Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Buku Tema 2 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 3

Pembahasan Latihan Soal Buku Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3 Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Manusia

Ayo Membaca

Hari Menanam Pohon

Indonesia dikatakan sebagai paru-paru dunia. Sebutan itu disematkan karena di Indonesia terdapat hutan yang sangat luas. Daun-daun di hutan mengeluarkan oksigen berlimpah. Oksigen merupakan unsur penting bagi kehidupan.
Namun, sayangnya, hutan kita semakin berkurang akibat kebakaran atau penebangan pohon di hutan secara liar. Oleh karena itu, pemerintah bersama rakyat berusaha mengurangi kerusakan hutan. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu menanam kembali pohon di lingkungan.

Tanggal 28 November diperingati sebagai Hari Menanam Pohon. Peringatan hari Menanam Pohon pada tahun 2015 diawali sejak tanggal 26 November. Presiden melakukan penanaman pohon di Taman Hutan Rakyat Sultan Adam, Kalimantan Selatan. Ada 10.000 pohon ditanam di hutan itu. Pohon yang ditanam pun bermacam-macam, termasuk pohon-pohon yang buahnya dapat dimakan.

Kita dapat berperan serta untuk mengembalikan paru-paru dunia. Menanam pohon tidak hanya dapat dilakukan di hutan. Kita dapat menanam pohon di lingkungan sekitar kita. Semakin banyak pohon di lingkungan kita, semakin banyak pasokan oksigen bagi kehidupan.

Ayo Renungkan

Dari bacaan “Hari Menanam Pohon” di atas, lengkapilah peta pikiran berikut.
Kamu telah membaca bacaan “Hari Menanam Pohon”. Menjaga lingkungan sekitar dengan cara menanam pohon merupakan salah satu tanggung jawab kita sebagai warga masyarakat. Semua warga masyarakat mempunyai tanggung jawab dalam menciptakan kenyamanan dan keamanan lingkungan tempat tinggalnya.

Ayo Mengamati

Buatlah kelompok terdiri atas 4–5 anak. Lakukan wawancara kepada orangorang di sekitarmu.
1. Carilah informasi-informasi berikut.
  • Jenis usaha yang dilakukan.
  • Hasil dari jenis usaha yang dilakukan.
  • Bahan baku yang diperlukan untuk melakukan jenis usaha tersebut.
  • Pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan.
  • Kesulitan (kendala) yang mungkin dihadapi.
2. Dari informasi-informasi yang akan digali tersebut, buatlah daftar pertanyaan yang akan kalian tanyakan kepada orang yang akan kamu wawancarai.

3. Lakukan wawancara dengan baik. Ajukan pertanyaan dengan sopan. Berterima kasihlah kepada orang yang kalian wawancarai atas waktu dan jawaban yang diberikan.

4. Catatlah hasil wawancara kalian, lalu bacakan di hadapan kelompok-kelompok lain dan bapak/ibu guru.

Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Tema 2 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 3"