Teori Belajar dan Macam Macam Teori Belajar Terlengkap

apologiku - Teori belajar dan macam -macam teori belajar - Dalam kehidupan sehari hari, tentunya kita tidak pernah lepas dari suatu proses pembelajaran, baik itu ketika kita berada di sekolah ataupun yang lebih trend sekarang kata para pendahulu kita adalah belajar dari pengalaman. Seperti yang kita kethui bersama mengenai Pengertian Belajar bahwa untuk mencapai cita-cita sebagai manusia, maka dibutuhkan suatu proses untuk memahami segala hal yang tentunya diperoleh dari proses belajar itu sendiri.

PENGERTIAN TEORI BELAJAR MENURUT JEAN PIAGET
Dalam psikologi pendidikan, pembelajaran merupakan suatu proses yang menyatukan berbagai aspek seperti, kognitif, afektif dan psikomotorik guna untuk memperoleh atau bahkan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, nilai, dan pandangan terhadap suatu persoalan dunia.

Dalam interaksi sosial, pembelajaran sering terjadi dimana saja dan kapan saja. Belajar sendiri merupakan suatu proses yang menitikberatkan perihal apa yang terjadi pada saat proses belajar tersebut tengah berlangsung. Nah proses atau hal yang terjadi itulah yang akan kita bahas karena merupakan teori-teori belajar yang harus kita ketahui.

Menurut Jean Piaget, Teori Belajar adalah  dasar dari belajar yang merupakan aktivitas anak bila ia berinteraksi dengan lingkungan sosial dan lingkungan fisiknya. Pertumbuhan anak merupakan suatu proses sosial. Anak tidak berinteraksi dengan lingkungan fisiknya sebagai suatu individu terikat, tetapi sebagai bagian dari kelompok sosial. Akibatnya lingkungan sosialnya berada diantara anak dengan lingkungan fisiknya.

Dalam perkembangan intelektual ada tiga hal penting yang menjadi perhatian Piaget yaitu :
  1. Struktur, Piaget memandang ada hubungan fungsional antara tindakan fisik, tindakan mental dan perkembangan logis anak-anak. Tindakan (action) menuju pada operasi-operasi dan operasi-operasi menuju pada perkembangan struktur-struktur.
  2. Isi, merupakan pola perilaku anak yang khas yang tercermin pada respon yang diberikannya terhadap berbagai masalah atau situasi yang dihadapinya.
  3. Fungsi, adalah cara yang digunakan organisme untuk membuat kemajuan intelektual.
Selain itu, Piaget menambahkan bahwa perkembangan intelektual didasarkan pada dua fungsi yaitu;
  • Organisasi, memberikan setiap organisme kemampuan untuk mengestimasikan atau mengorganisasi proses-proses fisik atau psikologis menjadi sistem-sistem yang teratur dan berhubungan.
  • Adaptasi, terhadap lingkungan dilakukan melalui dua proses yaitu asimilasi dan akomodasi.
MACAM MACAM TEORI BELAJAR
Perlu kita ketahui bahwa, Ada tiga kategori utama atau kerangka filosofis mengenai teori-teori belajar, yaitu: teori belajar behaviorisme, teori belajar kognitivisme, dan teori belajar konstruktivisme. Teori belajar behaviorisme hanya berfokus pada aspek objektif diamati pembelajaran. Teori kognitif melihat melampaui perilaku untuk menjelaskan pembelajaran berbasis otak. Dan pandangan konstruktivisme belajar sebagai sebuah proses di mana pelajar aktif membangun atau membangun ide-ide baru atau konsep.

#1. Teori belajar Behaviorisme
Teori behavioristik adalah sebuah teori yang dicetuskan oleh Gage dan Berliner tentang perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman. Teori ini lalu berkembang menjadi aliran psikologi belajar yang berpengaruh terhadap arah pengembangan teori dan praktik pendidikan dan pembelajaran yang dikenal sebagai aliran behavioristik. Aliran ini menekankan pada terbentuknya perilaku yang tampak sebagai hasil belajar.

Teori behavioristik dengan model hubungan stimulus-responnya, mendudukkan orang yang belajar sebagai individu yang pasif. Respon atau perilaku tertentu dengan menggunakan metode pelatihan atau pembiasaan semata. Munculnya perilaku akan semakin kuat bila diberikan penguatan dan akan menghilang bila dikenai hukuman.

#2. Teori Belajar Kognitivisme
Teori belajar kognitif mulai berkembang pada abad terakhir sebagai protes terhadap teori perilaku yang yang telah berkembang sebelumnya. Model kognitif ini memiliki perspektif bahwa para peserta didik memproses infromasi dan pelajaran melalui upayanya mengorganisir, menyimpan, dan kemudian menemukan hubungan antara pengetahuan yang baru dengan pengetahuan yang telah ada. Model ini menekankan pada bagaimana informasi diproses.

Peneliti yang mengembangkan teori kognitif ini adalah Ausubel, Bruner, dan Gagne. Dari ketiga peneliti ini, masing-masing memiliki penekanan yang berbeda. Ausubel menekankan pada apsek pengelolaan (organizer) yang memiliki pengaruh utama terhadap belajar.Bruner bekerja pada pengelompokkan atau penyediaan bentuk konsep sebagai suatu jawaban atas bagaimana peserta didik memperoleh informasi dari lingkungan.

#3. Teori Belajar Konstruktivisme
Kontruksi berarti bersifat membangun, dalam konteks filsafat pendidikan dapat diartikan Konstruktivisme adalah suatu upaya membangun tata susunan hidup yang berbudaya modern.

Konstruktivisme merupakan landasan berfikir (filosofi) pembelajaran konstektual yaitu bahwa pengetahuan dibangun oleh manusia sedikit demi sedikit, yang hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas dan tidak sekonyong-konyong.

Pengetahuan bukanlah seperangkat fakta-fakta, konsep, atau kaidah yang siap untuk diambil dan diingat. Manusia harus mengkontruksi pengetahuan itu dan memberi makna melalui pengalaman nyata.

Dengan teori konstruktivisme siswa dapat berfikir untuk menyelesaikan masalah, mencari idea dan membuat keputusan. Siswa akan lebih paham karena mereka terlibat langsung dalam mebina pengetahuan baru, mereka akan lebih pahamdan mampu mengapliklasikannya dalam semua situasi. Selian itu siswa terlibat secara langsung dengan aktif, mereka akan ingat lebih lama semua konsep.

Demikianlah pembahasan mengenai Teori Belajar dan Macam Macam Teori Belajar.  Semoga dapat menambah referensi sobat pembalajar dimanapun berada.

2 Responses to "Teori Belajar dan Macam Macam Teori Belajar Terlengkap"

  1. Saya suka sekali dengan teori Kognitivisme, bermanfaat sekali

    ReplyDelete

  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq**
    add pin black.berry 58ab14f5 || ditunggu ya**

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel