google-site-verification=gfATDse62JAhcF5Mf93Vb4QKJgJO_Q1MtOQMoS7768Y Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 Sub Tema 2 Pembelajaran 1 - Contoh RPP SD dan Soal SD
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 Sub Tema 2 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tematik Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Sub Tema 2 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 1

apologiku - Buku Tematik kelas 5 Tema 1 Sub tema 2 berbicara tentang Manusia dan Lingkungan. Pada kesempatan ini, apologiku.com akan memberikan pembahasan mengenai pembelajaran 1 subtema 2 Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia.

Silahkan sobat pembelajar menyimak pembahasannya berikut ini :


AYO MENGAMATI


Amatilah ilustrasi kedua gambar di atas, kemudian jawabl;ah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Peristiwa atau objek apakah yang nampak pada kedua gambar di atas ?
Jawab : Kedua gambar di atas menunjukkan orang yang sedang bersepeda dan satunya lagi sedang mengendarai motor.

2. Menurut pendapatmu, aktivitas pada gambar manakah yang menyehatkan ?
Jawab : Aktivitas yang menyehatkan adalah aktivitas saat bersepeda, karena dengan bersepeda semua anggota tubuh kita ikut bergerak sehingga akan menghasilkan keringat yang membuat badan lebih segar dan sehat.

3. Benarkah aktivitas manusia, seperti bersepeda, berjalan, berlari dan lain-lainnya sangat dipengaruhi oleh kerja organ gerak manusia ?
Jawab : Ya, Karena dengan beraktivitas maka organ gerak akan berfungsi dengan baik sehingga membantu merangsang kinerja organ gerak agar tidak kaku.



     Salah satu kegiatan yang disukai Beni saat hari libur adalah bersepeda menyusuri jalan pedesaan. Udara di pedesaan masih segar karena masih banyak pohon dan masih sedikit polusi. Kegiatan Beni ini tentunya dapat bermanfaat bagi kesehatan.

     Dengan bersepeda rutin, semua organ gerak yang ada di tubuh dapat bekerja sebagaimana mestinya. Coba perhatikan, pernahkah badanmu terasa pegal dan kaku setelah duduk diam beberapa saat? Ya, karena pada saat duduk diam dalam waktu yang lama, organ-organ gerak pada tubuh tidak bekerja sebagaimana mestinya.

     Setelah mengayuh sepedanya beberapa saat, tibalah Beni di sebuah kebun sayur. Beni senang sekali. Ladang sayur luas terbentang laksana permadani hijau. Tanah yang semula dicangkul, dipupuk, dan dibuat bedeng, kini telah tertutupi sayur mayur yang siap dipanen. Yang terlihat hanyalah warna hijau.

     Beni pun bergegas turun dari sepedanya dan menghampiri Pak Anto. Pak Anto adalah pemilik ladang sayuran. Pak Anto dibantu beberapa orang dalam mengerjakan ladangnya.

     “Selamat pagi, Pak Anto. Sedang sibuk ya, Pak?” sapa Beni ramah.
     “Selamat pagi, Beni. Iya Beni, bapak sedang memanen sawi dan selada,” jawab pak Anto.
     “Bolehkah saya membantu, Pak?” pinta Beni.
     “Oh, tentu saja boleh. Kebetulan sekali, ada satu karyawan Bapak yang sedang sakit. Jadi bapak masih kekurangan orang untuk memanen semua sayur ini,” jawab Pak Anto.

AYO MEMBACA

BERSEPEDA
     Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Sepeda bisa dikatakan sebagai alat transportasi darat yang murah, praktis, dan mudah dikendarai. Banyak orang memanfaatkan sepeda untuk pergi ke kantor, sekolah, pasar, dan lain-lain. Sepeda juga ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar minyak sehingga tidak menimbulkan polusi. Selain itu, dengan bersepeda juga dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh kita.

     Bersepeda dapat mengencangkan otot-otot tubuh. Bersepeda tidak hanya melibatkan bagian kaki saja. Bahkan, banyak orang yang menganggap bersepeda hanya dapat mengencangkan otot-otot bagian betis dan paha saja. Namun sebenarnya, bersepeda merupakan latihan fisik yang hampir melibatkan setiap bagian tubuh. Selain memperkuat otot-otot bagian kaki dan paha, bersepeda secara rutin juga akan mengencangkan otot-otot bagian belakang, pinggul, dan lengan.

     Jika bersepeda secara rutin, kesehatan jantung kita akan tetap terjaga. Selama bersepeda, jantung berdetak lebih cepat dari biasanya. Efek positif terhadap jantung ini tentunya juga akan membawa efek-efek positif lainnya seperti melancarkan peredaran darah dan oksigen. Dengan demikian kita bisa terhindar dari munculnya gangguan-gangguan yang berkaitan dengan jantung dan peredaran darah dalam tubuh.

     Salah satu pilihan yang bijak untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh adalah dengan bersepeda. Bersepeda secara rutin dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Hal ini akan membuat kamu selalu bugar dan berenergi setiap harinya.

     Bersepeda juga merupakan olahraga yang dapat membakar kalori dalam tubuh. Oleh karena itu, bersepeda dapat menurunkan berat badan. Timbunan lemak-lemak dalam tubuh kita yang menyebabkan kegemukan akan terbakar dan lambat laun akan hilang. Tubuh kita pun akan kembali menjadi ideal.

     Oleh karena bisa membakar kalori dalam tubuh, maka bersepeda juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes. Penyakit diabetes disebabkan karena tingginya kadar gula dalam darah. Kadar gula dalam darah bisa tinggi karena gula (glukosa) yang kita konsumsi setiap hari dalam tubuh kita berubah menjadi kalori dan tidak mampu kita ubah menjadi energi. Timbunan kalori tersebut akan memicu meningkatnya kadar gula dalam darah. Adapun penyakit diabetes sendiri bisa menjadi penyebab munculnya penyakit-penyakit lainnya, seperti jantung, stroke, kulit, mata, ginjal, dan penyakit lainnya.

     Manfaat bersepeda lainnya adalah mengurangi stres. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa bersepeda merupakan kegiatan olahraga yang menyenangkan. Bersepeda memberikan hiburan tersendiri bagi kita. Pada waktu pagi dan sore hari untuk bersepeda sambil melihat lihat indahnya pemandangan dan suasana sekitar cukup efektif untuk mengurangi stres.

AYO BERLATIH

Baca dan pahami teks tentang bersepeda, kemudian ceritakan kembali isi teks tersebut kepada teman sebelahmu sesuai dengan bahasa dan pemahamanmu sendiri tanpa melihat buku.

Lakukan secara bergantian dengan temanmu
Pada saat temanmu bercerita, tuliskan ide pokok cerita temanmu tersebut.

Ide Pokok tiap Paragraf pada teks bacaan "bersepeda" adalah sebagai berikut :

Paragraf 1 : Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan
Paragraf 2 : Bersepeda dapat mengencangkan otot-otot tubuh
Paragraf 3 : Jika bersepeda secara rutin, kesehatan jantung kita akan tetap terjaga
Paragraf 4 : Salah satu pilihan yang bijak untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh adalah dengan bersepeda 
Paragraf 5 : Bersepeda juga merupakan olahraga yang dapat membakar kalori dalam tubuh.
Paragraf 6 : Bersepeda juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes
Paragraf 7 : Manfaat bersepeda lainnya adalah mengurangi stres.


AYO MENULIS

Kamu sudah bisa menentukan ide pokok dari sebuah bacaan, sekarang kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf.

Pertama
Bersepeda adalah kegiatan kesukaanku. Aku menyukainya karena dengan bersepeda aku bisa pergi kemanapun aku suka. Sepeda bisa dikatakan sebagai alat transportasi darat yang murah, praktis, dan mudah dikendarai. Aku juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk bisa bersepeda dengan riang dan gembira.

Kedua
Aku bersepeda pada sore hari. Aku dan teman-temanku rutin bersepeda di sore hari. Karena sore hari terik matahari sudah tidak terlalu panas. Sehingga akan sangat bagus sebagai menjadi pilihan waktu untuk melakukan olahraga seperti bersepeda.

Ketiga
Aku bersepeda berkeliling desa. Perjalanan yang kulalui dengan bersepeda berkeliling desa membuatku dapat mengenal banyak orang dan teman-teman baru. Selain itu, aku juga bisa menikmati keindahan desaku dengan bersepeda di sore hari.

Keempat
Aku bersepeda bersama teman-temanku. Beni, Lani dan aku selalu bersepeda bersama. Waktu itu kami bersepeda menuju lapangan, disana kami bertemu dengan teman-teman yang lain. Ada yang melakukan balap sepeda dan ada juga yang melakukan atraksi dengan sepedanya.

Kelima
Banyak sekali manfaat bersepeda yang kurasakan. Diantara manfaat yang kurasakan adalah tubuhku terasa sehat dan bugar. Hal itu karena dengan bersepeda maka otot-otot bagian kaki dan paha akan semakin kuat. Bersepeda secara rutin juga akan mengencangkan otot-otot bagian belakang, pinggul, dan lengan.

AYO RENUNGKAN

Melakukan aktivitas atau kegiatan fisik/bergerak dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat badan kita lebih sehat. Mengapa demikian ? Adakah kaitannya dengan organ gerak manusia ?

Pembahasan : Berkegiatan atau beraktivitas dalam keseharian akan membuat badan kita lebih sehat karena dengan bergerak yang teratur, maka sistem gerak kita akan berfungsi sepenuhnya. Nah, jika di tanya bahwa adalah kaitannya dengan organ gerak manusia ? Yah jelas ada, karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa setiap gerak aktivitas manusia dapat terjadi karena andil dari organ gerak yang melaksanakan fungsinya sesuai perintah dari otak kita. Jadi, dengan demikian telah kita ketahui bersama bahwa memang jika ingin mendapatkan tubuh yang sehat maka hendaknya kita melakukan aktifitas fisik/bergerak dengan teratur.

Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 Sub Tema 2 Pembelajaran 1"