google-site-verification=gfATDse62JAhcF5Mf93Vb4QKJgJO_Q1MtOQMoS7768Y LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Modul 4 IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) UKMPPG - Contoh RPP SD dan Soal SD
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Modul 4 IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) UKMPPG

LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Modul 4 IPS dari Materi PPG 2021

apologiku.com - Artikel ini memuat contoh pengisian LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Modul 4 IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) UKMPPG. Selain itu, artikel ini juga merupakan resume pembelajaran modul 4 IPS. Berikut ini resume materi belajar mandiri Modul 4 IPS untuk guru kelas SD.
Contoh LK1 Modul IPS

Judul Modul IPA (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Judul Kegiatan Belajar (KB)

1. Manusia, Tempat, dan Lingkungan
2. Waktu, Perubahan, dan Sistem Sosial Budaya
3. Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan
4. Fenomena Interaksi dalam Perkembangan IPTEK dan Masyarakat Global

Daftar peta konsep (istilah dan definisi) di modul ini:

Kegiatan Belajar 1:

  1. Manusia adalah mahluk yang sempurna karena diberikan akal untuk berfikir dan menyadari bahwa manusia itu berbeda dengan makhluk-makhluk lainnya.
  2. Manusia sebagai individu artinya sebagai orang atau seorang; pribadi orang (terpisah dari yang lain) yang merupakan suatu keutuhan yang tidak dapat dibagi-bagi yaitu individu sebagai pribadi yang berbeda dari yang lain
  3. Manusia sebagai makhluk sosial artinya adalah bahwa manusia dalam kehidupannya selalu berhubungan dan membutuhkan manusia lain.
  4. Manusia sebagai makhluk budaya karena budaya itu sebenarnya dipelajari dan diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya dalam suatu masyarakat.
  5. Tempat adalah ruang (bidang, rumah, daerah, dan sebagainya) yang didiami (ditinggali) atau ditempati
  6. Ruang adalah tempat yang memberikan kita hidup karena di dalamnya terdapat unsur-unsur yang diperlukan untuk kehidupan. Menurut istilah geografi, Ruang adalah seluruh permukaan bumi yang merupakan lapisan biosfera tempat hidup tumbuhan, binatang dan manusia.
  7. Situasi adalah kondisi eksternal atau kondisi tempat tersebut dibandingkan dengan daerah lainnya.
  8. Tempat mutlak misalnya berdasarkan lokasi astronomis sebagaimana dijelaskan pada paragaf di atas. Sedangkan tempat relatif terkait dengan tempat lainnya di suatu ruang atau wilayah.
  9. Lingkungan adalah kawasan atau daerah yang di dalamnya mencakup “segala yang ada di langit dan di bumi (seperti bumi, bintang, kekuatan). Lingkungan juga dapat diartikan menjadi segala sesuatu yang ada disekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia.
  10. Komponen abiotik adalah segala yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, cahaya dan bunyi.
  11. Komponen biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan, manusia dan mikro-organisme (virus dan bakteri).
  12. Faktor endogen adalah faktor pembentuk permukaan bumi dari dalam
  13. Faktor eksogen adalah faktor pembentuk kenampakan bumi dari luar
  14. Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam perut bumi dan tenaga endogen ini menggerakan kulit bumi menjadi lipatan.
  15. Tektonisme adalah gerakan yang berupa gerakan mendorong dan menarik 16 secara vertikal maupun horizontal
  16. Vulkanisme adalah gerakan magma yang ada di dalam bumi.
  17. Magma adalah cairan panas yang berasal dari inti bumi.
  18. Lava adalah magma yang keluar dari dalam perut bumi melalui letusan
  19. Seisme adalah gempa bumi
  20. Gempa bumi adalah getaran yang terjadi akibat dari proses patahan dan lipatan
  21. Tenaga eksogen adalah tenaga yang mengubah bentuk bumi yang telah dibuat oleh tenaga endogen.
  22. Sedimentasi adalah proses pembentukan muka bumi melalui pengendapan materi-materi sedimen.
  23. Erosi adalah proses pengikisan yang terjadi di permukaan bumi.
  24. Ablasi adalah pengikisan yang dilakukan oleh air
  25. Abrasi adalah proses pengikisan oleh air laut
  26. Eksarasi adalah proses pengikisan oleh gletser
  27. Deflasi adalah pengikisan yang dilakukan oleh angin
  28. Masyarakat adalah sekumpulan manusia yang saling bergaul atau saling berinteraksi secara tetap dan memiliki kepentingan yang sama
  29. Penduduk adalah semua orang yang menempati suatu wilayah hukum tertentu dan waktu tertentu sehingga kita akan mengenal istilah penduduk tetap dan penduduk tidak tetap.
  30. Rakyat adalah seluruh orang dengan latar belakang sejarah yang sama, baik yang berada di dalam maupun di luar wilayah negaranya dan berada di bawah kedaulatan negaranya.
  31. Warga negara adalah semua orang yang tinggal di wilayah negara, baik penduduk asli maupun keturunan asing yang telah disyahkan oleh undang-undang sebagai warga negara.
  32. Dinamika penduduk adalah data yang menampilkan statistika penduduk untuk memperoleh hasil perhitungan persebaran penduduk
  33. Sensus de facto menghitung jumlah penduduk berdasarkan data primer (lapangan)
  34. Sensus de jure menghitung jumlah penduduk berdasarkan data sekunder (data administrasi wilayah).
  35. Kelahiran adalah jumlah lahirnya penduduk di suatu wilayah dan perwilayahan dalam kurun waktu tertentu
  36. Kematian adalah hilangnya nyawa atau ruh dari seseorang yang telah meninggal.
  37. Migrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat yang lain, dari tempat yang padat penduduk menuju kawasan jarang penduduk. Sifat migrasi biasanya menetap, ada pula yang hanya sementara.
  38. Pertumbuhan penduduk adalah bertambahnya jumlah penduduk di suatu tempat karena kelahiran tidak berbanding seimbang dengan adanya kematian dan migrasi yang masuk tidak sebanding dengan migrasi yang keluar. 
  39. Kepadatan penduduk adalah jumlah penduduk di suatu tempat berdasarkan luas suatu wilayah.
  40. Persebaran penduduk tidak merata adalah kondisi tentang kesenjangan jumlah masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan dan perdesaan dalam segi kuantitas, permasalahan seperti ini sering terjadi di negara berkembang

Kegiatan Belajar 2

  1. Waktu artinya adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan atau keadaan berada atau berlangsung
  2. Sejarah berasal dari bahasa Arab “syajara”, artinya adalah terjadi, kemudian berkembang menjadi “syajaratun” yang artinya pohon kayu. Sehingga dalam hal ini, sejarah mengandung arti pertumbuhan atau kejadian.
  3. Riwayat dapat berarti laporan atau cerita tentang kejadian,
  4. Hikayat yang lebih dekat dengan kata sejarah artinya cerita tentang kehidupan.
  5. Kejadian adalah sesuatu yang terjadi yang dilakukan oleh manusia.
  6. Sejarah sebagai kisah adalah bahwa sejarah yang kita kenal sehari-hari itu adalah sejarah sebagai cerita.
  7. Sejarah sebagai ilmu ialah suatu disiplin ilmu cabang pengetahuan tentang masa lalu, yang berusaha menentukan dan mewariskan pengetahuan mengenai masa lalu masyarakat tertentu.
  8. Heuristik berasal dari kata bahasa Yunani heuriskein yang berarti menemukan atau memperoleh. Sehingga heuristik juga diartikan sebagai tahapan menemukan dan menghimpun sumber, informasi, jejak masa lampau.
  9. Interpretasi adalah tahapan atau kegiatan dalam menafsirkan fakta-fakta dan menetapkan makna serta saling keterhubungan dari fakta-fakta yang diperoleh.
  10. Historiografi (Gottschalk, 2006) adalah rekonstruksi imajinatif dari masa lampau berdasarkan data yang diperolah dengan menempuh proses pengujian dan proses penganalisisan secara kritis melalui rekaman dan bukti peninggalan masa lampau.
  11. Sistem sosial merupakan orang-orang yang ada dalam kelompok yang saling berinteraksi dan saling mempengaruhi satu sama lain yang dibatasi dengan seperangkat kegiatan yang menjadi satu kesatuan.
  12. Nilai sosial diartikan sebagai segala sesuatu yang dihargai masyarakat karena nilai sosial terbukti memiliki daya guna yang fungsional bagi perkembangan hidup
  13. Budaya artinya sebagai “pikiran; akal budi”, sedangkan kebudayaan diartikan sebagai ”hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia (seperti kepercayaan, kesenian, adat istiadat dsb)
  14. Kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat-istiadat dan kemampuan-kemampuan serta kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.
  15. Norma-norma adalah aturan dan harapan tentang perilaku masyarakat secara bersama.
  16. Sanksi adalah ganjaran dan hukuman untuk menghargai dan melanggar norma-norma budaya.
  17. Fungsi budaya dalam masyarakat adalah untuk membantu orang-orang dalam mengadaptasi dengan kondisi-kondisi yang diperlukan ketika mereka hidup di lingkungan masyarakatnya.
  18. Unsur-unsur kebudayaan adalah salah satu cara untuk memahami budaya atau kebudayaan. Karena dengan mengetahui unsur-unsurnya, paling tidak kita akan mendapatkan gambaran tentang kebudayaan secara lebih baik

Kegiatan belajar 3

  1. Ekonomi adalah ilmu mengenai asas-asas produksi, distribusi dan pemakaian barang-barang serta kekayaan (seperti hal keuangan, perindustrian dan perdagangan)
  2. Ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang perilaku orang dan masyarakat dalam memilih, menggunakan sumber daya yang langka dan yang memiliki beberapa alternatif penggunaan untuk dapat memproduksi berbagai komoditi kemudian menyalurkannya, baik saat ini maupun di masa depan pada berbagai individu dan kelompok yang ada dalam suatu masyarakat.
  3. Motif ekonomi adalah sebuah alasan/dorongan dalam melakukan perilaku ekonomi.
  4. Motif ekomomi instrinsik adalah sebuah alasan yang berasal dari dalam diri manusia itu sendiri dengan tanpa paksaan atau pengaruh dari pihak lain. Orang itu sendiri yang menentukan perilaku ekonomi seperti menjual barang yang ia miliki dan lain sebagainya
  5. Motif ekonomi ekstrinsik merupakan motif yang terpengaruh oleh situasi di luar individu seperti ajakan dari orang lain untuk berbisnis, situasi dan kondisi lingkungan sekitar dan lain sebagainya.
  6. Prinsip ekonomi merupakan suatu usaha yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan pengorbanan seminimal mungkin.
  7. Biaya adalah nilai yang mesti dibayar untuk mendapatkan yang dibutuhkan
  8. Produksi didefinisikan sebagai setiap perilaku yang ditujukan untuk menciptakan atau menambah “nilai guna” suatu barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia
  9. Kewirausahaan atau enterprise merupakan teknik dalam menggabungkan sumber-sumber daya yang ada dalam menghasilkan barang dan jasa.
  10. Distribusi merupakan suatu proses menyalurkan barang dan jasa yang berasal dari produsen sampai pada konsumen.
  11. Wholesaler (grosir) merupakan pedagang perantara yang membeli barang dagangan untuk dijual kembali terutama kepada pengusaha lain dan bukan kepada konsumen. Fungsi utamanya adalah mengumpulkan dan menyebarkan
  12. Agen merupakan pedagang perantara yang tidak membeli dan memiliki barang yang mereka jual
  13. Pedagang eceran Merupakan perusahaan yang membeli barang-barang dari produsen atau dari grosir kemudian menjualnya kepada konsumen.
  14. Toserba (Department store) Merupakan lembaga pemasaran eceran yang menjual berbagai jenis barang yang dikelompokkan ke dalam departemen-departemen (bagian).
  15. Pasar swalayan (Supermarket) Merupakan toko yang sangat besar terutama menjual bahan pangan dengan harga-harga rendah.
  16. Toko khusus adalah Toko yang strategi pemasarannya dengan menawarkan pilihan yang banyak dari barang-barang yang sejenis.
  17. Konsumsi adalah suatu aktivitas pemakaian barang dan jasa baik secara langsung maupun tidak langsung oleh individu atau kolektif individu dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia
  18. Konsumsi adalah kegiatan mengahbiskan atau mengurangi nilai guna barang dan jasa
  19. Pasar adalah tempat orang berjual beli Di tempat itu terjadi kekuatan penawaran dan permintaan... penjual yang ingin menukar barang atau jasa dengan uang dan pembeli yang ingin menukar uang dengan barang atau jasa”
  20. Kesejahteraan adalah hal atau keadaan sejahtera; keamanan, keselamatan, ketenteraman;- jiwa kesehatan jiwa; - sosial keadaan sejahtera masyarakat

Kegiatan belajar 4

  1. Ilmu pengetahun murni adalah ilmu pengetahuan yang memiliki tujuan untuk membentuk dan mengembangkan ilmu pengetahuan secara abstrak untuk lebih mempertinggi mutunya.
  2. Ilmu pengetahuan terapan adalah ilmu pengetahuan yang memiliki tujuan untuk menggunakan sekaligus menerapkan ilmu pengetahuan tersebut pada masyarakat untuk membantu mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi.
  3. Techne artinya seni kerajinan 
  4. Technicoas yang artinya seseorang yang memiliki keterampilan tertentu
  5. Teknologi adalah penerapan ilmu pengetahuan untuk tujuan praktis.
  6. Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) merupakan satu kesatuan yang sulit untuk dipisahkan karena sama-sama berperan dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia.
  7. Respect for nature : Sikap hormat terhadap lingkungan
  8. Moral responsibility for nature : Tanggung jawab
  9. Cosmic solidarity : Solidaritas kosmis
  10. Caring for nature : caring for nature
  11. No harm : Prinsip tidak merugikan
  12. Ecological wisdom : kearifan lingkungan

Daftar materi yang sulit dipahami di modul ini:

1. Keterkaitan antara waktu, ruang dan manusia dalam sejarah
2. Sistem sosial budaya
3. Dinamika penduduk
4. Ilmu pengetahuan murni dan ilmu pengetahuan terapan

Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi

1. Pengertian Inflasi
2. Perbedaan antara erosi dan abrasi
3. Perhitungan persebaran penduduk
4. Pengaruh IPTEK terhadap kehidupan manusia

Post a Comment for "LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Modul 4 IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) UKMPPG"