Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keuntungan Mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Era Milenial

Keuntungan Mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Untuk Karir Anda Sebagai Pendidik.

apologiku - Dewasa ini pendidikan profesi guru atau yang sering dkenal dengan istilah PPG menjadi topik yang banyak diperbincangkan oleh para guru di Indonesia. Meski begitu, nyatanya masih banyak juga guru yang belum mengetahui apa saja yang dapat diperoleh setelah mengikuti diklat tersebut.
Nah berikut ini, ulasan singkat mengenai keuntungan atau manfaat yang dapat diperoleh setelah mengikuti PPG (Program Profesi Guru).

1. Memperoleh Ilmu Seputar Pedagogik

Namanya diklat tentu yang paling utama yang dapat diperoleh adalah ilmu yang bermanfaat. Pada program PPG ini, menitikberatkan bagaimana cara meningkatkan profesionalisme guru dalam mendidik siswa. Demikian itulah yang dimaksudkan dalam pedagogik learning.

2. Meningkatkan 60% peluang untuk terangkat menjadi PNS/ASN

Berdasarkan Permen PAN-RB tahun 2018 dijelaskan bahwa :
" Pendaftar formasi umum jabatan Guru yang memiliki sertifikat pendidik yang dikeluarkan Kementrian pendidikan dan kebudayaan, tidak diperlukan mengikuti seleksi kompetensi Bidang" .Dengan artian lain peserta CPNS yang lolos SKD dan mempunyai setifikat pendidik yang diperoleh dari PPG mendapat point penuh untuk seleksi Kompetensi Bidang tanpa harus tes SKB.

Karena hitungan Point Tes CPNS 40 % SKD dan 60% SKb berabrti anda yang sudah mengikuti PPG sudah mengantongi 60% peluang untuk lulus dan menjadi PNS.

3. Mendapat Ilmu dan Gelar Tambahan

Pendidikan Profesi Guru bagi anda yang mengikutinya tentu akan di bekali dengan skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang tenaga pendidik yang handal. Pendidik akan difokuskan pada materi bagaimana mengefektifkan pembelajaran melalui bimbingan praktek lapangan selama 6 bulan.

Anda akan dibimbing oleh tenaga ahli yang sudah professional dibidangnya tentang metoted, pendekatan, model pembelajran, teknik sampai ke pada tahap dasar sebagai pendidik yaitu bagaimana menyusun RPP yang baik dan benar.

Selain itu bagi and ayang telah menyelesaikan studi PPG ini, nantinya akan memperoleh gelar tambahan yaitu gelar Gr.

4. Mempermudah Urusan Sertifikasi

Lebih jauh dalam jalan karir seorang pendidik adalah tunjangan khusus berupa sertifikasi. Sertifikasi atau sering dikonotasikan sebagai doubel gaji merupakan salah satu bentuk apresiasi pemerintah kepada para guru.

Salah satu syarat bagi para pendidik baik itu PNS ataupun Honorer adalah mempunyai sertifikat pendidik. Dimana sertifikat pendidikan hanya dapat diperoleh setelah mengikuti PPG (pendidikan profesi keguruan). Jadi mau tidak mau seroang pendidik pasti mengikuti PPG.

5. Peluang lapangan Kerja lebih Banyak

Skill dan pembuktian de jure melalui gelar Gr yang anda terimah sebagai bukti telah menyelesaikan Studi Profesi Guru (PPG) dapat meningkatkan prospek peluang kerja untuk anda yang belum yang Non-PNS.

Misalnya dengan setifikat pendidik yang anda pegang dapat digunakan untuk mendaftar Sebagai GGD dan SILD. GGD adalah singkatan untuk guru garis depan yaitu pendidik yang ditempatkan di daerah 3T. Sementara itu SILD adalah singkatan dari Sekolah Indonesia di Luar Negeri, anda bisa mengabdikan diri anda untuk mengajar di luar negeri. ....

Demikianlah Keuntungan yang dapat diperoleh setelah mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG). Bagi sobat pembelajar yang belum tahu, PPG ini juga dapat menjadi batu loncatan untuk menjadi guru yang berkarakter dan lebih profesional lagi.

Bagi sobat pembelajar yang ingin mengikuti PPG ini, maka juga harus memiliki NUPTK. sedangkan NUPTK sendiri memiliki jalur kepengerusun sendiri. Semangat berjuang yah sobat pembelajar untuk dapat meningkatkan karir kamu sebagai pendidik.

Post a Comment for "Keuntungan Mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Era Milenial"