google-site-verification=gfATDse62JAhcF5Mf93Vb4QKJgJO_Q1MtOQMoS7768Y Ikrar Guru Indonesia - Contoh RPP SD dan Soal SD
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikrar Guru Indonesia

apologiku.com - Ikrar Guru Indonesia merupakan janji yang diucapkan dengan sungguh-sungguh yang menandakan kesetiaan ataupun keseriusan. Ikrar Guru Indonesia adalah janji yang diucapkan oleh guru Indonesia dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik.

Adapun bunyi Ikrar Guru Indonesia adalah sebagai berikut:
Ikrar Guru PGRI


IKRAR GURU INDONESIA

  1. Kami Guru Indonesia, adalah insan pendidik bangsa yang beriman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Kami Guru Indonesia, adalah pengemban dan pelaksana cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pembela dan pengamal Pancasila yang setia pada Undang Undang Dasar 1945.
  3. Kami Guru Indonesia, bertekad bulat mewujudkan tujuan nasional dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
  4. Kami Guru Indonesia, bersatu dalam wadah organisasi perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia, membina persatuan dan kesatuan bangsa yang berwatak kekeluargaan.
  5. Kami Guru Indonesia, menjunjung tinggi Kode Etik Guru Indonesia sebagai pedoman tingkah laku profesi dalam pengabdian terhadap bangsa, negara serta kemanusiaan.

Dengan mengucapkan 5 ikarar tersebut, maka para guru sudah berjanji dengan sungguh-sungguh dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik. Jika kelima Ikrar Guru Indonesia dijabarkan maka diperoleh banyak harapan seperti:

Guru berikrar untuk menjadi insan pendidik bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tentu ini adalah harapan bangsa yang tertuang dalam Pancasila, dimana pada sila pertama "Ketuhanan Yang Maha Esa", diharapkan bahwa setiap warga negara memiliki kewenangan tersendiri untuk memilih dan memeluk agama yang dipercayainya. 

Guru berikrar sebagai pengemban dan pelaksana cita-cita proklamasi dan pancasila yang setia pada UUD 1945. Pada ikrar ini, Guru bertekad untuk mewujudkan apa yang di inginkan oleh negara terhadap bangsanya. Salah satunya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa yang tentunya melalui dunia pendidikan.

Guru berikrar untuk mewujudkan tujuan nasional dalam mencerdaskan bangsa. Tujuan mulia guru untuk hal ini, terkadang dipandang sebelah mata oleh sebagaian kalangan. Namun meski begitu, seorang guru dengan ikrarnya yang telah diucapkan akan senantiasa berada di garda depan untuk mewujudkan tujuan nasional tersebut.

Guru berikrar untuk besatu dalam wadah organisasi perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia, untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang berwatak kekeluargaan. Penting disadari bahwa perubahan dapat dilakukan jika kita berjuang bersama, oleh karena itu dibutuhkan wadah untuk bersama memperjuangkan tujuan nasional. 

Guru berikrar untuk menjunjung tinggi Kode Etik Guru Indonesia sebagai yang dijadikan sebagai pedoman tingkah laku profesi dalam pengabdian terhadap bangsa, negara serta kemanusiaan. Tentu dalam praktik kehidupan sebagai guru, dalam mencapai tujuan bersama perlu ada tata kelola yang mengatur gerak guru yang dalam hal ini dibingkai dalam satu kesatuan kode etik guru Indonesia.

Post a Comment for "Ikrar Guru Indonesia"