Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Media Pembelajaran Untuk Menerapkan Game Based Learning di Kelas

apologiku.com - Media game interaktif atau yang lebih dikenal dengan game based learning dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan minat peserta didik dalam pembelajaran di kelas. Berikut adalah beberapa contoh media game interaktif yang dapat digunakan dalam pembelajaran:

Aplikasi Game Based Learning Yang Harus di Coba Oleh Guru 

Wordwall.net

Wordwall adalah aplikasi berbasis website ini dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran seperti kuis, menjodohkan, memasangkan pasangan, anagram, acak kata, pencarian kata, mengelompokkan, dlsb. Menariknya lagi, selain pengguna dapat menyediakan akses media yang telah dibuatnya melalui daring, juga dapat diunduh dan dicetak pada kertas. Aplikasi ini menyediakan 18 template yang dapat diakses secara gratis serta pengguna dapat berganti template aktivitas satu ke aktivitas lainnya dengan mudah. Guru juga dapat menjadikan konten buatannya sebagai tugas.

Kahoot! 

Kahoot! adalah platform game interaktif yang dapat digunakan untuk menguji pemahaman peserta didik tentang konsep atau materi pembelajaran. Peserta didik dapat berpartisipasi dalam game menggunakan perangkat mobile mereka dan mendapatkan skor yang langsung ditampilkan di layar.

Quizlet

Quizlet adalah platform game interaktif yang dapat digunakan untuk menguji pemahaman peserta didik tentang kosa kata dan konsep penting dalam pembelajaran. Dalam game ini, peserta didik bermain dengan mencocokkan kata-kata dengan definisi atau gambar yang sesuai.

Minecraft

Minecraft adalah game simulasi dunia virtual yang dapat digunakan untuk mengajarkan konsep sains, matematika, dan teknologi. Peserta didik dapat membangun struktur, eksplorasi dunia virtual, dan belajar tentang sains dan matematika melalui pengalaman simulasi.

Scratch

Scratch adalah platform game interaktif yang dapat digunakan untuk mengajarkan konsep pemrograman dan teknologi. Peserta didik dapat membuat game dan animasi sederhana dengan menggunakan blok kode yang disediakan oleh Scratch.

Prodigy

Prodigy adalah platform game matematika yang dapat digunakan untuk membantu peserta didik belajar matematika dengan cara yang menyenangkan. Peserta didik dapat bermain game matematika dan melawan teman-teman mereka dalam tantangan matematika.

Gametize

Gametize adalah platform pembelajaran berbasis game kelas perusahaan dan solusi LMS yang memungkinkan organisasi untuk meningkatkan pengalaman pelatihan karyawan mereka, baik melalui program orientasi atau peningkatan keterampilan. Dengan alat ini, Anda dapat dengan mudah merancang konten gamified Anda sendiri dengan memilih dari perpustakaan besar template game, yang dibagi ke dalam kategori proyek seperti keterlibatan karyawan, pembelajaran dan pengembangan, akuisisi bakat, dan banyak lagi. Anda juga dapat meningkatkan tingkat keterlibatan dan penyelesaian pelatihan menggunakan kartu flash, kuis, dan tantangan interaktif. Mirip dengan perangkat lunak gamification lainnya, Gametize menggunakan papan peringkat, lencana, dan hadiah untuk mendorong motivasi dan mendorong persaingan yang sehat dalam tim. Keuntungan lain dari alat ini termasuk pelacakan dan analisis hasil, moderasi pemain, dan kolaborasi tim.

Dalam memilih media game interaktif untuk pembelajaran di kelas, guru perlu memperhatikan kesesuaian dengan materi pembelajaran dan karakteristik peserta didik. Selain itu, guru juga perlu memastikan bahwa penggunaan media game interaktif tidak mengganggu proses pembelajaran dan tetap fokus pada tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Post a Comment for "Media Pembelajaran Untuk Menerapkan Game Based Learning di Kelas "