google-site-verification=gfATDse62JAhcF5Mf93Vb4QKJgJO_Q1MtOQMoS7768Y LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Modul 3 IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) UKMPPG - Contoh RPP SD dan Soal SD
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Modul 3 IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) UKMPPG

LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Modul 3 IPA dari Materi PPG 2021

apologiku.com - Artikel ini memuat contoh pengisian LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Modul 3 IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) UKMPPG. Selain itu, artikel ini juga merupakan resume pembelajaran modul 3 IPA. Berikut ini resume materi belajar mandiri Modul 3 IPA untuk guru kelas SD.
Contoh LK1 Modul IPA

Judul Modul IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Judul Kegiatan Belajar (KB)

1. Metode Ilmiah, Materi Dan Perubahanya
2. Gaya dan Energi
3. Sistem Organ pada Manusia
4. Bumi dan Alam Semesta

Daftar peta konsep (istilah dan definisi) di modul ini:

Kegiatan Belajar 1:

  1. Eksperimen merupakan kegiatan melalui tata cara tertentu yang biasa dilakukan oleh ilmuwan, dengan tujuan untuk memecahkan masalah atau menemukan jawaban terhadap suatu masalah.
  2. Metode ilmiah adalah metode sains yang menggunakan langkah-langkah ilmiah dan rasional untuk mengungkapkan suatu permasalahan yang muncul dalam pemikiran kita pada kegiatan pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari
  3. Rumusan Masalah dalam kajian ilmiah didefenisikan sebagai suatu pertanyaan yang diajukan yang kemudian harus diteliti untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan tersebut.
  4. Hipotesis adalah jawaban atas rumusan masalah yang bersifat logis dan diajukan berdasarkan fakta.
  5. Variabel bebas adalah variabel yang sengaja dirubah untuk diamati pengaruhnya terhadap hasil setiap percobaan yang dilakukan.
  6. Variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi yang akan diukur atau diamati sebagai hasil percobaan. 
  7. Varibel tetap adalah variabel yang tidak dirubah sebagai kontrol dalam percobaan
  8. Variabel kontrol disebut juga sebagai variabel pembanding artinya variabel ini tidak diberi perlakuan apapun dan kondisinya orisinil atau alami.
  9. Perubahan fisika : perubahan pada suatu zat yang tidak menyebabkan terjadinya zat baru. perubahan fisika juga mencakup sifat partikel atau molekul zat yang masih tetap sama. Zat tersebut memungkinkan untuk kembali kebentuk semula
  10. Perubahan kimia : perubahan pada suatu zat yang menyebabkan terbentuk zat baru dan sifatnya berbeda dari zat semula, dan hampir tak mungkin kembali lagi ke bentuk zat asal baik bentuk maupun sifatnya
  11. Zat atau materi atau benda : sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa
  12. Massa adalah ukuran ketahanan materi terhadap suatu gaya, yang ditandai dengan perubahan kecepatannya, sebagaimana dirumuskan oleh Newton: F = m a.
  13. Sifat intensif : sifat yang tidak bergantung pada jumlah materi.Contohnya titik didih, titik beku, indeks bias, suhu, kerapatan, rumus senyawa, wujud zat
  14. Sifat ekstensif : sifat yang bergantung pada jumlah materi. Contohnya massa, energi, mol, volume,massa jenis
  15. Benda padat merupakan zat yang dapat menjaga bentuknya, gaya antar molekulnya cukup kuat untuk menjaga ketegaran zat itu.
  16. Benda cair merupakan zat yang tidak menyebar ke seluruh ruang tetapi mudah berubah bentuk,mengikuti wadahnya.
  17. Benda gas, merupakan zat yang tidak memiliki bentuk yang tetap, mudah menempati seluruh ruang, sehingga volumenya tidak tetap.
  18. Unsur adalah materi yang tidak dapat diuraikan dengan reaksi kimia menjadi zat yang lebih sederhana. Contoh, hidrogen, oksigen, besi, belerang, tembaga. dll. Partikel-partikel unsur disebut atom.
  19. Molekul adalah gugusan kimiawi yang terdiri dari minimal dua atau lebih atom yang sama atau berbeda.Contoh molekul O2, molekul air (H2O).
  20. Senyawa adalah molekul yang mengandung mengandung minimaldua unsur yang berbedadengan perbandingan tertentu. Contoh, air, asam asetat, etanol, karbondioksida.dll
  21. Campuran homogen adalah campuran dua atau lebih zat tunggal, dengan perbandingan sembarang, dimana semua partikelnya menyebar merata sehingga membentuk satu fasa.
  22. Fasa adalah keadaan zat yang sifat dan komposisinya sama antara satu bagian dengan bagian lain di dekatnya. Contoh campuran yang membentuk satu fasa adalah larutan.Contoh: campuran gula dengan air (larutan gula), garam dengan air (larutan garam), alkohol dengan air (larutan alkohol).
  23. Campuran heterogen adalah campuran dua atau lebih zat tunggal, dengan perbandingan sembarang, dimana partikelpartikelnya tidak merata sehingga komposisi di berbagai bagian tidak merata dan membentuk lebih dari satu fasa.
  24. Penyaringan (filtrasi) adalah metode pemisahan yang digunakan untuk memisahkan cairan dan padatan yang tidak larut dengan menggunakan penyaring (filter) berdasarkan perbedaan ukuran partikel. Contoh: menyaring air yang bercampu pasir dengan kertas saring sehingga pasir tertinggal di kertas saring,pemisahan bubuk kopi pada air kopi.
  25. Pengkristalan (kristalisasi) adalah proses pembentukan bahan padat dari pengendapan larutan, campuran leleh, atau lebih jarang pengendapan langsung dari gas. Pengkristalan merupakan perubahan wujud benda disebabkan oleh kalor melalui pememisahan zat padat dengan cara memanaskan sampai pekat lalu mendinginkannya 24 hingga menjadi kristal atau membeku, peristiwa pengkristalan merupakan kebalikan dari menyublim. Contohnya: lubang knalpot menjadi hitam dan mengering karena gas CO2 yang dikeluarkan menjadi padat, pemisahan gula putih dari tebu, pembuatan garam dari air laut melalui penguapan.
  26. Penyulingan (distilasi) adalah suatu metode pemisahan bahan kimia berdasarkan perbedaan kecepatan atau kemudahan penguapan (volatilitas) bahan.
  27. Penyubliman adalah merupakan peristiwa perubahan wujud dari padat menjadi gas, dan diperlukan energi panas
  28. Kromatografi adalah teknik pemisahan molekul berdasarkan perbedaan pola pergerakan anatar fase gerak dan fase diam untuk meisahkan molekul pada larutan
  29. Dekantasi adalah pemisahan zat padat dari zat cair yang saling tidak larut pada suhu tertentu dengan cara menuangkan zat cairnya.
  30. Penyaringan adalah pemisahan zat padat dari zat cair dengan menggunakan media kertas.
  31. Destilasi adalah pemisahan dua atau lebih zat cair berdasarkan perbedaan titik didihnya yang cukup besar.
  32. Rekristalisasi adalah pemisahan berdasarkan perbedaan titik beku komponen campuran. Sebaiknya komponen yang akan dipisahkan berwujud padat dan lainnya cair pada suhu kamar.
  33. Ekstraksi adalah pemisahan berdasarkan perbedaan kelarutan komponen campuran dalam pelarut yang berbeda. Syaratnya kedua pelarut yang dipakai tidak bercampur.

Kegiatan belajar 2 :

  1. Gaya adalah suatu kekuatan (tarikan atau dorongan) yang mengakibatkan benda yang dikenainya akan mengalami perubahan posisi atau kedudukan (bergerak), berhenti serta berubah bentuk.
  2. Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha atau kerja.
  3. Gaya magnet adalah gaya tarik atau tolak yang ditimbulkan oleh benda yang besifat magnet
  4. Gaya gravitasi merupakan gaya yang ditimlbukan oleh benda untuk menarik benda lain ke arah pusat benda yang bersangkutan.
  5. Gaya listrik merupakan gaya yang ditimbulakan oleh muatan muatan listrik atau arus listrik.
  6. Gaya otot adalah gaya yang ditimbulkan oleh otot manusia dan hewan.
  7. Gaya pegas adalah gaya yang ditimbulkan oleh benda yang mengalami pemampatan ataupun perenggangan .
  8. Gaya gesek adalah gaya yang timbul dikarenakan adanya gesekan antara permukaan dua benda atau lebih.
  9. Hukum I Newton menyebutkan “Setiap benda akan diam atau bergerak lurus beraturan jika resultan gaya yang bekerja pada benda tersebut sama dengan nol.”
  10. Hukum Newton II, menyebutkan “Besarnya percepatan yang dialami suatu benda berbanding lurus dengan gaya yang bekerja terhadap benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massa bendanya.”
  11. Hukum Newton III, menyatakan “Setiap ada gaya aksi yang bekerja pada suatu benda, maka akan timbul gaya reaksi yang besarnya sama, tetapi arahnya berlawanan.”
  12. Renewable artinya dapat diperbaharui
  13. Unrenewable artinya tidak dapat diperbaharui
  14. Energi kinetik adalah energi yang dimiliki suatu benda yang bergerak.
  15. Energi potensial adalah energi yang dikandung suatu materiberdasarkan tinggi rendah kedudukannya
  16. Energi panas (kalor) adalah energi kinetik rata-rata gerakan partikel-partikel penyusun materi.
  17. Kalor : energi yang berpindah dari benda yang suhunya tinggi ke benda yang suhunya rendah ketika benda itu bersentuhan
  18. Suhu : derajat panas suatu benda. Tetapi tidak secara langsung menunjukkan banyaknya panas benda tersebut.
  19. Satu kalori adalah banyaknya kalor yang diperlukan untuk memanaskan air 1 gram sehingga suhu naik 10C,
  20. Satu kilo kalori ialah banyaknya kalor yang diperlukan untuk memanaskan air 1 kilogram (Kg) sehingga suhu naik 10C.
  21. Energi listrik adalah energi yang diakibatkan oleh gerakan partikel bermuatan dalam suatu media (konduktor), karena adanya beda potensial antara kedua ujung konduktor
  22. Energi kimia adalah energi yang dikandung suatu senyawa dalam bentuk energi ikatan antara atom-atomnya.
  23. Energi nuklir adalah energi yang terkandung dalam inti atom.
  24. Energi pegas adalah energi yang dimiliki oleh semua benda yang lentur atau elastis.
  25. Pesawat sederhana adalah alat mekanik yang dapat mengubah arah atau besaran dari suatu gaya. Secara umum, alat-alat ini bisa disebut sebagai mekanisme paling sederhana yang memanfaatkan keuntungan mekanik untuk menggandakan gaya.

Kegiatan belajar 3 :

  1. Sel adalah unit atau unsur terkecil dari tubuh manusia
  2. Organ pernapasan manusia adalah hidung dan rongga hidung, tenggorokan (faring), batang tenggorokan (laring) trachea, bronchus, bronciolus, alveolus paru-paru.
  3. Cavum Nasalis : Hidung
  4. Faring : Tekak merupakan persimpangan antara rongga hidung ke tenggorokan (saluran pernapasan) dan rongga mulut ke kerongkongan (saluran pencernaan).
  5. Laring  adalah alat pernapasan yang berada pada bagian tekak/faring yang biasanya disebut pangkal tenggorok
  6. Trakea atau Tenggorokan adalah alat pernapasan yang berbentuk seperti pipa dengan panjang kurang lebih 10 cm. DI paru-paru trakea bercabang dua membentuk bronkus.
  7. Bronkus merupakan Cabang Tenggorokan yang menghubungkan tenggorokan dengan paru-paru kiri dan kanan
  8. Bronkiolus adalah cabang dari bronkus dan memiliki dinding yang lebih tipis, pada ujung bronkiolus terdapat banyak sekali gelembung-gelembung kecil yang dinamakan alveolus.
  9. Alveolus adalah bagian sistem pernapasan  yang memiliki struktur berbentuk bola-bola mungil yang diliputi oleh pembuluh-pembuluh darah.
  10. Mekanisme Difusi adalah perpindahan suatu zat melalui sebuah selaput atau dinding
  11. Glikolisis yaitu proses glukosa dipecah dalam sitoplasma menjadi dua molekul piruvat 3 karbon baik secara aerobik ataupun anaerobik
  12. Siklus Krebs yaitu proses pengangkutan molekul piruvat 85 ke dalam mitochondria secara aerobik dengan menggunakan molekul 2-karbon (asetil-coA) yang berasal dari piruvat dan menghasilkan karbondioksida
  13. Transfer elektron : proses masuknya pembawa energi (NADH) memasuki rantai transfer elektron untuk dihasilkan ATP.
  14. Oksidasi biologi: peristiwa pembakaran zat makanan oleh oksigen yang berlangsung di dalam sel tubuh untuk mendapatkan energi,
  15. Respirasi adalah seluruh proses mulai dari pemasukan udara yang mengandung oksigen (O2) pengambilan oksigen, penggunaan oksigen untuk oksidasi biologi sampai dengan pengeluaran karbondioksida (CO2) sebagai zat sisa pernapasan.
  16. Respirasi internal adalah proses masuknya oksigen dari dalam darah ke jaringan (sel) dan keluarnya karbondioksida dari jaringan (sel) kedalam darah.
  17. Respirasi Eksternal adalah proses masuknya oksigen dari udara luar melalui alat pernapasan ke dalam darah dan keluarnya karbondioksida dan air dari darah ke alat pernapasan.
  18. Organ penyusun sistem pencernaan pada manusia adalah mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar dan anus.
  19. Organ pelengkap atau aksesori, di antaranya : lidah gigi, kelenjar air liur, kantung empedu, hati dan pankreas.
  20. Fungsi utama faring adalah sebagai saluran alat pencernaan yang membawa makanan dari rongga mulut hingga ke esofagus.
  21. Esofagus (dari bahasa Yunani: oeso - "membawa", dan phagus "memakan") atau kerongkongan adalah tabung (tube) berotot pada manusia yang dilalui sewaktu makanan mengalir dari bagian mulut ke dalam lambung.
  22. Pencernaan mekanik adalah pencernaan yang terjadi didalam mulut dan lambung
  23. Pencernaan kimiawi adalah pencernaan yang dilakukan oleh enzim.
  24. Enzim merupakan protein yang berfungsi sebagai biokatalis di dalam tubuh.
  25. Pankreas adalah organ pad sistem pencernaan yang memiliki dua fungsi utama yaitu menghasilkan enzim pencernaan.
  26. Sistem kardiovaskular terdiri dari jantung dan pembuluh darah yang bertanggung jawab dalam memompa dan mengedarkan darah keseluruh tubuh (sirkulasi darah).
  27. Jantung adalah bagian vital dalam tubuh manusia yang bertugas untuk menerima dan memompa darah ke seluruh tubuh
  28. Pembuluh darah merupakan sistem peredaran darah berbentuk tabung otot elastis atau pipa yang berfungsi membawa darah dari jantung ke bagian tubuh lain, ataupun sebaliknya. Pembuluh darah bisa dibedakan menjadi dua, yaitu pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena)
  29. Arteri merupakan pembuluh darah yang berfungsi membawa darah keluar dari jantung, baik ke seluruh tubuh maupun ke paru-paru.
  30. Vena merupakan pembuluh darah yang berfungsi membawa darah kembali ke jantung, dari seluruh tubuh atau dari paru-paru
  31. Darah adalah komponen terpenting dari sistem peredaran darah. Darah memiliki fungsi sebagai pembawa nutrisi, oksigen, hormon, antibodi, serta berbagai zat lainnya, dari dan ke seluruh tubuh.
  32. Plasma darah merupakan cairan berwarna kekuningan pada darah yang bertugas membawa zat-zat penting, seperti hormon, protein, dan faktor pembekuan darah.
  33. Sel darah merah (eritrosit) berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh dan sel-sel.
  34. Sel darah putih (leukosit) berfungsi membantu tubuh melawan sel-sel yang tidak normal seperti sel kanker.
  35. Keping darah atau trombosit berfungsi untuk membekukan darah.

Kegiatan belajar 4 :

  1. Alam Semesta adalah ruang dimana di dalamnya terdapat kehidupan biotic maupun abiotik serta segala macam peristiwa alam yang dapat diungkapkan maupun yang belum dapat diungkapkan oleh manusia.
  2. Mikrokosmos adalah benda-benda yang mempunyai ukuran sangat kecil, misalnya atom, elektron, sel, amuba, dan sebagainya.
  3. Makrokosmos adalah benda-benda yang mempunyai ukuran yang sangat besar, misalnya bintang, planet, dan galaksi.
  4. Kosmologi adalah Ilmu yang mempelajari mengenai sifat, evolusi dan asal alam semesta (universe) disebut.
  5. Tata surya adalah kumpulan dari beberapa benda langit yang terdiri dari bintang besar sebagai pusatnya serta semua benda yang terikat dengan gaya gravitasinya.
  6. Planet  adalah berasal dari bahasa Yunani Asteres Planetai yang berarti bintang pengelana
  7. Gerhana matahari terjadi apabila kedudukan bulan terletak di antara bumi dan matahari.
  8. Gerhana bulan terjadi ketika bumi berada di antara matahari dan bulan dan berada dalam satu garis lurus.
  9. Komet merupakan salah satu benda angkasa yang ukurannya relatif kecil. Komet disebut juga bintang berekor, karena jenisnya hampir sama dengan bintang yang berkelip-kelip dan memiliki ekor panjang yang juga bercahaya bahkan cahayanya nampak seperti menyala.
  10. Asteroid merupakan planet-planaet yang berukuran kecil yang lintasannya berada di antara planet dalam (Mars) dan planet luar (Jupiter).

Daftar materi yang sulit dipahami di modul ini:

1. Teknik kuantitatif dan kualitatif dalam melakukan eksperimen
2. Bentuk-bentuk energi
3. Pencernaan manusia yang melibatkan enzim
4. Proses terbentuknya bumi

Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi

1. Pernapasan perut dan pernapasan dada
2. Deposisi/Dekomposisi
3. Perbedaan unsur, melekul dan senyawa



Post a Comment for "LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Modul 3 IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) UKMPPG"