Soal Ulangan Harian Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 2

Soal Penilaian Harian Tematik K13 Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku, Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku


apologiku.com - Halo sobat pembelajar yang budiman, kembali lagi nih rilis soal terbaru untuk kelas 4 yaitu soal tematik kelas tema 8 subtema 2. Soal Ulangan Harian Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 ini akan disajikan sesuai dengan Kompetensi Dasar yang berlaku sesuai buku paket K13 edisi revisi terbaru.

Nah, agar dapat lebih paham, mari kita simak terlebih dulu Kompetensi Dasar (KD) yang berlaku dalam Soal Ulangan Harian Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 berikut ini.

PKN:
3.3. Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.

Bahasa Indonesia:
3.9. Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA):
3.4. Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar.

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS):
3.3. Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi

Seni Budaya dan Prakarya (SBdP):
3.3. Mengetahui karya seni rupa teknik tempel

Setelah memahami isi KD yang tersaji diatas, selanjutnya mri kita simak Soal Ulangan Harian Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 berikut ini:

Soal Ulangan Harian Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 2


Berilah Tanda Silang Pada Pilihan Jawaban a, b, c atau d Yang Paling Benar!


Soal Ulangan Harian Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 PKn

1. Apabila kita tidak saling menghormati keragaman fisik antarteman, maka akan menimbulkan.....
A. Kerukunan
B. Persatuan
C. Permusuhan
D. Ketentraman

2. Andi beragama Islam, sedangkan Wisnu beragama Hindu. Suatu hari, saat mereka bermain bersama, terdengar suara adzan. Andi ingin melaksanakan kewajiban salat. Sikap Wisnu seharusnya.....
A. Mempersilahkan Andi untuk salat terlebih dahulu
B. Melarang Andi melaksanakan salat
C. Menyuruh Andi untuk terus bermain
D. Menyuruh Andi salat nanti saja

3. Kita harus menerapkan toleransi dan sikap saling menghormati berbagai kegemaran di masyarakat agar tercipta.....
A. Kerukunan
B. Perpecahan
C. Permusuhan
D. Ketegangan

4. Andi gemar bermain sepak bola. Ia ingin menjadi pemain bola profesional. Nita gemar menari karena ia ingin menjadi penari. Andi dan Nita memiliki kegemaran yang berbeda. Oleh karena itu, mereka perlu menerapkan sikap.....
A. Saling menghormati
B. Acuh tak acuh
C. Saling membenci
D. Masa bodoh

5. Salah satu cara menjaga kerukunan hidup antarumat beragama adalah dengan menerapkan sikap toleransi, yaitu dengan jalan.....
A. Membeda-bedakan antarpemeluk agama
B. Menjauhi teman yang berbeda agama
C. Suka menghina agama lain
D. Saling menghormati antarpemeluk agama

Soal Ulangan Harian Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 Bahasa Indonesia

Bacalah teks berikut dengan seksama
Asal-usul Danau Kelimutu
     Dikisahkan, pada jaman dahulu kala, di puncak gunung Kelimutu yang disebut Bhua Ria (hutan lebat yang selalu berawan), bermukim Konde Ratu bersama rakyatnya. Di kalangan rakyat kala itu, terdapat dua tokoh yang sangat disegani, yaitu Ata Polo si tukang sihir jahat dan kejam yang suka memangsa manusia, dan Ata Bupu yang dihormati karena sifatnya yang berbelas kasih serta memiliki penangkal sihir Ata Polo. Walaupun memiliki kekuatan gaib yang tinggi dan disegani masyarakat, keduanya berteman baik serta tunduk dan hormat kepada Konde Ratu. Ata Bupu dikenal sebagai petani yang memiliki ladang kecil di pinggir Bhua Ria, sedangkan Ata Polo lebih suka berburu mangsa berupa manusia di seluruh jagat raya.
     Pada masa itu, kehidupan di Bhua Ria berlangsung tenang dan tenteram, sampai kedatangan sepasang Ana Kalo (anak yatim piatu) yang meminta perlindungan Ata Bupu karena ditinggal kedua orang tuanya ke alam baka. Karena sifatnya yang berbelas kasih, permintaan kedua anak yatim piatu tersebut dikabulkan oleh Ata Bupu namun dengan satu syarat, yaitu mereka harus menuruti nasehatnya untuk tidak meninggalkan areal ladangnya agar tidak dijumpai dan dimangsa oleh Ata Polo.
     Pada suatu hari, Ata Polo datang menjenguk Ata Bupu di ladangnya. Setibanya di ladang Ata Bupu, Ata Polo mencium bau menusuk (bau mangsa) dalam pondok Ata Bupu. Segera meleleh air liur Ata Polo yang kemudian hendak mencari mangsanya di dalam pondok tersebut. Niat jahat Ata Polo tersebut diketahui oleh Ata Bupu yang segera menahan langkah Ata Polo sambil menyarankan kepadanya untuk datang kembali kelak setelah anak-anak tersebut sudah dewasa, karena saat ini mereka masih anak-anak, lagi pula dagingnya tentu tidak sedap untuk disantap. Saran ini diterima oleh Ata Polo, yang kemudian pergi meninggalkan Ata Bupu yang sedang kebingungan memikirkan cara terbaik menyelamatkan dua anak manusia tadi. Ancaman Ata Polo tadi begitu menakutkan bagi kedua anak manusia tersebut, sehingga ketika mereka mulai beranjak remaja atau menjadi Ko’ofai (gadis muda) dan Nuwa Muri (pemuda), mereka memohon izin pada Ata Bupu untuk mencari tempat persembunyian di gua-gua yang ada di luar ladang Ata Bupu. Mereka akhirnya berhasil menemukan sebuah gua yang terlindung tumbuhan rotan dan akar beringin.
     Ketika tiba saatnya, sesuai waktu yang telah disepakati, Ata Polo mendatangi pondok Ata Bupu untuk menagih janji. Namun karena ketika tiba di pondok Ata Bupu, dilihatnya kedua anak tersebut tidak berada di tempat, maka Ata Polo pun marah dan menyerang Ata Bupu dengan ganasnya. Menanggapi serangan Ata Polo yang tidak main-main, Ata Bupu segera membalas serangan itu dengan ilmu andalannya “magi puti” untuk menangkal “magi hitam” Ata Polo. Pada awalnya perkelahian keduanya berjalan seimbang karena keduanya memiliki ilmu yang tinggi dan setingkat.
     Namun, lama kelamaan tenaga Ata Bupu yang sudah tua kian melemah, sementara gempuran semburan api Ata Polo semakin gencar dan menjadi-jadi. Ata Bupu hanya bisa mengelak dengan gempa bumi. Akibatnya timbul gempa bumi dan kebakaran besar hingga kaki gunung Kelimutu. Ketika merasa tak mampu lagi menandingi kekuatan Ata Polo, Ata Bupu memutuskan untuk raib ke perut bumi. Akibatnya Ata Polo menjadi semakin murka dan menggila.
     Ketika mencim bau dua remaja yang tengah bersembunyi di dalam gua, Ata Polo pun bertambah beringas. Namun takdir akhirnya menentukan bahwa Ata Polo harus tewas di telan bumi karena sepak terjangnya yang kelewatan. Kedua remaja yang tengah bersembunyi juga turut menjadi korban. Gua tempat persembunyian Ko’ofai dan Nuwa Muri runtuh akibat gempa dan menguburkan keduanya hidup-hidup.
     Beberapa saat setelah kejadian itu, ditempat Ata Bupu raib ke perut bumi, timbul danau berwarna biru. Di tempat Ata Polo tewas ditelan bumi terbentuk danau yang warna airnya merah darah yang selalu bergolak. Sedangkan di tempat persembunyian Ko’ofai dan Nuwa Muri, terbentuk sebuah danau dengan warna air hijau tenang. Ketiga danau berwarna tersebut, masing-masing oleh masyarakat setempat diberi nama sesuai dengan sejarah terbentuknya tadi, yaitu Tiwu Ata Polo (dipercayai sebagai danau tempat berkumpulnya arwah-arwah para tukan tenung atau orang jahat yang meninggal), Tiwu Nuwa Muri Ko’ofai (dipercayai sebagai danau tempat berkumpulnya arwah muda mudi yang meninggal), dan Tiwu Ata Mbupu (dipercayai sebagai danau tempat berkumpulnya arwah-arwah para tetua yang sudah meninggal). Hingga kini, penduduk sekitar gunung Kelimutu percaya bahwa mereka dapat melakukan kontak dengan arwah orang tua atau leluhur mereka dengan memanggil nama orang tua atau leluhurnya sebanyak tiga kali di depan Tiwu Ata Mbupu.
     Menurut kepercayaan, setelah pemanggilan dilakukan, biasanya arwah orang tuanya atau leluhur akan datang dan memberikan petunjuk melalui mimpi. Kontak dengan orang tua/leluhur tersebut biasa dilakukan untuk mendapatkan petunjuk apabila terjadi musibah, seperti kehilangan barang atau ternak. Demikian sekilas kisah sejarah terbentuknya danau Kelimutu yang diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi lainnya.

6. Tokoh utama dalam teks cerita fiksi di atas adalah.....
A. Ata Polo dan Ata Bupu
B. Konde ratu
C. Ko’ofai
D. Nuwa Muri

7. Tokoh antagonis dalam teks cerita fiksi di atas adalah.....
A. Ko’ofai
B. Nuwa Muri
C. Ata Polo
D. Ata Bupu

8. Cerita fiksi di atas bercerita tentang asal usul.....
A. Puncak gunung Kelimutu
B. Gunung Kelimutu
C. Danau Kelimutu
D. Tiga Danau

9. Tempat Ata Polo tewas ditelan bumi terbentuk danau dengan warna.....
A. Merah
B. Biru
C. Hijau
D. Cokelat

10. Gua tempat persembunyian Ko’ofai dan Nuwa Muri runtuh akibat gempa. Tempat persembunyian Ko’ofai dan Nuwa muri, terbentuk sebuah danau dengan warna.....
A. Merah darah
B. Hijau
C. Biru laut
D. Cokelat tua

Soal Ulangan Harian Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 IPA

11. Gerobak dorong dapat bergerak karena dipengaruhi.....
A. Gerak
B. Gaya
C. Udara
D. Suhu

12. Berikut contoh gaya dapat mempengaruhi benda diam menjadi bergerak adalah.....
A. Bola ditendang
B. Menangkap bola
C. Menggerakkan setir mobil
D. Bermain dengan plastisin

13. Anggi mengayuh sepeda, berarti Angga melakukan gaya, yaitu gaya.....
A. Tarik
B. Otot
C. Magnet
D. Gravitasi

14. Seorang pengemudi mobil menginjak rem. Gaya tersebut dapat mempengaruhi benda bergerak lebih.....
A. Cepat
B. Lambat
C. Sedang
D. Kuat

15. Membelokkan arah sepeda merupakan pengaruh gaya terhadap.....
A. Bentuk benda
B. Arah gerak benda
C. Benda diam menjadi bergerak
D. Benda bergerak menjadi diam

Soal Ulangan Harian Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 IPS

16. Dalam kegiatan produksi, orang menghasilkan barang dan jasa. Berikut ini yang termasuk kegiatan produksi adalah.....
A. Membuat tahu
B. Berdagang sayuran
C. Membeli sepatu
D. Mengirim hasil bumi

17. Berikut ini yang termasuk kegiatan distribusi adalah.....
A. Mengangkut hasil pertanian dari desa ke kota
B. Menanam padi di sawah
C. Manangkap ikan di laut
D. Membuat perabotan rumah tangga

18. Manusia tidak dapat hidup seorang diri. Dia harus hidup dan bekerja sama dengan manusia lainnya. Ini merupakan ciri khas manusia sebagai makhluk.....
A. Beradab
B. Sosial
C. Asosial
D. Mandiri

19. Tempat terjadinya kegiatan ekonomi bagi seorang nelayan ketika menangkap ikan adalah di.....
A. Darat
B. Laut
C. Udara
D. Pegunungan

20. Tempat terjadinya kegiatan ekonomi bagi seorang guru ketika mengajar anak-anak adalah di.....
A. Sekolah
B. Pasar
C. Rumah ibadah
D. Bioskop

Soal Ulangan Harian Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 SBdP

21. Tari Kipas Serumpun berasal dari daerah.....
A. Sumatera Selatan
B. Sumatera Barat
C. Bali
D.Jawa Barat

22. Berikut bukan termasuk unsur-unsur dalam tarian Nusantara adalah.....
A. Busana
B. Iringan
C. Kekuatan fisik
D. Properti

23. Tarian berikut yang tidak berasal dari Propinsi Bali adalah tari.....
A. Pendet
B. Barong
C. Kecak
D. Golek Menak

24. Gerakan pada tari Bali umumnya dilakukan secara.....
A. Lembut
B. Lemah gemulai
C. Lincah
D. Lambat

25. dahalu tari Perang dari Papua sering digunakan masyarakat sebelum mereka menuju medan perang. Namun kini, tari Perang lebih difungsikan sebagai tarian.....
A. Penyambutan dan tari pertunjukan
B. Upaya kematian
C. Pesta pernikahan
D. Kelahiran anak

Demikianlah sajian Soal Ulangan Harian Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 yang dirilis berdasarkan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 yang disesuaikan dengan buku paket siswa Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku, Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku

0 Response to "Soal Ulangan Harian Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel