SKL, KI dan Pemetaan KD Matematika Kelas 5 SD Edisi Revisi Terbaru

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN, KOMPETENSI INTI & PEMETAAN KD PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5 SD

apologiku - Pembelajaran Matematika pada kelas 5 SD diajarkan dengan mengacu pada 3 aspek yaitu Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI) dan Pemetaan Kompetensi Dasar (KD). Berikut ini penjabaran Ketiga aspek tersebut yang berlaku pada materi pembelajaran matematika kelas 5 SD edisi revisi terbaru tahun 2018 

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

SIKAP

Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain.

PENGETAHUAN

Memiliki pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain.

KETERAMPILAN

Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang produktif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang ditugaskan kepadanya.

KOMPETENSI INTI

I. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
II. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
serta cinta tanah air.
III. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain.
IV. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

PEMETAAN KOMPETENSI DASAR 1 DAN 2

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air”.

Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

PEMETAAN KOMPETENSI DASAR 3 DAN 4

BAB 1 OPERASI HITUNG PECAHAN 

Pengetahuan
3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda.
3.2 Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal.
Keterampilan
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda.
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal.

BAB 2 KECEPATAN DAN DEBIT

Pengetahuan
3.3 Menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan sebagai perbandingan jarak dengan waktu, debit sebagai perbandingan volume dan waktu).
Keterampilan
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan, debit).

BAB 3 SKALA

Pengetahuan
3.4 Menjelaskan skala melalui denah.
Keterampilan
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala pada denah.

BAB 4 BANGUN RUANG

Pengetahuan
3.5 Menjelaskan, dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga.
3.6 Menjelaskan dan menemukan jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok)
Keterampilan
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) melibatkan pangkat tiga dan akar pangkat tiga.
4.6 Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok).

BAB 5 PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA

Pengetahuan
3.7 Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya.
3.8 Menjelaskan penyajian data yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis.
Keterampilan
4.7 Menganalisis data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya.
4.8 Mengorganisasikan dan menyajikan data yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis.

2 Responses to "SKL, KI dan Pemetaan KD Matematika Kelas 5 SD Edisi Revisi Terbaru"

  1. Terima kasih atas postingannya. sangat membantu. semoga jadi amal jariah.

    ReplyDelete
  2. terima kasih banyak... sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel