Kunci Jawaban Buku Tema 3 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 2

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat, Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan? Pembelajaran 2

apologiku.com - Sobat pembelajar, kali ini rilis kembali artikel kunci jawaban untuk materi kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat, Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan? khususnya untuk pembelajaran 2. Untuk lebih memudahkan sobat pembelajar, perlu diketahui bahwa artikel ini adalah pembahasan buku tematik kelas 5 tema 3 subtema 1 halaman 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19 dan 20.

Ayo Mengamati

Apakah yang seharusnya terdapat dalam sebuah gambar iklan?
Apakah kata kunci yang dapat kamu temukan dalam iklan tersebut?
Apa makna yang terdapat dalam kata kunci tersebut?

Amatilah gambar iklan di atas!

Iklan memiliki fungsi untuk mempromosikan sesuatu. Di dalam iklan terdapat kata kunci serta gambar yang mendukung kata kunci tersebut.

Kalimat yang menarik dan mudah dipahami serta gambar yang menarik menjadi hal penting dalam sebuah iklan. Kalimat yang bersifat persuasif atau mengajak sangat penting untuk ditampilkan. Kalimat tersebut bertujuan untuk menarik minat pembaca akan maksud yang ingin disampaikan dalam suatu iklan.

Ayo Berdiskusi

Diskusikan secara berkelompok beberapa hal berikut ini dengan menjadikan iklan pada halaman 12 sebagai bahan observasi.
  1. Bertutur tentang apakah iklan tersebut?
  2. Kepada siapa iklan tersebut ditujukan?
  3. Apakah makna dari gambar yang ditampilkan di iklan tersebut?
  4. Menurut pendapatmu, mengapa pembuat iklan memilih kalimat dan gambar tersebut?

Petunjuk jawaban:

Untuk jawaban pertanyaan diatas, disesuaikan dengan hasil diskusi dengan kelompok. Namun gambaran jawabannya sebagai berikut:
  1. Pentingnya air untuk kita
  2. Untuk kita (semua manusia)
  3. Dengan minum air, maka tubuh akan terasa segar dan bugar
  4. Menurut saya, penulis memilih kalimat dan gambar tersebut karena gambar dan kalimat yang ada, sudah sesuai dengan tujuan iklan yaitu mengajak orang untuk senantiasa minum air karena pentingnya air untuk tubuh kita.

Lakukanlah kegiatan berbagi informasi antarkelompok.

Pilihlah salah satu teman sekelompokmu untuk menjelaskan hasil diskusi kelompok kepada kelompok lain yang mengunjungi kelompokmu. Sementara itu, teman-teman sekelompokmu yang lain berpencar mengunjungi kelompok lain untuk memperoleh hasil diskusi kelompok mereka. Pastikan kelompokmu mengunjungi lebih dari tiga kelompok. Tuliskan hasil diskusi dari tiga kelompok tersebut di dalam tabel seperti berikut.
*Untuk jawaban tabel, disesuaikan dengan jawaban setiap kelompok. Dapat juga di perhatikan petunjuk jawaban yang sudah diberikan sebelumnya.

Ayo Mencoba

Salah satu ciri makhluk hidup adalah memerlukan makanan. Makanan yang telah dimakan akan diuraikan dalam sistem pencernaan menjadi sumber energi, komponen penyusun sel dan jaringan, serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sistem pencernaan merupakan salah satu sistem kompleks yang terdapat dalam tubuh kita. Nah, apa sajakah bagian-bagian dari sistem pencernaan manusia? Tanpa kita sadari dan tanpa harus diperintah, sistem pencernaan bekerja dengan sendirinya. Menakjubkan, bukan?

Setelah kamu mempelajari sistem pencernaan pada sapi, sekarang perhatikan sistem pencernaan pada manusia seperti pada gambar di bawah ini.
struktur pencernaan manusia

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan gambar sistem pencernaan pada manusia, coba kamu buat diagram alur perjalanan makanan dari rongga mulut hingga keluar melalui anus pada kolom berikut.

Alur Perjalanan Makanan dalam rongga mulut menuju anus


Ayo Berlatih

Coba kamu bandingkan diagram yang kamu buat dengan penjelasan mengenai proses pencernaan makanan di atas. Apakah ada kesamaannya? Sekarang, bandingkan diagrammu dengan diagram teman sebangkumu.

Coba kamu tuliskan pemahamanmu mengenai sistem pencernaan pada manusia. Apa saja fungsi umum dari sistem pencernaan manusia?
Jawaban:
Fungsi umum sistem pencernaan manusia adalah:
  1. Mulut berfungsi sebagai tempat awal masuknya makanan dan dihancurkan agar mudah untuk ditelan
  2. Kerongkongan berfungsi sebagai jembatan makanan untuk menuju ke lambung. Pada kerongkongan, terdapat lipatan kecil yang disebut epiglotis yang berguna untuk mencegah kejadian tersedak saat menelan makanan.
  3. Lambung berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan makanan saat sedang bercampur dengan enzim pencernaan. Dengan kata lain pada lambunglah terjadi proses seleksi makanan yang masuk dalam tubuh, dimana sisa proses tersebut akan diteruskan menuju usus halus
  4. Usus halus berfungsi memecah makanan menggunakan enzim yang dilepaskan oleh pankreas dan empedu dari hati.
  5. Usus besar berfungsi sebagai tempat untuk memproses limbah yang tersisa dari proses pencernaan
  6. Anus berfungsi sebagai jalan keluar dari sisa makanan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh,


Apa yang akan terjadi apabila salah satu organ dalam sistem pencernaan tidak berfungsi dengan baik?
Jawaban:
Kemungkinan yang terjadi jika salah satu sistem pencernaan tidak berfungsi adalah:
  1. Terganggunya sistem organ pencernaan. Ini diakibatkan dengan satu organ yang tidak berfungsi dengan baik sehingga sistem organ pencernaan akan terganggu
  2. Terganggunya metabolisme tubuh. Ini diakibatkan zat yang dicerna atau diserap oleh organ yang rusak tersebut tidak optimal masuk ke dalam tubuh sehingga mengganggu sistem metabolisme
  3. Mengganggu sistem ekskresi. Dengan tidak optimalnya metabolisme maka hasil ekskresinya juga tidak akan optimal sehingga dapat merusak sistem ekskresi

Ayo Berdiskusi

Membuat poster sistem pencernaan manusia 
Buatlah kelompok kerja yang terdiri atas lima orang. Bersama dengan teman sekelompokmu, buatlah poster tentang sistem pencernaan manusia. Setiap organ dalam sistem pencernaan dibuat dengan warna yang berbeda agar mudah dimengerti. Sebelumnya, carilah informasi dari buku teks lainnya atau bertanya kepada gurumu mengenai fungsi dari masing-masing organ dalam sistem pencernaan manusia. Tulislah serapih mungkin dengan menggunakan huruf yang cukup besar sehingga dapat dibaca dari jarak yang cukup jauh.

Ayo Mencoba

Bandingkan sistem pencernaan seekor sapi dengan sistem pencernaan manusia kemudian catat persamaan dan perbedaannya. Selanjutnya, presentasikan hasil yang kamu peroleh di depan kelas.

Ayo Bernyanyi

Semua orang ingin selalu hidup sehat. Hidup sehat merupakan hal yang sangat berharga dalam kehidupan. Berikut adalah sebuah lagu tentang hidup sehat dengan judul Mars Hidup Sehat.
Dalam lagu Mars Hidup Sehat di atas terdapat tangga nada tertentu. Tangga nada sendiri terbagi atas tangga nada mayor dan minor. Seperti apakah ciri lagu dengan tangga nada mayor dan minor? Bacalah bacaan di bawah ini dengan saksama.

Berikut ini adalah ciri-ciri lagu dengan tangga nada mayor:
  • Lagunya bersifat riang gembira
  • Terdengar bersemangat
  • Umumnya diawali dan diakhiri dengan nada do
Berikut ini adalah ciri-ciri lagu dengan tangga nada minor:
  • Lagunya bersifat sedih
  • Terdengar kurang bersemangat
  • Umumnya diawali dan diakhiri dengan nada La

Ayo Mencoba

Kamu telah mengenal dan menyanyikan lagu Mars Hidup Sehat. Menurutmu, apakah lagu tersebut termasuk ke dalam lagu dengan tangga nada mayor atau minor? Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut.

•• Lagu Mars Hidup Sehat memiliki tangga nada Mayor  karena Mars Hidup Sehat memiliki tangga nada MAYOR. Karena lagu mars tersebut dinyanyikan dengan penuh semangat, riang gembira, dan diawali dan diakhiri dengan nada do.

•• Berikan dua contoh lagu nasional atau lagu daerah yang menurutmu memiliki tangga nada:
a. Mayor = Indonesia Raya dan Maju Tak Gentar
b. Minor = Hymne Guru dan Ibu Kita Kartini

•• Mintalah pendapat temanmu tentang jawaban yang kamu pilih.
Jawaban: Disesuaikan dengan pendapat teman belajar. 

Demikianlah pembahasan materi tematik buku kelas 5 tema 3 subtema 1 pembelajaran 2 pada halaman 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19 dan 20. 

***Sumber: Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat, Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan? Pembelajaran 2

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Tema 3 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 2 "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel