google-site-verification=gfATDse62JAhcF5Mf93Vb4QKJgJO_Q1MtOQMoS7768Y Tugas Pokok Guru Dalam Mencerdeskan Kehidupan Bangsa Yang Jarang Diketahui Orang Tua Siswa - Contoh RPP SD dan Soal SD
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tugas Pokok Guru Dalam Mencerdeskan Kehidupan Bangsa Yang Jarang Diketahui Orang Tua Siswa

Tugas Pokok Guru Sebagai Tenaga Pengajar dan Pendidik di Sekolah

apologiku - Menjadi seorang guru, bukanlah perkara mudah. Seorang guru harus berjuang menghadapi sejumlah siswa yang memiliki karakter berbeda-beda. Untuk itu, setiap guru dituntut untuk dapat sebaik mungkin mengenali semua siswanya.

Guru yang sejak dulu dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa kini sudah mulai diperhitungkan jasanya oleh segelintir oknum orang tua siswa yang tidak menghargai tugas dan peranan guru di sekolah.

Demikian adanya karena sudah banyak pemberitaan di beberapa media baik cetak maupun elektronik, perihal penganiyaan orang tua siswa terhadap guru, pelaporan kepada pihak kepolisian karena guru mendisiplinkan siswanya dan masih banyak lagi kasus-kasus yang berkaitan dengan guru. Hal ini seharusnya menjadi perhatian kita bersama, baik para guru, pemerintah, pemangku kebijakan bahkan para orang tua siswa yang menyekolahkan anaknya.

Izzah guru atau wibawa guru harus dikembalikan agar tidak terjadi tumpang tindih dikalangan masyarakat. Cara untuk itu adalah, kita harus tahu dan pahami apa-apa saja tugas pokok guru di sekolah.

Guru sebagai pengganti orang tua di sekolah memiliki tugas pokok sebagai pengajar dan pendidik. Jadi, selain mengajar orang tua siswa juga harus memahami bahwa keberadaan guru disekolah itu bukan semata-mata hanya mengajar, namun juga untuk mengarahkan karakter anak didik/siswanya ke arah yang lebih baik.

Tugas Pokok Guru Sebagai Pengajar

Beriku ini beberapa tugas pokok yang dikerjakan oleh seorang guru dalam proses pembelajaran

1. Menyusun Program Pembelajaran yang meliputi :

  • Menyusun Program Tahunan
  • Menyusun Program Semester
  • Menyusun Rencana Program Pembelajaran

2. Melaksanakan Program Pembelajaran dengan dilengkapi administrasi sebagai berikut :

  • Daftar hadir siswa
  • Jurnal pembelajaran
  • Catatan khusus dalam proses pembelajaran

3. Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran meliputi :

  • Menyusun program pelaksanaan evaluasi
  • Menyusun perangkat evaluasi ( Kisi-kisi, naskah soal, pedoman penilaian, instrumen lain )
  • Melaksanakan evaluasi sesuai dengan kompetensi yang dipersyaratkan
  • Daftar nilai tiap siswa dan kompetensi

4. Melaksanakan analisa hasil evaluasi

  • Menyusun perangkat analisa evaluasi
  • Melaksanakan analisa hasil evaluasi antara lain validitas soal dan ketuntasan siswa belajar

5. Menyusun dan Melaksanakan Program Perbaikan / Pengayaan

  • Menyusun program perbaikan / pengayaan
  • Melaksanakan perbaikan yang meliputi remidial teaching dan atau remidial test
  • Melaksanakan pengayaan bagi siswa yang istimewa atau memiliki kemampuan tinggi
  • Daftar nilai hasil perbaikan / remidi dan pengayaan
Nah, kelima tugas pokok di atas adalah hal-hal yang dikerjakan guru dalam hal melaksanakan pengajaran di sekolah. Lima hal tersebut juga lah yang mesti dipersiapkan oleh guru selama melakukan proses belajar mengajar.

Tugas Pokok Guru Sebagai Pendidik

Selain memiliki tugas pokok sebagai pengajar, guru juga memiliki tugas pokok sebagai pendidik. Nah khusus untuk tugas pokoknya sebagai pendidik ini, maka setiap guru memiliki caranya masing-masing karena setiap siswa yang dihadapi itu, memiliki karakter yang berbeda-beda. Olehnya itu, untuk menjadi guru yang handal dalam mendidik, maka guru harus banyak membaca dan mencari jalan keluar adalam setiap permasalahan yang dihadapi oleh siswanya.

Daoed Yoesoef (1980) menyatakan bahwa seorang guru mempunyai tiga tugas pokok yaitu tugas profesional, tugas manusiawi, dan tugas kemasyarakatan(sivic mission). Jika dikaitkan pembahasan tentang kebudayaan, maka tugas pertama berkaitan dengar logika dan estetika, tugas kedua dan ketiga berkaitan dengan etika.

Inti terpenting yang harus diketahui berkaitan dengan tugas pokok guru sebagai pendidik yaitu:
1. Membentuk karakter siswa 
2. Mengarahkan karakter yang dimiliki siswa ke arah yang lebih baik
3. Mendisiplinkan siswa dalam segala hal
4. Menanamkan sikap dasar bangsa Indonesia berkaitan dengan persatuan dan cinta tanah air.
5.  Dan lain sebagainya

Beberapa hal penting diatas menjadi acuan tugas pokok guru sebagai pendidik. Perlu di ingat poin "Mendisiplinkan Siswa", Poin inilah yang terkadang tidak diterma oleh sebahagian orang tua siswa yang tidak memahami tugas pokok guru sebagai pendidik dan pengganti orang tua dirumah.

Kesimpulannya adalah, menjadi seorang guru itu tidak mudah. Seorang guru harus menyeimbangkan perannya sebagai pengajar dan pendidik guna terbentuknya generasi bangsa yang berguna bagi negara dan masyarakat.

Untuk itu, dibutuhkan kesepahaman antara guru dan orang tua agar dapat bekerjasama dalam membentuk dan mengarahkan karakter anak-anak didik yang menjadi pilar bangsa Indonesia dimasa yang akan datang. Suapaya dapat lebih dipahami, maka kedua belah pihak baik guru maupun orang tua sebaiknya memehami lebih jauh mengenai pengertian guru itu sendiri

Post a Comment for "Tugas Pokok Guru Dalam Mencerdeskan Kehidupan Bangsa Yang Jarang Diketahui Orang Tua Siswa"