Dalam Pemikiran Para Pakar, Sejarah Adalah ?

Pengertian Sejarah Secara Umum dan Menurut Para Ahli


apologiku.com - Sejarah adalah suatu ilmu yang mempelajari kejadian-kejadian masa lampau yang selalu menarik untuk diperbincangkan. Sejarah adalah bahan kajian bagi anak muda masa kini agar dapat bertindak lebih arif dan bijaksana. Sejarah adalah cermin tolak ukur yang dapat menjadi pertimbangan generasi muda agar tidak mengulangi kesalahan masa lalu.



Pengertian Sejarah Secara Umum

Sejarah secara umum merupakan kejadian masa lampau yang menyisakan bekas yang nyata dan dapat dirasakan oleh para pelaku sejarah maupun penikmat sejarah. Pelaku sejarah adalah orang yang mengakibatkan tercatatnya suatu peristiwa sebagai suatu sejarah yang layak untuk dituliskan. Sedangkan penikmat sejarah adalah orang yang menikmati belajar sejarah dengan tujuan menambah wawasan terkait kejadian masa lampau.

Sejarah menurut bahasa, memiliki berbagai macam pengertian. Seperti halnya di Indonesia sendiri, sejarah bisa juga dinamakan babad, hikayat, riwayat, tarikh atau tambo. Dari kesemuanya itu dapat diartikan bahwa sejarah adalah kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau atau yang berkaitan dengan asal-usul, keturunan/silsilah utamanya bagi para raja-raja yang pernah memerintah.

Dilansir dari wikipedia, secara harfiah sejarah berasal dari bahasa arab tsajaratun yang artinya pohon. Sedangkan dalam bahasa arab itu sendiri, sejarah disebut dengan tarikh. Dalam bahasa Indonesia, kata tarikh berarti waktu atau penanggalan. Kata sejarah sendiri sebenarnya lebih dekat pada bahasa Yuanani yaitu historia yang berarti ilmu atau orang pandai. Sedangkan dalam bahasa Inggris, sejarah disebut sebagai history, yang berarti masa lalu manusia. Kata lain yang masih berkaitan adalah geschichte yang berarti sudah terjadi.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Mempelajari sejarah tentunya tidak lengkap jika tak tahu arti sejarah dari para ahli yang mumpuni dalam bidangnya. berikut ini pendapat beberapa ahli tentang sejarah :

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Sejarah adalah asal usul keturunan sililah, kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau, riwayat, tambo, cerita dan pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi dimasa lampau.

2. Aristoteles

Sejarah adalah suatu sistem yang meneliti kejadian sejak awal dan tersusun dalam bentuk kronologi. Pada masa itu, beliau juga mengartikan sejarah merupakan perostiwa-peristiwa masa lalu yang mempunyai rekod-rekod, catatan, ataupun bukti yang konkret.

3. J.V. Bryce

Sejarah merupakan catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.

4. Herodotus

Sejarah adalah satu kajian untuk menceritakan suatu perputaran jatuh bangunnya seseorang tokoh, masyarakat, dan peradaban.

5. Moh. Yamin

Sejarah adalah ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dibuktikan dengan kenyataan.

6. W.J.S. Poerwodarminta dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia

Sejarah memiliki tiga pengertian yaitu
1. Kesusastraan lama, silsilah dan asal usul
2. Kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampau
3. Ilmu pengetahuan

7. Robin Winks

Sejarah adalah pelajaran tentang manusia dalam kehidupan masyarakat.

8. Cleveland

Sejarah adalah sebuah konsep yang akan dilihat untuk mengenali kehidupan manusia.

9. Ibnu Khaldun

Sejarah adalah catatan tentang masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada watak atau sifat masyarakat tersebut.

10. Moh. Hatta

Sejarah dalam wujudnya memberikan pengertian tentang masa lampau. Sejarah bukan sekadar melahirkan ceritera dari kejadian masa lalu sebagai masalah. Sejarah tidak sekadar kejadian masa lampau, tetapi pemahaman masa lampau yang di dalamnya mengandung berbagai dinamika, mungkin berisi problematika pelajaran bagi manusia berikutnya.

11. Moh. Ali

Sejarah merupakan keseluruhan perubahan, dan kejadian-kejadian yang benar-benar telah terjadi. Sejarah adalah ilmu yang menyelidiki perubahan-perubahan yang benar-benar terjadi pada masa lampau.

12. Robert V. Daniels

Sejarah ialah kenangan dari tumpuan masa silam. Sejarah yang dimaksud dalam definisi adalah sejarah manusia. Manusia merupakan pelaku sejarah. Kemampuan yang dimiliki oleh manusia adalah kemampuan untuk menangkap kejadiankejadian yang ada di sekelilingnya. Hasil tangkapan tersebut akan menjadi ingatan atau memori dalam dirinya. Memori ini akan menjadi sumber sejarah.

13. John Tosh

Sejarah adalah memori kolektif, sumber pengalaman melalui pengembangan suatu rasa identitas sosial orang-orang dan prospek orang-orang tersebut di masa yang akan datang. Memori kolektif dapat berarti pula ingatan kolektif, masyarakat memiliki ingatan secara bersama-sama tentang masa lalunya. Masa lalu dapat mengenalkan siapa identitas sosial dirinya. Misalnya, dalam suatu daerah terjadi kerusuhan antarkelompok, maka masyarakat akan mengingatnya sebagai suatu peristiwa yang tragis, sangat mengerikan, masyarakat akan sangat benci terhadap peristiwa tersebut. Dari peristiwa tersebut masyarakat akan menjadi sumber pengalaman yang berharga, akan dijadikan cermin di masa yang akan datang. Masyarakat mengharapkan di masa yang akan datang tidak terjadi peristiwa tragis tersebut. Dengan identitas sosial dirinya, dia akan tahu apa yang harus ia perbuat di masa yang akan datang.

14. Henry Steele Commager

Sejarah merupakan rekaman keseluruhan tentang masa lampaukesusatraan, hukum, bangunan, pranata sosial, agama, filsafat, pokoknya semua yang teringat dalam memori manusia

15. Henri Pirenne

Sejarawan asal Belgia yang menulis sejarah multivolume tentang Belgia dan Prancis ini berpendapat bahwa sejarah merupakan sebuah kisah mengenai berbagai peristiwa dan aktivitas manusia yang hidup dalam masyarakat.

16. Jan Marius Romein

Sejarawan dan Jurnalis asal Belanda yang juga merupakan penulis buku Dalam Pesona Prambanan Indonesia di Tengah Gejolak Dunia (versi Indonesia) ini mengemukakan Kata “sejarah” memiliki arti yang sama dengan kata history dalam bahasa Inggris dan geschichte dalam bahasa Jerman yaitu cerita tentang kejadian atau peristiwa yang terjadi pada masa lampau.


Dari berbagai pendapat ahli di atas tentang pengertian sejarah, maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa sejarah adalah kejadian masa lalu yang dengan atau tanpa sengaja terjadi, yang kemudian menjadi pengalaman yang layak untuk dikenang dan perbincangkan.

Belajar sejarah adalah belajar bagaimana melihat beragam peristiwa di masa lampau. Pentingnya sejarah dalama kehidupan manusia tidak dapat dinafikkan karena sejarah merupakan sebab berkembangnya peradaban.

Demikian dulu yah teman-teman ulasan tentan sejarah, nantikan artikel berikutnya....

0 Response to "Dalam Pemikiran Para Pakar, Sejarah Adalah ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel