Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Buku Tema 3 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat, Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan? Pembelajaran 1

apologiku.com - Sobat pembelajar, kali ini rilis kembali artikel kunci jawaban untuk materi kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat, Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan? khususnya untuk pembelajaran 1. Untuk lebih memudahkan sobat pembelajar, perlu diketahui bahwa artikel ini adalah pembahasan buku tematik kelas 5 tema 3 subtema 1 halaman 2,3,4,5,6,7,8,9,10,11.

Ayo Mengamati

Amatilah gambar di bawah ini!

Apakah kamu selalu makan makanan sehat seperti yang kamu lihat pada gambar?

Sebutkan contoh-contoh makanan yang menurutmu sehat!
Contoh makanan sehat adalah dengan mengonsumsi makanan 4 sehat lima sempurna yaitu, makanan yang mengandung karbohidrat dan protein yang cukup. Contohnya; nasi, sayuran dan buah-buahan.

Apakah kriteria dari makanan yang sehat?
Kriteria makanan sehat, adalah makanan bergizi yang mengandung karbohidrat dan protein yang cukup untuk kebugaran tubuh.

Makanan sehat baik untuk tubuh kita. Tubuh manusia mengolah makanan menjadi nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh. Untuk lebih jelasnya, bacalah dialog di bawah ini dengan saksama!
Dayu : “Wah, sedapnya sarapanku hari ini.”
Edo : “Sarapan apa kamu pagi ini, Dayu? Kalau aku seperti biasa, nasi, sayur dan telur mata sapi sudah cukup.”
Dayu : “Ibuku membuat bubur ayam istimewa, Edo.”
Siti : “Aduh, semuanya terdengar enak untukku, sekalipun hanya nasi, sayur, dan telur mata sapi. Apalagi kalau bubur ayam istimewa. Bersyukurlah kita dikaruniai sistem pencernaan, teman-teman. Dengan begitu makanan yang kita makan dapat membawa manfaat untuk tubuh kita.”
Dayu : “Betul juga ya. Apa sebenarnya manfaat sistem pencernaan itu, Siti?”
Siti : “Sistem pencernaan merupakan organ yang dapat ditemui pada manusia dan hewan. Sistem pencernaan berfungsi untuk memperhalus makanan sehingga menghasilkan nutrisi yang dapat diserap oleh tubuh. Dengan adanya nutrisi tersebut, maka manusia dan hewan, dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Jika makanan yang dikonsumsi itu sehat dan bergizi tinggi, maka manusia atau hewan yang mengonsumsinya akan bertumbuh dengan sehat.”
Edo : “Aku pernah melihat iklan tentang bubur ayam dengan beras organik. Dalam iklan tersebut terdapat kalimat yang mengajak orang untuk memakan bubur organik itu.”
Dayu : ”Wah, kedengarannya menarik, ya, Edo. Kapan-kapan kita makan bubur ayam di tempat itu, yuk. Pastinya lebih sehat karena berasnya organik.”

Ayo Mengamati

Makanan sehat penting bagi tubuh kita. Oleh karena itu, banyak iklan yang dapat kita temui di tempat-tempat umum yang mengetengahkan tentang makanan sehat. Iklan memang dimaksudkan untuk mempromosikan sesuatu kepada para pembaca. Coba kamu amati iklan-iklan berikut dengan saksama.
Kalimat-kalimat yang umumnya dipergunakan oleh bahasa iklan adalah kalimat yang menarik atau kalimat yang mengajak pembacanya untuk mengikuti apa yang ditulis atau disarankan oleh pembuat iklan. Amatilah iklan di atas dengan saksama. Tuliskanlah apa yang kamu lihat dalam iklan media cetak tersebut!

Petunjuk Jawaban:

Gambar
1. Buah
2. Seorang anak perempuan mengonsumsi buah-buahan segar
3. Buah dan sayuran

Tulisan Yang Kulihat
1. Makanan sehat dan bergizi solusi untuk hidup sehat dan awet muda
2. Makanan sehat dan bergizi penting untuk pertumbuhan otak anak anda
3. Cintai jantung anda konsumsi sayur dan buah segar "manfaat prima dengan rasa yang dahsyat"

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan tulisan iklan yang kamu baca di atas, diskusikan dengan teman sebangkumu tentang beberapa hal berikut.

  • Kata-kata kunci dari iklan tersebut.
  • Ciri-ciri dari sebuah kata kunci.
  • Alasan kamu memilih kata-kata tersebut sebagai kata kunci.

Jelaskan hasil diskusimu dengan menggunakan peta pikiran seperti berikut.

Petunjuk Pengerjaan:

Kata Kunci adalah kata yang digunakan sebagai inti dari iklan

Ciri-ciri sebuah kata kunci adalah seirama dengan gambar iklan yang ditampilkan; menggunakan kata yang padat dan jelas; Menjadi tujuan subjek untuk menunjukkan tujuan iklan. 

Kata kunci yang aku temukan dalam iklan adalah "Makanan Sehat dan Bergizi"

Alasanku memilih kata tersebut sebagai kata kunci iklan adalah karena dari ketiga iklan yang ditampilkan, ada dua yang mengandung kata "makanan sehat dan bergizi" dan pada gambar ketiga, meski tidak mengandung kata tersebut, tapi gambarnya sesuai dengan gambar iklan pertama dan kedua.

Buatlah kesimpulan dari hasil diskusi kelompokmu tentang kata kunci!

Kata kunci adalah kata atau frasa yang menjadi inti dalam sebuah pembahasan. Selain itu, kata kunci juga dapat di artikan sebagai kata atau frasa yang digunakan untuk mencocokkan iklan Anda dengan istilah yang ditelusuri orang-orang.
Selanjutnya, pilihlah pasangan temanmu yang lain dan bandingkan hasil diskusi kamu dengan pasanganmu tersebut.

Ayo Mengamati

Dengan menemukan kata kunci pada iklan-iklan makanan sehat, kita jadi tahu bahwa masyarakat kita sudah banyak yang peduli tentang pentingnya makanan sehat.

Penyempurna makanan sehat adalah susu. Seperti kita ketahui, susu umumnya dihasilkan oleh sapi. Apa yang dimakan oleh sapi hingga dapat menghasilkan susu?
Tuliskan hal-hal yang ingin kamu ketahui tentang organ pencernaan hewan dalam bentuk pertanyaan.
Contoh pertanyaan:
1. Apakah sistem pencernaan semua hewan itu sama?
2. Bagaimana cara hewan ruminansia mencerna makanan? 


Mekanisme pencernaan makanan pada hewan ruminansia

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu contoh hewan ruminansia ialah sapi. Mari kita baca informasi mengenai organ pencernaan pada sapi.

Makanan seperti rumput, pertama kali masuk ke dalam mulut sapi. Di dalam mulut terdapat organ-organ pencernaan seperti berikut.

Gigi: gigi sapi tersusun dari gigi seri yang berguna untuk memotong makanan dan gigi geraham untuk mengunyah makanan.
Lidah: lidah sapi berguna untuk merenggut rumput (makanan) dan mendorong makanan yang sudah dikunyah menuju lambung.
Saliva: merupakan cairan atau enzim khusus yang dihasilkan oleh kelenjar khusus pada sapi yang kemudian disalurkan ke dalam rongga mulut. Saliva berperan dalam proses pencernaan kimiawi.
Lambung sapi berbeda dengan lambung manusia, ukurannya jauh lebih besar. Lambung sapi merupakan organ pencernaan yang sangat penting bagi sapi. Lambung sapi terdiri atas empat bagian, yaitu rumen, retikulum, omasum dan abomasum. Oleh karena itu, sapi dikatakan memiliki empat perut.
organ pencernaan sapi

Berikut bagian-bagian dari lambung sapi

Rumen (perut besar): Tempat terjadinya pencernaan dengan bantuan mikroba (bakteri). Di sini makanan dicerna hingga menjadi bubur dengan gerakan mengaduk yang dilakukan oleh dinding rumen. Pada saat sapi beristirahat, makanan kembali ke mulut dan dikunyah kembali. Setelah dikunyah untuk yang kedua kalinya, makanan masuk ke retikulum (perut jala).

Retikulum (perut jala): Di dalam retikulum, makanan kembali mengalami proses fermentasi dengan bantuan bakteri anaerob dan protozoa. Di dalam bagian perut ini, terjadi proses absorpsi dan penyaringan benda-benda asing yang masuk bersama makanan sehingga tidak masuk ke omasum (perut kitab).

Omasum (perut kitab): Di dalam omasum, makanan dicerna dengan bantuan enzim pencernaan. Selanjutnya, makanan masuk ke abomasum.

Abomasum (perut masam): Perut bagian inilah yang sebenarnya disebut dengan lambung. Di sini makanan dicerna dengan bantuan enzim pencernaan pepsin yang dihasilkan oleh abomasum.

Setelah melewati seluruh proses pencernaan makanan di dalam abomasum, makanan bergerak menuju usus halus. Panjang usus halus seekor sapi dewasa dapat mencapai 40 meter. Di dalam usus halus, terjadi proses absorpsi dan fermentasi. Selanjutnya, sisa-sisa makanan akan dikeluarkan melalui anus.

Ayo Berdiskusi

Tuliskan kosakata-kosakata baru yang kamu temukan dalam bacaan di atas!

Selanjutnya, diskusikan dengan guru dan temanmu tentang arti dari kosakatakosakata tersebut.
Kosa kata baru yang aku temukan:
  • Rumen (perut besar)
  • Retikulum (perut jala)
  • Omasum (perut kitab)
  • Abomasum (perut masam)
  • Mikroba (bakteri
  • Fermentasi (proses terjadinya makanan)
  • Enzim (zat yang mempercepat reaksi biologis dalam tubuh organisme)

Ayo Berlatih

Diagram di bawah ini menjelaskan mengenai proses pencernaan pada hewan ruminansia (sapi). Berdasarkan keterangan yang telah kamu pelajari, lengkapilah diagram berikut.

Ayo Berkreasi

Setelah melengkapi diagram di depan, bentuklah kelompok yang terdiri atas empat orang. Gambarlah hewan sapi seperti di bawah ini pada kertas gambar ukuran A3. Buatlah gambar sebaik mungkin kemudian lengkapi gambar tersebut dengan hal-hal berikut.
  • Memberi nama setiap bagian organ pencernaan pada hewan sapi.
  • Memberi tanda panah (gunakan warna merah) untuk menggambarkan perjalanan makanan pada sistem pencernaan sapi.
  • Warnai gambarmu sebaik dan semenarik mungkin.
  • Jangan lupa untuk menuliskan nama anggota kelompokmu pada bagian kiri bawah kertas gambar.
bentuk tubuh sapi
Hargailah hasil karyamu dan berbanggalah bahwa kamu telah berhasil bekerja sama dan menghasilkan karya yang indah dan bermanfaat.
Dengan bimbingan guru kelas, presentasikanlah hasil karya kelompokmu di depan kelas. Jelaskan secara rinci nama-nama organ pencernaan sapi dan jelaskan juga arah tanda panah yang kamu buat pada gambar sapi tersebut.
Perhatikan hal-hal di bawah ini sebagai panduan dalam presentasimu!
1. Jelaskan dengan suara yang jelas.
2. Sebutkan dan tunjukkan organ-organ pencernaan sapi dengan tepat dan lengkap.
3. Jelaskan dan tunjukkan arah anak panah yang menggambarkan perjalanan makanan pada sistem pencernaan sapi dengan tepat dan jelas.

Berikan kesempatan bagi kelompok lain untuk bertanya dan memberikan komentar yang positif tentang hasil karya kelompokmu.

Demikianlah pembahasan kunci jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat, Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan? Pembelajaran 1. Semoga dapat menambah wawasan sobat pembelajar dimanapun berada.

Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Tema 3 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 1"