google-site-verification=gfATDse62JAhcF5Mf93Vb4QKJgJO_Q1MtOQMoS7768Y LK 2 Lembar Kerja Refleksi Modul TIK / Jurnal Harian - Contoh RPP SD dan Soal SD
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

LK 2 Lembar Kerja Refleksi Modul TIK / Jurnal Harian

LK 2- Lembar Kerja Refleksi Modul Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) / Jurnal Harian

apologiku.com - Sobat pembelajar kali ini update format atau contoh tagihan tugas LMS PPG 2.a.1.8. Refleksi/Jurnal Modul 6 untuk LK2 Pendalaman materi. Berikut contoh cara pengisiannya:


Judul ModulPembelajaran di SD Berbasis TIK
Judul Kegiatan Belajar (KB)1.    Bahan Ajar Pokok, Remedial, dan Pengayaan Pembelajaran Tematik berbasis TIK
 2.    Media Pembelajaran Tematik berbasis TIK
 3.    LKPD Pembelajaran Tematik berbasis TIK
 4.    Aplikasi Pembelajaran Tematik berbasis TIK
UraianRespon/Jawaban
Uraikan hasil diskusi bersama teman dan dosen mengenai pemecahan masalah dalam memahami materi yang mengalami kesulitanPada diskusi bersama teman dan dosen hari ini, pemabahasan terfokus pada penerapan pembelajaran berbasis TIK di SD utamanya selama masa pandemic ini.
 Beberapa poin penting dalam diskusi tersebut adalah:
 -      Dalam penjelasannya Dosen menjelaskan cara membuat video dengan menggunakan aplikasi bawaan office yaitu Microsoft Power Point. Dalam kesempatannya, dijelaskan bagaimana mengisi power point dengan suara yang direkam langsung. Selain itu, ditunjukkan juga cara peletakan simbol speaker agar tidak terlihat saat disimpan sebagai video. Kemudian dijelaskan juga terkait cara memberikan transisi dengan animamsi yang menarik pada setiap slide video yang akan dibuat. Selanjutnya menyimpan power point dengan format video dengan cara "eksport" ke format video MPEG/MP4.
 -      Kelompok 1 menjelaskan tutorial penggunaan aplikasis berbasis internet wordwall.net. Dalam penejelasan terkait wordwall, disebutkan bahwa aplikasi ini sangat bagus digunakan pada siswa kelas rendah. Kita ketahui bersama bahwa usia SD adalah usia bermain utamanya di kelas rendah. Olehnya itu, aplikasi wordwall ini dianggap mampu meningkatkan minat belajar siswa karena dalam penerapannya, pembelajaran akan dikemas dalam bentuk permainan. Adapun cara menggunakan aplikasi ini adalah:
 1.    Masuklah pada perangkat internet anda
 2.    Isi url dengan mengetikkan wordwall.net
 3.    Klik Sign Up lalu isikan nama, alamat email, kata sandi dan lokasi Anda.
 4.    Pilih Create Activity lalu pilih salah satu template aktivitas yang disediakan.
 5.    Tuliskan judul dan deskripsi permainan.
 6.    Ketikkan konten Anda sesuai dengan tipe permainannya.
 7.    Klik Done jika telah selesai.
 -      Kelompok 2 menjelaskan cara penggunaan Kine Master dalam pembuatan video pembelajaran. Menurut penjelasannya, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengedit video yang sudah ada. Dalam hal ini, video yang diedit dapat disisipkan musik, suara ataupun tulisan agar terlihat lebih menarik dalam penerapannya. Aplikasi ini digunakan untuk menjelaskan materi ajar kemudian dikirimkan kepada siswa, sebagai sarana penanaman konsep pembelajaran kepada siswa.
 -      Kelompok 3 menjelaskan terkait penggunaan Google Formulir untuk melaksanakan penilaian. Dalam penggunaannya, guru dapat membuat instrumen penilaian online dengan langsung membuat soal latihan baik dalam bentuk pilihan ganda maupun isian melalui google form tersebut. Penggunaan google form dalam proses penilaian dianggap efektif karena dapat langsung dikerjakan oleh siswa melalui gawai yang dimiliki. Selain itu, dapat membantu meringankan guru dalam melakukan analisis penilaian untuk mengetahui jumlah soal yang benar dan salah saat dikerjakan oleh siswa.
 -      Kelompok 4 menjelaskan tentang aplikasi power director. Aplikasi ini digunakan untuk mengedit video yang sudah dibuat dengan mengganti latar dan memberikan animasi seperti suara dan teks pada video. Penggunaan aplikasi ini, hampir sama dengan aplikasi kine master yang dijelaskan sebelumnya. Fitur yang disediakan Power Director disini cukup lengkap dan secara otomatis video yang ada di smartphone kita muncul semua, ada pula google drive jika file video anda disana, serta video capture untung mengambil video secara langsung menggunakan kamera smartphone, dan ada juga color board untuk tampilan dasar dengan warna sesuai keinginan.
 -      Kelompok 5 Menjelaskan cara menggunakan aplikasi Canva dalam membuat video pembelajaran. Dalam menggunakan aplikasi ini, kita dimudahkan dengan template yang disediakan oleh aplikasi untuk membuat persetase berupa video ataupun media belajar yang dapat di bagikan kepada siswa.
 -      Kelompok 6 menjelaskan penggunaan aplikasi Quiziz. Tata cara penggunaannya adalah:
 1.    Masukkan nama kuis yang akan dibuat.
 2.    Pilih bahasa yang digunakan dalam kuis.
 3.    Masukkan teks soal atau gambar untuk kuis. Gambar ini boleh diisi, boleh tidak.
 4.    Setelah selesai, klik save.
 -      Kelompok 7 menjelaskan tutorial penggunakan aplikasi Whatsapp Business. Penggunaan aplikasi ini efektif digunakan dalam hal mengirim pesan tertulis ataupun gambar kepada peserta didik dalam bentuk katalog. Jadi, peserta didik dapat melihat tugas yang diberikan melalui profil "wa" guru dengan melihat katalog tugas yang sudah di siapkan oleh guru melalui "Whatsapp Business" ini.
Uraikan hasil diskusi bersama teman dan dosen mengenai miskonsepsi di modul iniHasil diskusi dengan teman dan dosen hari ini sangat menarik dan banyak menambah wawasan dalam hal penggunaan media aplikasi-aplikasi yang beragam dalam pembelajaran. Yang paling menarik dan sempat menimbulkan miskonsepsi adalah pada penggunaan power point. Sebelumnya, diketahui bersama bahwa power point adalah aplikasi untuk membuat bahan persentase yang kemudian ditampilkan melalui infocus. Namun setelah menyimak penjelasan dosen, ternyata aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat video pembelajaran. Tentunya, dalam penggunaannya dpat lebih mudah karena tidak perlu menggunakan jaringan internet dalam proses editingnya.
 
 Video Pembelajaran dari Power Point ini, dapat dibuat dengan terlebih dahulu menyiapkan power point kemudian menyisipkan suara pada setiap slide yang kemudian nantinya semua slide disatukan dan di eksport dalam bentuk file video dengan format MP4.
  
 Hal ini, menjadi ilmu baru bagi kami peserta PPG karena dapat mengoptimalkan aplikasi PPT menjadi salah satu alternative aplikasi pembuat video pembelajaran
  
Hambatan yang dialami pada pembelajaran analisis materi pembelajaran berbasis masalah di modul iniHambatan yang di alami dalam pembelajaran berbasis TIK ini, adalah keterbatasan siswa dalam menggunakan gawai ataupun aplikasi dalam mendukung proses pembelajaran.
 Sebagai contoh, pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Zoom meeting. Hanya sedikit siswa yang bisa diajak dalam menggunakan aplikasi. Untuk kelas tinggi mungkin tidak menjadi masalah yang berarti jika dia memiliki gawai sendiri. Namun untuk kelas rendah ini menjadi masalah besar karena harus berada dalam pengawasan orang tua dalam penggunaannya. Sedangkan kebanyakan orang tua, utamanya di daerah perkotaan, sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak dapat mendampingi anaknya dalam belajar.
Hal yang akan dilakukan untuk sukses di pembelajaran modul berikutnyaUntuk dapat sukses pada pembelajaran-pembelajaran selanjutnya, saya harus banyak belajar terkait penggunaan media-media berbasis TIK. Tujuannya adalah agar dapat meningkatkan kompetensi saya sebagai guru dan tentunya dapat menambah minat dan motivasi belajar siswa dalam penerapannya.

Demikianlah contoh pengisian Form LK 2 untuk Lembar kerja refleksi modul TIK untuk pendalaman materi dalam program profesi guru dalam jabatan. Smeoga postingan ini dapat menjadi referensi bagi teman-teman yang sedang menjalani PPG dan akhirnya dapat sukses berjamaah, Aamiin...



Post a Comment for "LK 2 Lembar Kerja Refleksi Modul TIK / Jurnal Harian"