Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Kurikulum 2013 Terbaru Edisi Revisi 2019


apologiku - RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) adalah merupakan perangkat administrasi pegangan guru yang menjadi acuan dalam proses mengajar dalam kelas. RPP sengaja dibuat untuk memudahkan dalam proses pembelajaran agar sesuai dengan SK (Standar Kompetensi) dan KD (Kompetensi Dasar) Serta Tujuan Pembelajaran yang ingin dicapai pada hari tersebut.

RPP setiap kurikulum sejatinya sama saja, namun dalam susunannya ada beberapa yang berbeda. Pada kesempatan kali ini apologiku.blogspot.com akan membahas mengenai sistematika RPP Kurikulum 2013 sesuai dengan yang dipakai di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia sebagai bentuk penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya, yakni KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan).

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 20 dinyatakan bahwa “Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar ”.  Menurut Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007, komponen RPP adalah: Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan sumber belajar.

Prinsip Penyusunan RPP Kurikulum 2013~Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.

Tujuan dan Fungsi RPP

Tujuan RPP adalah untuk :
1. Mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar;
2. Dengan menyusun rencana pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan menilai perkembangan dan kemajuan siswa melalui konsep melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.

Fungsi RPP adalah sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar (kegiatan pembelajaran) agar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien. Dengan kata lain rencana pelaksanaan pembelajaran berperan sebagai skenario proses pembelajaran. Oleh karena itu, rencana pelaksanaan pembelajaran hendaknya bersifat luwes ( fleksibel ) dan memberi kemungkinan bagi guru untuk menyesuaikan dengan respon siswa dalam proses pembelajaran yang sesungguhnya.

Yang perlu diperhatikan dari RPP Kurikulum 2013 ini adalah mengenai pendekatan pembelajaran yang hendak dikembangkan harus menggambarkan sebuah proses pembelajaran yang lebih mengedepankan peran aktif siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan dan keterampilannya. Sementara guru lebih banyak menampilkan perannya sebagai pembimbing dan fasilitator belajar siswa. Sebelum menyusun RPP, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu :

  1. RPP dibuat harus mengacu pada silabus pembelajaran sebagai upaya mencapai kompetensi dasar.
  2. Dalam pembuatan RPP setiap guru harus membuatnya secara lengkap dan sistematis. 
  3. Penyusunan RPP merupakan penjabaran langkah pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam satu pertemuan atau lebih.
  4. RPP di buat oleh guru dengan memperhatikan penyesuaian jadwal pelajaran dalam satuan pendidikan.
Komponen RPP Kurikulum 2013 (K13)

Dalam penyusunan RPP K13 ada beberapa komponen yang haru ada yakni :

  1. Identitas satuan pendidikan yaitu nama sekolah
  2. Kelas yang diampu
  3. Tema dan sub tema yang dibuatkan RPP
  4. Fokus mata pelajaran yaitu mata pelajaran apa saja yang tercakup dalam tema tersebut
  5. Alokasi waktu sesuai dengan keperluan untuk pencapaian kompetensi dasar
  6. Kompetensi inti permata pelajaran
  7. Kompetensi dasar permata pelajaran
  8. Tujuan pembelajaran
  9. Media dan alat pembelajaran
  10. Metode, model dan pendekatan pembelajaran
  11. Sumber belajar, baik berupa buku maupun internet
  12. Langkah - langkah kegiatan pembelajaran
  13. Penilaian hasil belajar
  14. Tanda tangan guru kelas dan diketahui oleh kepala sekolah
Unsur - Unsur Penyusunan RPP

Berikut ini beberapa unsur atau hal penting yang perlu diperhatikan dalam penyususnan rencana pelaksanaan pembelajaran, antara lain :
  1. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik.
  2. Mendorong partisipasi aktif peserta didik.
  3. Mengembangkan budaya membaca dan menulis
  4. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
  5. Keterkaitan dan keterpaduan
  6. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
  7. Mengacu pada kompetensi dan kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa, serta materi dan submateri pembelajaran, pengalaman belajar yang telah dikembangkan didalam silabus;
  8. Menggunakan berbagai pendekatan yang sesuai dengan materi yang memberikan kecakapan hidup (life skill) sesuai dengan permasalahan dan lingkungan sehari-hari;
  9. Menggunakan metode dan media yang sesuai, yang mendekatkan siswa dengan pengalaman langsung;
  10. Penilaian dengan system pengujian menyeluruh dan berkelanjutan didasarkan pada system pengujian yang dikembangkan selaras dengan pengembangan silabus.
Lihat Juga : Contoh Penulisan RPP

Dalam RPP K13 ini, istilah standar kompetensi tidak lagi dikenal, namun muncul istilah baru yaitu Kompetensi Inti. Kompetensi inti adalah gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan kedalam aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan (afektif, kognitif dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran.

Dalam penyusunan RPP yang terpenting adalah langkah - langkah pembelajaran karena inti dari RPP ada pada langkah-langkah kegiatan belajar yang meliputi 3 tahapan yakni :

  1. Kegiatan Pendahuluan. Kegiatan ini merupakan kegiatan awal dimana guru memberikan motivasi dan gambaran umum mengenai pelajaran yang akan diajarkan. Pada kegiatan ini pula bisa digunakan untuk melakukan pengelompokan siswa dalam belajar dan menjelaskan langkah-langkah kegiatan belajar yang akan berlangsung.
  2. Kegiatan Inti. Kegitan ini merupakan proses pembelajaran yang bertujuan mencapai kompetensi yang sudah dicanangkan. Kegiatan ini dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan dan menantang peserta didik untuk dapat mengembangkan potensinya. Dalam kegiatan ini juga pelajaran disajikan dengan proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi yang dilakukan melalui proses belajar mengajar.
  3. Kegiatan Penutup. Kegiatan ini merupakan akhir dari pertemuan pembelajaran. melalui kegiatan ini, guru menyimpulkan pelajaran dan kemudian memberikan penugasan seperti PR (Pekerjaan Rumah) atau arahan-arahan yang bersifat memotivasi siswa untuk lebih giat belajar dimasa-masa yang akan datang.
Demikian penjelasan mengenai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 (K13). Untuk lebih jelasnya silahkan baca juga : Contoh Penulisan RPP 

Post a Comment for "RPP Kurikulum 2013 Terbaru Edisi Revisi 2019"