Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tujuan Pendidikan Nasional Yang Wajib Diketahui

apologiku - Sebelum membahas lebih jauh tentang tujuan pendidikan nasional, maka tidak ada salahnya anda mengenal, mengetahui dan memahami pengertian pendidikan itu sendiri. Pendidikan adalah bagian yang paling pendting dalam sejarah peradaban manusia dari masa ke-masa. Dengan adanya pendidikan, peradaban manusia kian berkembang karena melalui pendidikan maka ilmu pengetahuan terus berkembang.
Instagram @w.ferry.ay
Pepatah kuno mengatakan, "Raih lah mimpimu dengan memantaskan dirimu, belajarlah dengan giat agar kesuksesanmu tercapai." Setiap orang tentu setuju jika dikatakan bahwa pendidikan sangatlah penting. Betapa tidak, dengan pendidikan seseorang mampu mencapai tingkat kesuksesan yang ia dambakan. 

Kala ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan sudah sangat besar. Hal tersebut ditandai dengan maraknya orang tua yang mempersiapkan anaknya menempuh pendidikan anak usia dini, dimana mereka yang berumur 4-5 tahun berkumpul pada jenjang ini.

Kesadaran orang tua akan pendidikan anak-anak haruslah di topang dengan pengetahuan akan apa sebenarnya tujuan pendidikan. Bukan hanya orang tua, guru pun harus paham betul mengenai tujuan pendidikan agar tidak salah langkah dalam menerapkan metode dalam pengajarannya.

Berikut ini, beberapa tujuan pendidikan menurut para ahli yang sebaiknya diketahui :

1. Ki Hadjar Dewantara
Tujuan pendidikan adalah untuk mendidik anak agar menjadi manusia yang sempurna hidupnya, yaitu kehidupan dan penghidupan manusia yang selaras dengan alamnya (kodratnya) dan masyarakatnya.

2. UNESCO
Belajar untuk mengetahui sesuatu, belajar untuk melakukan sesuatu, belajar untuk menjadi sesuatu, dan belajar untuk hidup bersama-sama. Ini adalah empat pilar pendidikan yang menggabungkan tujuan SQ, EQ, dan IQ.

3. Jhon Dewey
Tujuan pendidikan adalah membentuk anak menjadi anggota masyarakat yang baik, yaitu anggota masyarakat yang mempunyai kecakapan praktis dan dapat memecahkan problem sosial sehari-hari dengan baik. 

4. Umar Tirtarahardja dan La Sulo
Tujuan pendidikan bersifat abstrak karena memuat nilai-nilai yang sifatnya abstrak. Tujuan demikian bersifat umum, ideal dan kandungannya sangat luas sehingga sangat sulit untuk dilaksanakan di dalam praktek. Sedangkan pendidikan harus berupa tindakan yang ditujukan kepada peserta didik dalam kondisi tertentu, tempat tertentu dan waktu tertentu dengan menggunakan alat tertentu. Pelaksanaannya hanya mungkin apabila tujuan yang ingin dicapai itu dibuat jelas (eksplisit), konkrit, dan lingkup kandungannya terbatas. Dengan kata lain tujuan umum perlu dirinci sehingga menjadi tujuan yang lebih khusus dan terbatas agar mudah direalisasikan di dalam praktek.

5. Friedrich Frobel
Tujuan pendidikan adalah untuk membentuk anak menjadi makhluk aktif dan kreatif.

6. Suardi
Tujuan pendidikan adalah sebuah hasil refleksi yang dicapai setelah proses pemberian pendidikan kepada peserta didik telah selesai. Untuk mencapai tujuan itulah proses belajar dan mengajar baik dalam hal memberikan stimulus ilmu dari guru kepada peserta didik, mengerjakan beberapa latihan soal, maupun berbagai macam aktivitas di dalamnya harus dilakukan agar peserta didik mampu menuju ke arah tujuan pendidikan secara total.

7. H. Alamsyah Ratuprawira Negara
Tujuan pendidikan nasional diarahkan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan dibarengi dengan meningkatkan kecerdasan, keterampilan, keahlian dan berbagai aspek efektif : mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan.

Selain dari tujuan pendidikan yang telah dikemukakan oleh para ahli di atas, Indonesia memiliki tujuan pendidikan yang telah di atur dalam Undang Undang No. 20 Tahun 2003 yang kemudian dikenal sebagai Tujuan Pendidikan Nasional.
Undang-Undang No.20 Tahun 2003 menyebutkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuan pendidikan nasional juga untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. 
Tujuan Pendidikan Nasional yang telah di atur oleh undang undang adalah hal yang tentunya menjadi prioritas dan acuan para guru di Indonesia. Dalam pencapain tujuan pendidikan nasional sebaiknya tidak mengesampingkan tujuan pendidikan lainnya seperti yang dikemukakan oleh banyak tokoh pendidikan baik dalam maupun luar negeri.

Demikian karena dalam mencapai satu tujuan haruslah dimiliki banyak referensi untuk dapat mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan taraf pendidikan nasional. Termasuk dengan mentransfer ilmu pengetahuan dengan menggunakan beragam metode demi mewujudkan tercapainya Tujuan Pendidikan Nasional.

Post a Comment for "Tujuan Pendidikan Nasional Yang Wajib Diketahui"