Cegah Stunting Untuk Menyelamatkan Pendidikan


apologiku  - Tahukah kamu apa itu stunting ? Stunting (pengerdilan) adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi penting dalam tubuh seperti lemak, karbohidrat dan protein. Dampak dari stunting ini adalah terjadinya hambatan dalam pertumbuhan tubuh pada bayi atau anak-anak yang mengakibatkannya gagal mendapatkan tinggi ideal pada usianya.

Stunting merupakan masalah kesehatan serius yang sampai sekarang masih terus disiasati agar anak-anak dapat terbebas dari stunting. Hal tersebut karena anak-anak penderita stuntung, akan berdampak pada kehidupan pendidikan anak tersebut. Olehnya itu, stunting ini bukan hanya merupakan problem dunia kesehatan yang harus diselesaikan oleh para tenaga medis namun merupakan tugas para orang tua dan guru disekolah untuk senantiasa memperhatikan asupan nutrisi setiap anak.

Anak stunting  merupakan indikasi kurangnya asupan gizi baik secara kuantitas dan kualitas, yang tidak terpenuhi sejak bayi, bahkan sejak dalam kandungan. Kondisi ini menyebabkan anak memiliki tinggi badan cenderung pendek pada usianya. Adapun beberapa hal-hal penyebab stunting yaitu:
  1. Kurangnya pengetahuan ibu akan kesehatan dan gizi sebelum dan pada masa kehamilan
  2. Pola makan dan ketersediaan pangan menjadi faktor penyebab gizi buruk di Indonesia
  3. Pola asuh yang tidak sesuai yang menyebabkan kurangnya asupan gizi
  4. Pola hidup yang tidak bersih sehingga menyebabkan terjadinya infeksi bakteri atau kuman.
Stunting selain menghambat pertumbuhan tubuh, juga menghambat perkembangan otak dan fisik sehingga rentan akan penyakit. Stunting merupakan persoalan serius yang harus diatasi sedini mungkin karena dalam jangka panjang jika stunting ini terus berkelanjutan, maka akan mempengaruhi kecerdasan intelektual yang tentunya akan berdampak pada kehidupan pendidikan anak dimasa mendatang. Selain itu, fenomena di sekolah, tidak bisa dinafikkan bahwa anak yang menderita stunting kerap menjadi objek buly dalam pergaulannya, sehingga akan menurunkan rasa percaya dirinya.

Stunting kini bukan hanya menjadi masalah kesehatan, namun juga masalah bagi dunia pendidikan. Stunting bisa diatasi melalui dunia pendidikan. Utamanya dengan membantu para ibu-ibu untuk memahami dan mengerti betul persoalan stunting ini. Tingkat pendidikan seorang ibu sangat berpengaruh agar stunting bisa teratasi, karena semakin tinggi tingkat pendidikan seorang ibu, tentu akan semakin jeli dalam memperhatikan asupan gizi anak-anaknya. berikut ini solusi yang dapat dilakukan bagi masyarakat untuk mencegah stunting :
  1. Calon ibu saat mengandung janin dan saat menyusui harus berupaya menjaga asupan gizi hariannya dan rutin memeriksa diri dan janinnya ke petugas kesehatan
  2. Pengawasan terhadap asupan makanan anak
  3. Mengajarkan anak untuk senantiasa mencuci tangan sebelum dan sesudah makan
  4. Mengajarkan anak gaya hidup bersih dan sehat.
  5. Konsultasi bersama petugas kesehatan tentang kebutuhan gizi anak.
Mari bersama memerangi stunting dengan lebih memperhatikan pola hidup bersih dan sehat, serta mengkonsumsi makanan bergizi agar anak-anak generasi penerus bangsa terhindar dari stunting.

0 Response to "Cegah Stunting Untuk Menyelamatkan Pendidikan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel