Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilihan Cerdas Media Pembelajaran Interaktif Untuk Mengajarkan Tata Surya

apologiku.com - Mengajarkan materi Tata Surya adalah salah satu meteri pembelajaran yang menarik karena dapat membuat kita sebagai pembelajr menghayalkan bentuk dari berbagai benda langit yang ada di jagad raya ini. Sehingga apologiku menganggap penting untuk memberikan info mengenai media pembelajaran yang dapat sobat apologiku gunakan untuk mengajarkan materi tata surya ini.
Materi Tata Surya


Pembelajaran Sistem Tata Surya Melalui NASA

Tentunya, sobat apologiku sudah tidak asing dengan NASA. Yah NASA adalah singkatan dari National Aeronautics and Space Administration yang merupakan organisasi atau Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat. NASA memiliki sebuah situs yang dapat kita gunakan sebagai media pembelajaran interaktif yang dapat membantu guru dalam menjelaskan bagaimana itu sistem tata surya, bagaimana bentuk bumi, matahari, bulan, planet dan berbagai benda langit yang ada di angkasa raya ini. Adapun situs pembelajarannya adalah solarsystem.nasa.gov

Solar Sistem Of NASA

Seperti nama websitenya, solar system atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Tata Surya. Di dalam website tersebut kita dapat melihat tampilan angkasa sebagai berikut
Media Pembelajaran Solarsystem

Gambar di atas menunjukkan gambaran tata surya secara keseluruhan. Namun untuk lebih detail, maka kita dapat melihatnya hanya dengan memilih matahari, planet, bulan atau benda langit apapun yang ingin kita amati. Dengan pilihan kita, dapat ditemukan penjelasan mengenai struktur benda langit yang kita amati. 

Hal ini sangat bagus digunakan dalam pembelajaran pada peserta didik, agar mereka dapat melihat lebih dekat bagaimana tata surya yang sebenarnya. Serta melihat bentuk-bentuk benda langit yang ada.

Sebagai contoh berikut ini apologiku tampilkan bagaimana bentuk dan struktur serta penjelasan tentang matahari.
Struktur Matahari
Gambar di atas adalah gambar matahari secara keseluruhan.

Website NASA ini dapat menampilkan gambaran Tata Surya secara lebih menarik. Disini kita juga dapat melihat lebih detail struktur, formasi dan bentuk benda-benda langit yang ada di alam semesta. Website ini sangat cocok digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar dan pengetahuan peserta didik.

Untuk insan pendidik tentu ini menjadi pilihan cerdas untuk lebih meningkatkan kreatifitas guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis teknologi di kelas. Sedangkan untuk peserta didik sendiri tentu akan merasakan kepuasan tersendiri dengan tampilan yang ditayangkan melalui Layar presentasi guru.

Demikian info yang mungkin dapat sobat apologiku terapkan pada keseharian beraktivitas dengan peserta didik.




 


Post a Comment for "Pilihan Cerdas Media Pembelajaran Interaktif Untuk Mengajarkan Tata Surya"