Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dongeng Fabel: "Kisah Kucing dan Tikus"

apologiku - Dongeng fabel kucing dan tikus ini, mengisahkan tentang awal mula kisah permusuhan antara kucing dan tikus. Dalam cerita ini, dikisahkan bahwa sebenarnya kucing dan tikus itu sebenarnya adalah sahabat karib. Kemana tikus pergi, disitu ada kucing begitu pula sebaliknya, kemana kucing pergi, tikuspun  turut menytertainya.

Nah, sobat pembelajar penasaran dengan kisahnya ? simak kisahya berikut ini:

Kisah Kucing dan Tikus

Dahulu kala Kucing dan Tikus bersahabat. Kemana saja Kucing pergi, Tikus selalu ikut. Pada suatu hari, Tikus berkata kepada Kucing.

Tikus : “Hai, Kucing!”
Kucing : “Ada apa?”
Tikus : “Mari kita makan ikan asin.”
Kucing : “Di mana kita bisa mendapatkan ikan asin?
Tikus : “Itu di sana, digantung di rumah Pak Tani. Ikan asinnya amat banyak, kita akan puas memakannya.”

Rupanya Kucing tertarik pada usul Tikus. Ketika malam tiba, Tikus dan Kucing berangkat ke rumah Pak Tani. Mereka bersepakat, Tikus akan memanjat ke atas, sedangkan Kucing menunggu di bawah. Sebelum memanjat ke atas, Tikus berpesan.

Tikus : “Kalau ada ikan asin yang jatuh ke sini, cepatlah kamu melompat dan menerkam. Jangan sampai ikan asin itu terpental keluar kamar ini. Nanti kita ketahuan!”

Akhirnya Tikus memanjat ke atas tempat ikan asin digantung. Setelah ia menemukan ikan asin yang bagus dan besar, ia lupa janjinya kepada Kucing yang kelaparan menunggu dengan siaga sambil menengadahkan kepalanya ke atas.

Kucing : “Kok, lama benar Tikus di atas? Tikus sudah mendapatkan ikan asin apa belum, ya? Perutku sudah lapar sekali!”

Tikus pun mendapatkan lagi ikan asin yang paling besar dan bagus. Tikus mulai menggerek tali pengikat ikan asin itu. Belum selesai tali pengikat ikan asin itu digerek, karena kekenyangan, tegang, dan takut ketahuan oleh penghuni rumah, tiba-tiba Tikus salah injak tumpuan dan terjatuh. Sebelum sampai ke bawah, Tikus berkata.

Tikus : “Jangan kau makan saya. Saya adalah Tikus kawanmu, jangan makan saya!”
Kucing : “Ikan asin …..sin…..siin…..!”
Tikus : “Aduh, saya bukan ikan asin! Saya kawanmu! Saya belum sempat menjatuhkan ikan asin itu, lalu saya terjatuh. Kuciiiiing, saya bukan ikan asin!"
Kucing : “Ikan asin ……me…..me…..ong!”

Kucing tetap tidak menghiraukan Tikus dan merasa ditipu olehnya. Di sinilah asal mulanya Kucing dan Tikus tidak akur. Tikus merasa sakit hati pada Kucing yang memakannya. Kucing pun tidak percaya lagi pada Tikus, sebab Tikus telah memakan ikan asin sendiri. Sejak saat itu pertama kalinya Kucing memakan Tikus, sebab Kucing selalu beranggapan bahwa Tikus adalah ikan asin.

******

Demikian sobat pembelajar kisah antara kucing dan tikus. Dari kisah tersebut, nilai yang dapat kita ambil adalah, jangan pernah berbohong dan berbuat tipu daya. Pada kisah diatas, kita di ajarkan agar sebaiknya tidak mengikuti sifat tikus yang menipu kucing. Disaat tikus sudah merasa kenyang, ia lupa terhadap kucing yang tidak lain adalah sahabatnya sendiri.

Jadi, sobat pembelajar jangan suka bohong sama teman yah, supaya dalam berteman bisa tetap akur dan saling hormat menghormati antar teman. Agar tidak terjadi perpecahan yang menimbulkan permusuhan seperti kucing dan tikus dalam kisah di atas.

*Source by: Buku Siswa Kelas 2 Tema 7 Kebersamaan

Post a Comment for "Dongeng Fabel: "Kisah Kucing dan Tikus""