Penting ! Kisi-Kisi Soal Seleksi Kompetensi Bidang CPNS

Kisi-Kisi Soal Seleksi Kompetensi Bidang CPNS

apologiku - Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) adalah bentuk tes lanjutan untuk seleksi calon aparatur sipil negara. SKB ini sendiri dilaksanakan setelah peserta seleksi dinyatakan lulus pada tahap awal yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).
SKB CPNS 2020

Seusai tes SKD berakhir, nyatanya banyak peserta yang sudah lolos Passing Grade (PG) yang kemudian kebingungan dan bertanya-tanya menganai apa yang harus mereka pelajari untuk persiapan menuju seleksi kompetensi bidang yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyan tersebut, apologiku hadir memberikan solusi mengenai apa yang mestinya sobat pembelajar persiapkan untuk maju pada tahap seleksi kompetensi bidang tersebut. Semuanya dirangkum dalam bentuk kisi-kisi soal Seleksi Kompetensi Bidang (Kisi-Kisi SKB).

Aturan Yang Berlaku Untuk SKB CPNS

Namun sebelumnya sobat pembelajar harus tahu dulu bagaimana sebenarnya aturan terkait SKB tersebut. Aturan SKB CPNS meliputi:
  • Peserta yang berhak mengikuti SKB adalah mereka yang memenuhi passing grade yang diatur dengan perbandingan 1:3 berdasarkan jumlah formasi. Maksudnya adalah jika suatu jabatan tertentu menerima 1 orang, maka peserta yang berhak ikut SKB adalah sebanyak 3 orang berdasarkan perengkingan nilai kelulusan. Namun apabila formasi tersebut menerima lebih dari satu maka aturannya adalah jumlah jabatan dikali tiga.
  • Materi tes SKB untuk jabatan fungsional disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional.
  • Tes SKB di Instansi Pusat dapat dilaksanakan dalam bentuk CAT, Yang meliputi; Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Praktik Kerja, Tes Bahasa Asing, Tes Fisik atau Kesamaptaan, Psikotes, atau Wawancara. Jumlah tes yang diujikan paling sedikit dua macam.
  • Materi tes SKB bagi jabatan pelaksana teknis dapat berupa soal SKB sesuai rumpun jabatan fungsional.
  • Bentuk tes praktik kerja dapat diberikan pada jabatan teknis atau membutuhkan keahlian khusus.

Kisi-Kisi Ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS

Untuk memudahkan sobat pembelajar untuk memilah bahan pelajaran, berikut ini kisi-kisi ujian SKB pada tes CPNS agar kamu bisa lulus seleksi.

1. Pahami Jabatan Yang Kamu Pilih

Hal ini penting agar kamu belajar lebih terarah, karena dengan memahami jabatan yang kamu pilih maka kamu akan tahu porsi kamu dimana. Perlu diketahui, jenis formasi satu dan lainnya tentu akan memiliki soal yang berbeda. Soal SKB untuk Jabatan Fungsional tentu akan berbeda dengan Soal SKB untuk Jabatan Pelaksana.

2. Menentukan Jenis Jabatan Yang Kamu Pilih

Setelah kamu memahami jabatan yang kamu pilih selanjutnya kamu harus tahu jenis jabatan tersebut apakah masuk jabatan fungsional tertentu atau bukan. Perlu kamu ketahui juga bahwa yang termasuk dalam jenis Jabatan Fungsional Tertentu itu antara lain guru, dokter dan apoteker.

Namun apabila kamu kebingungan dalam menentukannya, kamu bisa mencari tahu melalui peraturan yang dikeluarkan oleh Kementrerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB)

3. Pahami Jenis Tugas Jabtan Yang Kamu Pilih

Memahami jenis tugas dari jabatan yang dipilih adalah salah satu cara untuk bisa sukses di SKB. Misalnya kamu memilih jabatan pelaksana yang meliputi Analis Kerja sama, Analis Akuntabilitas Kinerja ataupun yang lainnya.

Bagi kamu yang termasuk kedalam jenis tugas seperti ini, kamu bisa mencari tahu pada peraturan Kemenpan RB nomor 25 tahun 2016 tentang Nomenklatur Jabatan Pelaksana. Di dalamnya terdapat deskripsi tugas dari JP sehingga ketika mempelajarinya bisa mengetahui gambaran tentang jenis soal yang akan keluar pada tahap SKB.

4. Cari Referensi Jenis-Jenis Soal Yang Akan di Ujikan

Mencari referensi jenis soal yang akan diujikan adalah hal penting agar sukses SKB. Persiapkan diri kamu untuk melalui berbagai tes seperti Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Praktik Kerja, Tes Bahasa Asing, Tes Fisik atau Kesamaptaan, Psikotes, atau Wawancara.

0 Response to "Penting ! Kisi-Kisi Soal Seleksi Kompetensi Bidang CPNS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel