Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 Sub Tema 1 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tematik Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Sub Tema 1 Organ Gerak Hewan Pembelajaran 1

apologiku - Berikut ini sajian kunci jawaban dan pembahasan dari buku siswa tematik kelas 5 tema 1 organ gerak hewan dan manusia subtema 1 organ gerak hewan. Fokus pembahasan  materi pada pembelajaran 1.

AYO MEMBACA

Organ Gerak Manusia dan Hewan
     Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Secara umum, gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya.
     Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.
     Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.
     Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya. Tanpa adanya alat gerak aktif yang memengaruhi tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya. Walaupun merupakan alat gerak pasif, akan tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak manusia dan hewan.
     Otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki suatu senyawa kimia yang membuatnhya dapat bergerak. Pada saat otot yang menempel pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak.

AYO BERLATIH


     Teks berjudul “Organ Gerak Manusia dan Hewan” terdiri atas lima paragraf. Masing-masing paragraf tersusun dari ide atau gagasan pokok ditambah dengan kalimat-kalimat pengembang.
     Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Ide pokok disajikan ke dalam bentuk kalimat utama. Kalimat utama yang memuat ide pokok ini bisa berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di akhir paragraf.

Ide pokok paragraf 1
Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak.
Kalimat pengembang 
Secara umum gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh makhluk hidup.

Ide pokok paragraf 2
Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak
Kalimat pengembang 
Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.

Ide pokok paragraf 3
Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan.
Kalimat pengembang
Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan

Ide pokok paragraf 4
Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya
Kalimat pengembang
Tanpa adanya alat gerak aktif yang memengaruhi tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya.

Ide pokok paragraf 5
Otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki suatu senyawa kimia yang membuatnhya dapat bergerak.
Kalimat pengembang
Pada saat otot yang menempel pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak.

AYO MENULIS

Kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf!

"Organ gerak terdiri atas dua macam". Organ gerak hewan dan manusia terdiri dari organ gerak aktif dan organ gerak pasif. Organ gerak aktif berupa otot sedangkan organ gerak pasif berupa tulang.

"Organ gerak banyak sekali fungsinya". Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.

"Tanpa organ gerak, manusia tidak dapat bergerak". 

AYO BERDISKUSI

Kamu sudah berhasil menentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan “Organ Gerak Manusia dan Hewan” di atas. Sekarang, coba diskusikan dengan temanmu tentang Ide Pokok suatu bacaan.

Bahan Diskusi
1. Pengertian Ide Pokok Bacaan
2. Fungsi Ide Pokok Bacaan
3. Cara Menentukan Ide Pokok Bacaan

Hasil Diskusi
1. Ide pokok bacaan adalah kalimat utama yang menjadi pokok pembahasan
2. Ide pokok bacaan berfungsi untuk memahami inti pembahasan dalam suatu bacaan
3. Ide pokok bacaan dapat ditemukan pada awal ataupun akhir bacaan dengan melihat kalimat pengembang dari pokok pembahasan

AYO RENUNGKAN

Untuk mengetahui seberapa jauh pemahamanmu tentang ide pokok suatu bacaan, carilah satu bacaan kemudian tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf. Tunjukkan hasilnya kepada teman, orang tua, atau gurumu untuk dievaluasi/dinilai. Tuliskan hasil evaluasinya/penilaiannya pada kolom berikut.
     Cacing bergerak menggunakan otot perut. Otot perut cacing ini, berfungsi untuk melakukan kontraksi dan relaksasi sehingga dapat menghasilkan gerakan mengkerut dan memanjang sehingga cacing dapat bergerak berpindah tempat. 
     Setiap cacing bergerak maka ia akan meninggalkan bekas lendir. Lendir dikeluarkan cacing karena ia tidak memiliki kaki. Lendir ini dapat membantu cacing melicinkan permukaan tanah sehingga lendir dapat membantu cacing untuk berjalan.
Ide pokok paragraf I di atas adalah, "Cacing bergerak menggunakan otot perut".
Ide pokok paragraf II di atas adalah, "Cacing bergerak meninggalkan bekas lendir".

Demikianlah kunci jawaban buku tematik Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1. Kunjungi juga halaman lainnya untuk pembelajaran yang berkelanjutan.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 Sub Tema 1 Pembelajaran 1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel