Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Teori Menurut Para Ahli

Penjelasan Tentang Defenisi dan Pengertian Teori Menurut Para Ahli

apologiku - Teori adalah suatu konsep yang sering kita jumpai dalam suatu proses. Teori muncul sebelum suatu kejadian, meski ada juga sebahagian yang berentetan dengan konsep terjadi dulu kemudian ditemukanlah teorinya.
Secara umum, teori didefenisikan sebagai analisis hubungan antara fakta yang satu dengan yang lain pada sekumpulan fakta-fakta yang disusun secara sistematis, logis, empiris dan simbolis dalam menjelaskan suatu fenomena.

Selain itu, literatur lain menyebutkan bahwa teori yang berasal dari kata thea. Menurut wikipedia, Teori adalah serangkaian bagian atau variabel, definisi dan dalil yang saling berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antarvariabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah.

Definisi teori ini dapat berbeda-beda seperti halnya dengan teori belajar dan lainnya. Para ahli menuturkan pandangan mereka berdasarkan pada bidang-bidang pengetahuan serta tergantung pada metodologi dan konteks diskusi.

Beberapa ahli mengemukakan mengenai defenisi dan pengertian teori sebagai berikut :

John W Creswell
Teori adalah serangkaian bagian atau variabel, definisi, dan dalil yang saling berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah 

DAVIS
Teori hanyalah sebuah gagasan tentang mengapa orang-orang seperti mereka dan bertindak seperti mereka.

JONATHAN H. TURNER
Teori adalah sebuah proses mengembangkan ide-ide yang membantu kita menjelaskan bagaimana dan mengapa suatu peristiwa terjadi.

LITTLE JOHN & KAREN FOSS
Teori merupakan sebuah sistem konsep yang abstrak dan hubungan-hubungan konsep tersebut yang membantu kita untuk memahami sebuah fenomena.

KERLINGER
Teori adalah konsep-konsep yang berhubungan satu sama lainnya yang mengandung suatu pandangan sistematis dari suatu fenomena.

STEVENS
Teori adalah suatu pernyataan yang isinya menyebabkan atau mengkarakteristikkan beberapa fenomena

CRESWELL
Teori adalah seperangkat ide, konstruk atau variabel, definisi, dan proposisi yang memberikan gambaran suatu fenomena atau peristiwa secara sistematik dengan cara menentukan hubungan antar-variabel

NAZIR
Teori adalah pendapat yang dikemukakan sebagai keterangan mengenai suatu peristiwa atau kejadian 

TRAVERS
Teori terdiri dari generalisasi yang dimaksudkan untuk menjelaskan dan memprediksi sebuah fenomena

CALVIN S. HALL & GARDNER LINZEY
Teori adalah hipotesis (dugaan sementara) yang belum terbukti atau spekulasi tentang kenyataan yang belum diketahui secara pasti

FAWCETT
Teori adalah suatu deskripsi fenomena tertentu, suatu penjelasan tentang hubungan antar fenomena atau ramalan tentang sebab akibat satu fenomena pada fenomena yang lain.

HEINAN
Sebuah teori adalah sekelompok hukum yang terorganisir secara logis atau hubungan yang merupakan penjelasan dalam suatu disiplin.

MANNING
Teori adalah seperangkat asumsi dan kesimpulan logis yang mengaitkan seperangkat variabel satu sama lain. Teori akan menghasilkan ramalan-ramalan yang dapat dibandingkan dengan pola-pola yang diamati

EMORY & COOPER
Teori merupakan suatu kumpulan konsep, definisi, proposisi, dan variable yang berkaitan satu sama lain secara sistematis dan telah digeneralisasikan , sehingga dapat menjelaskan dan memprediksi suatu fenomena (fakta-fakta) tertentu – 

KARL POPPER
Teori adalah jaringan untuk menangkap apa yang kita sebut sebagai “dunia”. Teori membantu kita memahami kenyataan

MIKE BAL
Sebuah teori adalah seperangkat pernyataan umum yang sistematis tentang segmen realitas tertentu.

KING
Teori adalah sekumpulan konsep yang ketika dijelaskan memiliki hubungan dan dapat diamati dalam dunia nyata – KING

WILLIAM DOHERTY
Teori adalah proses sistematik dalam merumuskan dan mengorganisasi ide menjadi sebuah fenomena tertentu yang dapat dipahami.

Demikianlah beberapa pengertian teori menurut para ahli yang dapat kami persembahkan sebagai bahan referensi untuk para sobat pembelajar dimanapun berada.

Post a Comment for "Pengertian Teori Menurut Para Ahli"