Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Fungsi dan Manfaat NUPTK Yang Wajib Kamu Ketahui

apologiku - Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau yang lebih populer disebut NUPTK adalah merupakan suatu keniscayaan yang hendaknya dimiliki oleh seorang guru dan tenaga kependidikan baik PNS ataupun Non PNS. Bukan tanpa alasan, ternyata NUPTK memiliki fungsi dan manfaat yang jarang diketahui oleh seorang guru.

Sebelum membahas mengenai fungsi dan manfaat NUPTK, maka ada baiknya bagi sobat pembelajar yang belum meiliki NUPTK agar segera melakukan Pengajuan NUPTK. Setelah melakukan pengajuan tersebut kemudian menunggu verifikasi lembaga terkait agar NUPTK sobat di terbitkan. nah jika NUPTK sobat sudah terbit, sobat pembelajar wajib tahu nih apa sih fungsi dan manfaat memiliki NUPTK. Simak jawabannya berikut ini :
Setiap pendidik dan tenaga kependidikan wajib tahu bahwa fungsi NUPTK adalah agar dapat menjadi acuan pemerintah sebagai instrumen pendataan yang bersifat nasional untuk memudahkan program peningkatan mutu dan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan.

Fungsi NUPTK tersebut di atas adalah merupakan tindak lanjut amanat UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Ditjen PMPTK memandang perlu menyiapkan data PTK yang benar, akurat, dan mutakhir sebagai bahan yang dapat digunakan untuk dasar analisis dan sumber data sembilan program jangka panjang Ditjen PMPTK sebagai berikut:
  1. Program peningkatan kualifikasi guru.
  2. Program sertifikasi profesi guru.
  3. Program pengembangan mutu PTK-PNF.
  4. Program tunjangan guru (fungsional, profesi, khusus, dan maslahat tambahan).
  5. Program penghargaan dan perlindungan PTK.
  6. Program perencanaan kebutuhan, keseimbangan, penempatan, dan pengembangan karier PTK.
  7. Program peningkatan profesionalitas guru berkelanjutan.
  8. Program pembinaan tenaga kependidikan.
  9. Program penguatan kinerja Peningkatan Mutu GTK.

Selain fungsi yang telah dikemukakan sebelumnya, ada berbagai macam manfaat yang didapatkan oleh para pemegang NUPTK ini. Manfaat yang diperoleh oleh pemegang NUPTK ini berupa peningkatan mutu dan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan. Adapun manfaat NUPTK adalah sebagai berikut :
  1. Mengikuti program sertifikasi ; program sertifikasi yang kini dikenal sebagai Program Profesi Guru (PPG) ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan dalam menjalankan tugas fungsionalnya.
  2. Mendapatkan tunjangan fungsional ; tunjangan ini sangat bermanfaat untuk kesejahteraan hidup utamanya untuk PTK yang berstatus NON PNS. 
  3. Mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) ; dengan memiliki NUPTK maka seorang PTK berhak mengikuti UKG sebagai media penyaringan kompetensi guru untuk kemudian dilakukan peningkatan mutu.
  4. Memperoleh beasiswa pendidikan ; beasiswa pendidikan mini diberikan kepada para pemegang NUPTK yang dianggap kompeten dan berprestasi.

Demikianlah pemaparan fungsi dan manfaat NUPTK yang jarang diketahui oleh para pendidik dan tenaga kependidikan. Semoga bermanfaat untuk sobat pembelajar sekalian.

5 comments for "Inilah Fungsi dan Manfaat NUPTK Yang Wajib Kamu Ketahui"

  1. siagan kayaknya seorang guru ya? mantul gan, selain dapat income dari adsense juga bisa mengabdi di negara, thanks shering nya.

    saya 10 tahun mengabdi namun belom dapat NUPTK, susah dan sulit tuk dapat NUPTK saja....

    salam MediaWeb4U

    ReplyDelete
  2. Puji Tuhan punya saya NUPTK nya... Terima kasi imformasinya. ... Sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  3. Kami tenaga pendidikan non pns sdh mempunyai NUPTK sdh lama tp blm pernah menerima Mendapatkan tunjangan fungsional ;

    ReplyDelete
  4. apa manfaatnya bagi tenaga tatausaha...

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah,,, saya baru 4 bulan mangabdi sudah ada NUPTK

    ReplyDelete