga dan diusahakan agar tidak menciderai profesi guru.

3. Kompetensi profesional

Kompetensi profesional adalah kompetensi atau kemampuan seorang guru dalam mengelola seluruh proses belajar mengajar. Kemampuan dalam mengelola pembelajaran ini artinya mampu dan cakap dalam mendukung pembelajaran dalam pengelolaan kelas, penguasaan materi belajar, strategi mengajar dan penggunaan media belajar.

Seorang guru harus menguasai kompetensi profesional agar mampu mengantarkan peserta didiknya memahami hal-hal yang diajarkan. Sikap profesional guru, tentunya akan berpengaruh terhadap perkembangan peserta didiknya, karena mampu menarik perhatian peserta didik dalam setiap pembelajaran yang diberikan seorang guru.

4. Kompetensi sosial

Kompetensi sosial adalah kompetensi atau kemampuan guru sebagai tenaga pendidik dalam menjalin hubungan atau berkomunikasi dan berinteraksi yang baik dengan warga sekolah maupun warga dimana guru berada. Kemampuan sosial ini dapat dilihat melalui pergaulan sosial guru tersebut. Seperti pergaulaun guru dengan siswa, pergaulan dengan rekan sesama guru, pergaulan dengan orang tua atau wali murid, dan juga pergaulan guru dengan masyarakat dimana ia berada.

Dalam kehidupan sosial kemasyarakatan juga, terkadang seorang guru dapat menjadi penengah jika ada persoalan tertentu didalam masyarakat. Tentu pendapat seorang guru juga akan didengarkan oleh masyarakat, karena dianggap kalangan terpelajar dan senantiasa berfikir rasional. Olehnya itu, guru harus memeiliki kompetensi sosial yang mumpuni agar dapat berbaur dengan masyarakat luas.

Kesimpulan

Nah, Itulah tadi beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru dan calon guru. Kesimpulannya adalah kompetensi tersebutlah yang menjadi acuan dalam pembuatan soal-soal berkaitan dengan SKB CPNS Guru. Maka dari itu, sobat pembelajar dimanapun berada haruslah mempersiapkan keempat kompetensi tersebut sebagai senjata untuk persiapan perang dalam tes Seleksi Kompetensi Bidang CPNS Guru.

Akhir kata, semoga kita semua sobat pembelajar yang sempat membaca artikel ini dapat meraih sukses dalam menghadapi ujian Seleksi Kompetensi Bidang. Tentunya tetap berusaha dan berdoa agar senantiasa dimudahkan dalam segala hal.

Terima kasih

Post a Comment for "SKB CPNS Guru, Mau Belajar Apa ?"