Kunci Jawaban Buku Tema 3 Kelas 5 Subtema 2 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat, Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh, Pembelajaran 4

apologiku.com - Sobat pembelajar, rilis lagi nih pembahasan khusus Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat, Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh, Pembelajaran 4. Simak artikel dibawah ini, agar kamu dapat memahami arah pembelajaran kamu pada hari ini.

Ayo Berdiskusi

Pedagang dan pembeli
Masih ingatkah kamu dengan gambar aktivitas pasar di atas? Ceritakan hasil pengamatanmu kepada teman sebangkumu. Menarik untuk dicermati bahwa dalam kehidupan kita sehari-hari, kita dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki begitu banyak perbedaan. Akan tetapi semuanya saling bekerja sama.

Tuliskan alasan-alasan mengapa orang-orang yang memiliki perbedaan seperti perbedaan agama, suku bangsa, usia, dan pekerjaan dapat saling membantu dan bekerja sama?

Kamu dapat menuliskan alasanmu dan juga menanyakan kepada teman-teman yang lain tentang alasan mereka. Tuliskan semuanya dalam kotak-kotak di bawah ini.
Kunci Jawaban Tema 3 Makanan Sehat

Ayo Mengamati



Apa yang kamu lihat dari beberapa gambar di atas? Apakah hubungan semua gambar tersebut dengan gambar peta Indonesia? Jelaskan!
Jawaban:
Gambar di atas menunjukkan keberagaman suku, budaya dan pakaian adat setiap daerah yang ada di Indonesia. Gambar di atas pun menunjukkan eratnya persatuan yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia meski berbeda suku dan adat istiadat.

Ayo Membaca

Bangsa Indonesia memiliki sebuah semboyan yang luar biasa, yakni Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan. Bahwasanya, sekalipun di Indonesia terdapat begitu banyak suku, agama, ras, adat istiadat, bahasa, dan lain-lain, semuanya bersatu sebagai saudara sebangsa dan setanah air. Perbedaan dan keanekaragaman yang ada justru menjadi sebuah kekuatan yang pada akhirnya memperkaya sifat budaya bangsa Indonesia dan lebih memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Apakah yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di depan? Berikan pendapatmu!
Jawaban:
Bhineka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa Indonesia yang memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan.

Berikan contoh-contoh kegiatan yang dapat kita lakukan atau mungkin sudah kamu lakukan untuk mendukung keberagaman sosial di lingkungan sekolah!
Jawaban: Kegiatan yang dapat dilakukan untuk mendukung keberagaman sosial dilingkungan sekolah adalah, rajin mengikuti kegiatan sekolah utamanya yang dilakukan bersama-sama seperti Upacara bendera, kerja bakti dan saling membantu antar teman.

Dengan keberagaman, manusia dapat saling bekerja sama dan bahu membahu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik secara ekonomi, sosial, maupun budaya. Beragam profesi pun berkembang dan mendukung pemenuhan kebutuhan hidup. Bahasa Indonesia yang dipergunakan juga merupakan satu contoh hal yang menjembatani perbedaan sosial budaya yang terdapat dalam masyarakat Indonesia.

Amatilah gambar-gambar di bawah ini!


Kegiatan apa saja yang sedang dilakukan oleh anak-anak dalam gambar tersebut?
Jawaban: Anak-anak tersebut sedang berlatih memainkan alat musik dan juga berlatih memperagakan tarian khas daerah.

Apakah kamu pernah melihat kegiatan seperti itu di lingkunganmu? Coba ceritakan hasil pengamatanmu di depan kelas.
Jawaban: Ya, Latihan seperti pada gambar sering dilakukan baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat, tujuannya adalah untuk melesteraikan budaya dan adat istiadat daerah setempat.

Kedua gambar di atas bercerita tentang upaya manusia dalam sebuah pembangunan sosial budaya. Bahasa Indonesia merupakan contoh upaya manusia dalam sebuah pembangunan sosial budaya. Kegiatan seni yang bertujuan melestarikan budaya nusantara juga merupakan sebuah upaya pembangunan sosial budaya. Contoh lain dari pembangunan sosial budaya adalah dengan semakin terbukanya kesempatan bagi kaum wanita untuk bersekolah dan menuntut ilmu setinggi mungkin. Masih banyak lagi contoh-contoh pembangunan sosial budaya yang terdapat di sekitar kita. Amatilah daerah sekitarmu.

Temukan contoh-contoh upaya manusia dalam pembangunan sosial. Buatlah dalam bentuk laporan pengamatan sederhana.

Judul Laporan : Upaya Manusia dalam Pembangunan Sosial
Tujuan Laporan : Mengidentifikasi usaha-usaha yang dapat dilakukan manusia dalam mewujudkan pembangunan sosial
Tempat Pengamatan : Lingkungan pedesaan
Tanggal Pengamatan : 2 November 2020
Hasil Pengamatan : Dalam mewujudkan pembangunan sosial, maka diperlukan kerjasama yang menyeluruh dari semua pihak/kalangan masyarakat. Pembangunan sosial akan segera terwujud jika masyarakat dalam suatu daerah/wilayah senantiasa bekerja sama dan bergotong royong dalam segala hal, utamanya untuk kepentingan bersama.
Kesimpulan : Kunci dari pembangunan sosial adalah adanya kesinambungan antara kebijakan dan masyarakat yang akan menjalankan suatu program untuk mencapai tujuan sosial.

Simaklah percakapan antara Beni dan Siti di bawah ini!

Dayu : “Kalau kamu, apa contoh yang dapat kamu berikan tentang pembangunan sosial budaya, Ben?”

Beni : “Menurutku, acara kuliner nusantara yang sering diadakan di lingkungan sekitar kita merupakan contoh pembangunan sosial budaya. Dengan begini, kita dapat melestarikan makanan khas daerah, kita juga turut memperkenalkannya kepada orang-orang lain yang berbeda kebudayaan dengan kita untuk turut mencicipi dan bersama-sama menikmati makanan khas daerah tersebut.”

Siti : “Betul sekali, Ben. Kamu tahu tidak? Acara kuliner nusantara yang diadakan minggu lalu itu sukses besar, lho. Semuanya berkat iklaniklan di media cetak dan elektronik yang beredar sejak sebulan sebelumnya.”


Iklan memang harus dibuat semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian mereka yang melihatnya. Oleh karena itu, penting untuk selalu berhati-hati dalam penyampaiannya. Berikut adalah kegiatan yang sebaiknya dilakukan bersama-sama dengan orang tua di rumah.

Ayo Mengamati

Amatilah dua buah iklan di televisi dan tulis kata kunci dari iklan tersebut. Diskusikan dengan teman-temanmu keesokan harinya tentang iklan dan kata kunci yang kamu temukan.

Judul Iklan - 1 : Iklan Pepsodent
Kata Kunci : Sikat gigi, Menggunakan Pasta Gigi, Gigi sehat dan kuat

Judul Iklan - 2 : Rejoice
Kata Kunci : Shampo, Menjadikan Rambuat Kuat, Tidak gampang rontok dan berketombe.

Ayo Membaca

Bacalah percakapan di bawah ini secara bergantian!

Siti : “Jadi tidak kita belajar bersama hari ini?”

Udin : “Jadi ya, di rumahku!”

Dayu : “Asyik!”

Udin : “Aku sudah menyiapkan minuman ringan, lho. Itu yang sedang banyak diiklankan akhir-akhir ini di televisi. Sejak saat ada iklan itu, aku selalu membelinya.”

Siti : “Wah, setahuku, semua jenis minuman ringan itu tidak baik bagi kesehatan, Din. Kadar gula dan pengawetnya tinggi. Belum lagi bahanbahan kimiawi lainnya. Jangan terlalu sering mengonsumsi minuman ringan seperti itu.”

Udin : “Bisa jadi kamu benar, Siti, pamanku pun pernah mengatakan hal yang sama. Namun, di iklan disebutkan bahwa minuman ini mengandung banyak vitamin dan mineral. Artinya, minuman ini juga memiliki manfaat, bukan?”

Dayu : “Tentu saja, semua iklan dimaksudkan untuk menarik hati pembelinya, Din. Akan tetapi, tidak semua yang diiklankan itu memang benar adanya. Kita harus selalu berhati-hati dalam memilih apa yang akan kita konsumsi.”

Siti : “Setuju dengan Dayu. Wah, ternyata penggunaan kata-kata kunci itu sangat bermanfaat ya, terutama untuk menarik perhatian pendengar dan pembacanya.”


Infused water atau spa water atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan air infus sedang menjadi tren kesehatan yang baru di luar negeri. Kini air infus juga merebak sampai di Indonesia.

Air infus ini adalah air bening yang telah diberi tambahan potongan buah atau herbal sehingga memberikan sensasi rasa air tertentu. Air infus bermanfaat bagi kesehatan. Secara teknis, air infus dibuat dengan memasukkan irisan buah-buahan ke dalam air putih, kemudian didiamkan beberapa jam sampai sari buahnya keluar dan air akan berubah rasanya.

Namun, jangan hanya ikut-ikutan mengonsumsinya. Kenali dahulu manfaat dari bahan-bahan yang dimasukkan ke dalam air dalam botol tersebut. Dengan mengenali manfaat dari bahan-bahan yang digunakan, kita dapat memperoleh lebih banyak manfaat yang sesuai dengan kebutuhuan tubuh kita.

Minuman Kesehatan

Bahan-bahan:

  • 1,5 Sendok makan perasan jeruk nipis
  • 1/2 jeruk lemon (diperas)
  • 1/2 timun di iris-iris
  • 4 lembar daun mint (bila ada)
  • 1/2 liter air putih

Cara Membuat:

  • Jeruk nipis diperas dan sisihkan sebanyak 1,5 sendok makan.
  • Jeruk lemon dibelah 2 dan diperas.
  • Masukkan semua bahan ke dalam botol kaca berukuran 1 liter.
  • Tutup rapat dan diamkan dalam lemari pendingin semalaman.
  • Minuman berenergi siap dikonsumsi keesokan harinya
Buatlah ulasan sederhana tentang percobaanmu membuat infused water.

Infused Water atau juga disebut detox water adalah minuman kesehatan yang terbuat dari air mineral dan berbagai macam potongan buah yang kemudian disimpan di dalam wadah tertutup selama beberapa waktu.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai buku tematik kelas 5 Tema 3 Subtema 2 pembelajaran 4. Semoga dengan apa yang telah disajikan, dapat membantu sobat pembelajar dalam memahami pemeblajaran yang dimaksudkan.

Source by: Buku Tematik Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Tema 3 Kelas 5 Subtema 2 Pembelajaran 4"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel